SEJARAH DAN KEUNGGULAN / KELEBIHAN AYAM MAGON DAN AYAM PAKHOY

KEUNGGULAN / KELEBIHAN AYAM MAGON DAN AYAM PAKHOY

Ayam Petarung - Dalam dunia sabung ayam salah satu jenis ayam yang sudah di akui memiliki keistimewaan yakni ayam magon dan ayam pakhoy, Ayam magon merupakan salah satu jenis ayam aduan yang dihasilkan dari persilangan antara ayam pama dengan jenis ayam saigon. Jenis ayam ini memiliki banyak sekali keistimewaan, ayam mangon memiliki akurasi pukulan yang sangat akurat yakni di area vital musuhnya seperti menyerang lawan kearah kepala, leher dan paruh. keunggulan lainnya yakni Ayam magon juga memiliki kecepatan bertarung yang sangat tinggi berbeda dengan ayam petarung pada umumnya. Ayam magon memiliki gaya khas seperti ayam birma atau ayam pama dan badan mirip seperti ayam saigon. 

di Indonesia ayam jenis Magon justru lebih banyak diminatin dari pada ayam jenis Ganoi, bahkan ayam Mangon juga lebih dulu populer, karena setelah ayam Birma masuk di Indonesia tidak lama kemudian trah Mangon banyak diburu dan dikembangkan. 

Ciri-ciri umum ayam Magon

  1. Tubuh ayam magon dipenuhi bulu yang lebat
  2. Warna bulu cenderung gelap
  3. Berat ayam magon dapat mencapai 3 - 5 kg.
  4. Memiliki kaki yang besar dan memiliki sisik kering.
  5. Tulang ayam magon cukup besar dan kasar.
fisik ayam Mangon mewarisi darah ayam Birma dan Saigon, bulunya meskipun tidak sebanyak Birma tetapi jika ada bagian tubuh yang tidak ditumbuhi tampak merah dan kulitnya tegal. Gaya bertarungnya ayam Mangon memiliki pukulan dari depan yang cukup istimewa, ayam magon juga mempunyai kecepatan yang tinggi, disamping akurasi pukulanya yang cukup bagus, ayam magon biasaya menyerang lawan pada bagian leher, rahang dan kepala, sebagaimana ciri bertarung ayam Birma. Didukungan tulangan yang baik dan kulit yang tebal sebagaimana ayam Saigon, sehingga untuk menahan serangan lawan juga lumayan bagus.

===

JENIS AYAM ADUAN ASAL THAILAND 

CIRI CIRI FISIK AYAM PAKHOY

Ayam Pakhoy - Ayam pakhoy atau disebut juga ayam pakhoe adalah ayam aduan modern yang di hasilkan dari 4 darah ayam aduan yang berbeda jenis, Berdasakan sejarah kemunculan ayam pakhoy di latar belakangi tujuan untuk menyaingi kehebatan dari ayam burma/birma, ayam birma atau burma yang memang sudah menjadi raja di arena sabung ayam. Selain dapat mengimbangi kecepatan yang di miliki oleh ayam burma/birma, ayam pakhoy ini mempunyai tulangan yang lebih tebal dan lebih kuat dari ayam birma, sehingga lebih kuat dalam menerima pukulan.

Karena ayam pakhoy merupakan salah satu ayam aduan yang memiliki keistimewaan yang unik. Ayam pakhoy memiliki gaya/tehnik tarung yang sangat cepat. Ayam pakhoy ini pertama kali di hasilkan oleh para peternak di negara gajah putih / Thailand yang kemudian beredar luas ke beberapa negara termasuk Indonesia. kedatangan ayam pakhoy ini sangat di gemari oleh para penghobi ayam aduan, sehingga tak heran jika mereka ingin mengoleksi dan menjadikan ayam pakhoy ini menjadi jagoannya. Ayam pahkhoy mempunyai banyak keistimewaan, dengan ukuran tubuh yang bervariasi dari ukuran terkecil sampai ukuran yang terbesar, tentunya ayam pakhoy ini cocok di gunakan untuk menghadapi semua jenis ayam aduan. Ayam bangkok pakhoy mempunyai tampilan dan postur sekilas hampir sama dengan ayam bangkok pada umumnya, Pemberian nama pakhoy merupakan singkatan dari istilah dalam bahasa Thailand yang berupa pama-khoy dengan arti “Penumpas setan” atau “Pembunuh setan”. Oleh sebab itu dapat di simpulkan bahwa ayam pakhoy ini mempunyai gaya tarung sedikit lebih sempurna di bandingkan ayam birma. Kemudian dalam hal perawatan ayam pakhoy, hampir sama saja dengan merawat ayam aduan jenis lainya. Jika dilihat dari segi harga jual, Patokan harga jual untuk ayam aduan jenis ini sangat beragam. Setiap daerah menjual ayam pakhoy dengan harga yang berbeda-beda dan disesuaikan kondisi, serta jenis dari ayam pakhoy yang dijual.

CIRI CIRI FISIK AYAM PAKHOY 

Berikut ini adalah ciri khas ayam pakhoy :

  1. Ayam pakhoy memiliki ciri-ciri tubuh yang panjang, berbeda dengan ayam birma/burma yang bertubuh pendek.
  2. Sering melakukan pukulan ke badan lawan, pukulan keras dan mengagetkan lawan.
  3. Ayam pakhoy memiliki tulangan yang kasar, namun tidak terlalu tebal seperti jenis ayam dari Thailand lainnya yang mempunyai tulangan yang kasar dan tebal.
  4. Ayam pakhoy warna kaki putih atau warna kuning dengan kaki bercak hitam atau kehijauan.
  5. Ayam pakhoy mempunyai postur yang mencondong kebawah dan memiliki tulang leher bulat panjang.
  6. Mempunyai gerakan cepat dan menyesuaikan dengan cepat mengimbangi tehnik lawan yang sebagus apapun.
  7. Jika dalam keadaan terdesak, ayam pakhoy mematuk semua bagian tubuh, bahu, atau leher lawan.

Ciri-ciri Ayam Pakhoy Betina yang berkualitas Bagus

Memiliki postur tubuh yang tegap, Badan panjang dan bulat, Bentuk sayap rapat dan panjangBentuk muka lonjong, jika dilihat dari depan maka akan tampak seperti bentuk kepala ular.Memiliki warna paruh, kaki dan kuku yang seragam juga lebih baik, Tulang capit agak berjarak.

Ayam pakhoy betina yang cocok dijadikan sebagai indukan sebenarnya tidak bisa di nilai hanya dari ciri fisiknya saja. Namun, diperlukan juga pengamatan lainnya seperti bagai mana pola tarungnya, kemudian juga dilihat kondisi kesehatan, mental, dan garis keturunannya.

KELEMAHAN AYAM PAKHOY

Mental menjadi salah satu kelemahan dari ayam pakhoy ini. Jika dilihat secara mental, ayam pakhoy kurang tangguh dalam menghadapi pertarungan, terutama jika jangka bertarungnya lama.
Kemudian dalam hal menyerang lawan, ayam pakhoy terkadang terlalu fokus pada desakan dan pukulan ke bagian tubuh lawan. Hal ini bisa jadi peluang bagi lawan untuk memegangnya kemudian melakukan serangan.

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH DAN KEUNGGULAN / KELEBIHAN AYAM MAGON DAN AYAM PAKHOY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel