asal muasal ayam khoyngon dan pamangon, ayam plucker dan keistimewaanya

SEJARAH DAN ASAL USUL AYAM KHOYNGON dan AYAM PAMANGON

Karakteristik atau ciri ciri ayam khoyngon

CIRI CIRI UMUM ATAU KARAKTERISTIK AYAM KHOYNGON DAN PAMANGON

CIRI KHAS AYAM KHOYNGON  DAN PAMANGON- Hampir semua ayam aduan yang memiliki kualitas super berasal dari negri gajah putih seperti misalnya ayam bangkok, saigon, pamangon dan sebagainya itu mungkin dikarenakan di thailand mereka memang mempelajari secara detail mengenai cara penyilangan ayam supaya nantinya menghasilkan ayam yang berkualitas. sekarang ini salah satu ayam aduan yang cukup banyak peminat nya yaitu ayam khoyngon, mungkin diteliga masyakat indonesia masih asing dengan jenis ayam yang satu ini, akan tetapi di thailand cukup populer ayam aduan ini. ayam khoyngon ini memiliki banyak sekali keunggulan diantaranya ayam jenis ini memiliki pukulan syaraf kepala dan badan selain itu Gaya bertarung ayam khoyngon agak mirip dengan pakhoy dan ayam bangkok yaitu memiliki teknik kunci, sayap, bongkar dan dobrak lawan.

Karakteristik atau ciri ciri ayam khoyngon
  1. Sekilas ayam khoyngon ini mirip dengan ayam pakhoy, saigon maupun ayam bangkok
  2. Ayam khoyngon juga memiliki Postur tubuh besar tegap
  3. Warna bulu pada umumnya merah hitam dan kelabu.
  4. Berat badan sekitar 3 kilogram
  5. Rongga leher padat dan kuat
=============================================

AYAM PAMANGON

Ayam Pamangon - Asal muasal terciptanya ayam aduan jenis pamagon yaitu berawal dari munculnya strain ayam aduan jenis baru yaitu khoyngon dengan begitu banyak keungulannya diantaranya kekuatan ,tenaga, power dorongan, tendangan, ketahanan badan dari pukulan lawan yang sangat luar biasa. Terciptanya ayam pamangon sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena mereka hanya mengawinkan antara ayam pama dengan ayam magon.

KEUNGGULAN AYAM PAMAGON
  • Ayam pamangon memiliki pukulan keras, dalam dan berefek. 
  • Ayam pamagon memiliki gaya pukul brakot yang lumayan bagus akan tetapi gaya pacul body yang di miliki pamagon tidak sesering ayam pakhoy pada umumnya.
  • Ayam pamangon umumnya memukul ke arah wajah, badan dan bisa memukul menyilang ini juga salah satu keistimewaan ayam pamangon.
  • Ayam Pamangon juga memiliki ketahanan badan yang cukup kuat tidak mudah menyerah tidak seperti ayam birma yang kurang bagus
  • Mempunyai struktur tulang yang bulat dan padat
  • Memiliki kecerdasan dalam bertarung dan memukul
Memang ayam pamangon ini memiliki banyak keunggulan akan tetapi ia juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu:

KEKURANGAN AYAM PAMANGON

KEUNGGULAN AYAM PAMAGON
  • lambat dalam memukul lawan, Speed pukulan kurang cepat / Tidak agresif seperti ayam birma dan pakhoy
  • Tidak memiliki gaya lock atau mengunci lawan 
  • Pada umumnya ayam pamangon tidak memiliki dorongan ke musuh.
  • Ayam pamangon ini badan tidak kekar seperi ayam bangkok pada umumnya
==============================================

jenis ayam aduan

Ayam Plucker / Jenis Ayam Import

Jenis Ternak Ayam Aduan - Ayam jenis ini bukanlah ayam petarung asli indonesia melainkan ayam import, asal muasal ayam jenis ini yakni dari california, Ayam Plucker adalah salah satu ayam petarung terbaik yang berasal dari Amerika.  Ayam plucker mempunyai keunikan yaitu ketika bertarung ia akan mencabut bulu lawan atau memukul pada area badan lawan mungkin agak mirip seperti gaya bertarung ayam pakhoy.  dari segi warna bulu sama dengan ayam aduan jenis lainnya.
Jenis Ayam ini merupakan yang terbaru dalam dunia sabung ayam khususnya di indonesia, Ayam Plucker ayam aduan yang bertipe paling terbaru yang sudah masuk ke negara indonesia. Ayam aduan plucker adalah setipe dengan bangkok dan mempunyai ciri yang sama dengan ayam aduan lain nya hanya pada gaya bertarung nya saja yang beda ayam plucker ini memang mempunyai banyak keistimewaan. Ayam plucker mempunyai kelebihan mental yang kuat serta pantang mundur, ayam plucker jarang-jarang sekali kalah atau lari lebih dulu dari lawan.

CIRI KHAS AYAM PLUCKER
Ciri khas ayam plucker yakni mempunyai jengger besar, kulit muka ayam plucker ini juga terlihat lebih tebal tebal patok tebal dan kuat, sayap semakin panjang serta lebih lebar. Ayam plucker tampak gagah dan berdiri tegak, untuk bobot ayam plucker kisaran 2,7 kg sampai 3,8 kg. ayam plucker pukulanya istimewa pukulan pinggang dan keunikannya ialah mengambil bulu atau memcabut bulu lawan ketika bertarung.

PERSILANGAN AYAM PLUCKER
Ada 2 versi yang mengatakan tentang Ayam Plucker Amerika, Ayam Plucker Jenis pertama adalah Ayam Plucker dengan gaya main mematuk semua area badan lawan, ayam Plucker jenis ini dari beberapa sumber disebutkan bahwa keturunan dari Ayam Pakhoy yang di dikawinkan dengan Ayam-ayam Adu Amerika atau Eropa yang cenderung O-Shamo dan Aseel, yang kemudian membentuk Ayam seperti Pakhoy dengan Fisik besar tetapi kurang Berotot.

Yang kedua adalah Ayam Plucker dengan gaya main atas, artinya Ayam Plucker hanya bisa Nyangkul tanpa bisa Brakot bagian bawah tubuh lawan, Ayam Plucker Jenis kedua ini di yakini berasal dari turunan ayam Trad dengan Ayam Aseel atau O-Shamo, sehingga tubuhnya besar tetapi memiliki kemampuan Brakot punggung.

Belum ada Komentar untuk "asal muasal ayam khoyngon dan pamangon, ayam plucker dan keistimewaanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel