ayam sakit yang disebabkan oleh virus

PETERNAKAN AYAM

penyakit ayam yang disebabkan oleh virus

Penyakit-penyakit ayam yang disebabkan oleh Virus

Penyakit-penyakit ayam yang disebabkan oleh Virus - Berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus mudah sekali menular, sehingga sangat ditakuti oleh peternak ayam karena keganasannya. Mungkin sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus.
Seperti kita ketahui bersama Ayam cukup mudah diternak, akan tetapi sangat rawan terhadap berbagai jenis penyakit. Di antara berbagai macam jenis penyakit menular yang banyak mengancam kesehatan ternak khususnya ayam, penyakit yang menular yang disebabkan oleh virus adalah jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh perternak ayam. Virus lebih halus dari bakteri, karena jasad renik ini bisa tembus dari saringan bakteri. Virus tidak bisa kita lihat dengan mikroskop biasa. Jadi untuk melihatnya secara jelas diperlukan foto dengan menggunakan mikroskop elektron.
Penyakit yang disebabkan oleh virus mudah sekali menular. Penularan nya pun bisa berbagai cara Baik itu secara kontak langsung maupun melalui perantara benda-benda lain. Misalnya saja melalui air minum, makanan, udara dan alat-alat peternakan unggas yang tercemar. Di antara berbagai macam jenis penyakit akibat virus yang sering sekali menyerang peternakan unggas/ayam antara lain yaitu tetelo atau New Cattle Desease, salesma ayam/ infectious laryngotracheitis, leukosis, lumpuh marek / marek’s disease, cacar unggas atau Fowl Pox, gumboro/ infectious bursal disease dan kini flu burung, dan lain sebagainya.

Penyakit pada unggas/ ayam yang diakibatkan oleh virus

Berikut akan dijelaskan beberapa penyakit pada unggas/ ayam yang diakibatkan oleh virus.
  1. Cacar unggas merupakan penyakit bercak-bercak kulit yang disebabkan oleh virus Borreliota avium. Daerah sekitar mata, jengger, pial, menyerang rongga mulut dan hulu tenggorokan. Selain secara kontak langsung, penyakit-penyakit ini bisa menular lewat perantaraan seperti nyamuk dan lalat.
  2. Tetelo merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan Paramixovirus. Keganasannya penyakit ini tergantung dari strain atau type nya. Penyakit tetelo ini pada umumnya menyerang susunan dan jaringan syaraf dan alat pernafasan unggas, serta alat-alat reproduksi telur. Yang ganas cepat sekali menular, dan bisa menimbulkan kematian pada unggas atau ayam secara mendadak.
  3. Leukosis yaitu penyakit tumor yang menular yang bersifat menahun. Penyebabnya yaitu virus leukosis. Tanda-tanda atau gejala dimulai dengan timbulnya pertumbuhan abnormal pada sel-sel darah putih. Jika penyakit tumor ini menyerang jaringan syaraf maka akan menimbulkan kelumpuhan pada sayap, leher dan kaki. Tapi jika menyerang mata akan membuat bentuk mata unggas/ ayam tidak normal, rabun ataupun buta sama sekali. Yang menyerang organ bagian dalam (limpa, ovarium, hati dan ginjal) akan membuat unggas atau ayam berjalan tegak seperti itik. Akibatnya hati akan membengkak 3 sampai 4 kali normal, tubuh kurus, kotorannya encer, jengger dan pial pucat berkerut.
  4. Gumboro yaitu jenis penyakit yang menyerang bursa fabricii (kelenjar bulat terletak di atas kloaka), penyebabnya yaitu virus gumbaro. Anak-anak ayam umur 1 sampai 12 hari yang terkena penyakit gumboro ini tidak begitu terlihat tanda-tandanya. Tapi anak ayam yang berumur 3-6 minggu akan menunjukkan tanda-tanda atau gejala yang khas. Salah satu tanda nya Anak ayam tampak lesu, bulu mengkerut, bulu sekitar dubur kotor, mengantuk, mencret keputih-putihan, dan duduk dengan sikap membungkuk. dan suka mematuki duburnya sendiri, sehingga bisa menimbulkan luka dan pendarahan. Ayam yang mati akibat penyakit ini bangkainya cepat sekali membusuk.
  5. Lumpuh marek yaitu penyakit lumpuh yang disebabkan oleh virus herpes. Virus ini menyerang anak ayam yang berumur 1-5 bulan. Tanda-tanda atau gejalanya ditandai dengan kejang lumpuh dengan kaki satu ke depan dan kaki yang satunya lagi kebelakang. Selanjutnya akan menimbulkan pembesaran yang cukup mencolok pada bagian syaraf lalu timbulnya tumor pada organ dalam, otot dan kulit ayam.
  6. Salesma ayam yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus avium. Virus ini menyerang saluran pernafasan unggas. Tanda-tanda atau Gejalanya ayam nampak sesat nafas, batuk-batuk, mata dan hidung berair, dan sulit untuk bernafas karena adanya lendir berdarah dalam rongga mulut. Jika bernafas kepala ditegakkan dan pada saat mengeluarkan nafas kepala nya ditundukkan dengan mata terpejam. Penyakit Salesma ini bersifat akut dan sangat berbahaya.
    Obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit virus sampai saat ini belum ada. Akan tetapi pengobatan dengan antibiotik atau kombinasi dengan menggunakan obat-obatan lain tetap diperlukan dalam mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit yang lain. karena tidak adanya obat yang mampu menyembuhkan penyakit virus, alangkah baiknya sebelum penyakit berbahaya ini menyerang unggas atau ayam peliharaan kita, Kita sebagai peternak ayam harus melakukan tindak pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tata laksana pemeliharaan ayam yang baik, Kemudian melaksanakan vaksinasi pada waktu yang tepat, dan yang terakhir hindarkan terjadinya stress pada ternak ayam.

Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Yang Patah Pada Tulang Kaki

Cara yang paling mudah Mengobati Kaki Ayam Aduan Yang Patah Pada Tulang Kaki

Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Yang Patah Pada Tulang Kaki - Pada dasarnya dalam hal merawat ayam bangkok aduan yang sehat merupakan sebuah keinginan untuk sebagian para peternak ayam aduan/ laga dan khususnya bagi para penggemar Ayam Bangkok aduan supaya ayam nya selalu dalam keadaan sehat, Namun dalam hal mengatasi untuk ayam bangkok aduan yang mengalami penyakit cenderung kita sebagai para peternak ayam akan mengalami banyak sekali masalah seperti contoh penyakit yang seringkali menyerang Ayam Bangkok aduan yaitu Berak Darah, Berak Kapur, Berak Hijau, Penyakit Kurap, Penyakit Kuning dan masih banyak lainnya dan khususnya untuk penyakit yang satu ini yaitu ayam bangkok peliharaan kita mengalami patah di bagian tulang kakinya.

Berikut ini cara Mengobati kaki Ayam Bangkok aduan yang patah dengan menggunakan bahan-bahan alami yaitu untuk dapat mengobati pada bagian kaki Ayam Bangkok aduan yang mengalami patah di bagian tulang kakinya itu merupakan tugas anda yang mempunyai Ayam Bangkok aduan agar bisa sehat kembali seperti sedia kala, dan oleh karena itu anda sebagai penggemar Ayam laga tentunya harus dapat mengetahui dari sekian banyak Cara yang tepat dalam hal proses untuk dapat Mengobati Kaki Ayam yang mengalami Patah di bagian tulang kakinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. dan berikut ini merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengobati kaki Ayam Bangkok aduan Yang patah dengan menggunakan Bahan-bahan Tradisional, berikut ini pembahasan singkatnya:

  1. Pertama-tama Ayam Bangkok aduan yang mengalami patah pada bagian tulang kaki tersebut kita ambil.
  2. Kemudian bagian kaki yang patah tersebut kita cuci bersih dengan menggunakan air hangat. 
  3. Lalu sesudah semuanya di cuci dengan bersih menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih lalu kita ambil 1 batang serai.
  4. Kemudian serai tersebut kita bakar sampai terasa hangat akan tetapi jangan sampai hangus/gosong yang sedang saja.
  5. Selanjutnya batang serai yang telah kita bakar tadi secepatnya kita tempelkan di bagian kaki ayam yang patah tulang tersebut dan di ikat dengan cara di pen secara merata, dan harus hati-hati dalam mengikat.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengobati kaki ayam yang patah pada bagian tulang kakinya dengan menggunakan obat alami, Semoga dengan penjelasan di atas dapat memberikan kita sedikit informasi dari sekian banyak obat yang dapat kita gunakan untuk mengobati kaki ayam yang patah akan tetapi bila sembuhpun ayam bangkok ini tidak akan seperti sedia kala ataupun normal terhadap bagian tulang kakinya,

Belum ada Komentar untuk "ayam sakit yang disebabkan oleh virus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel