Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa

PETERNAKAN AYAM

penyakit yang biasa menyerang unggas atau ayam

Penyakit Korisa Pada Ayam - Korisa merupakan penyakit yang sangat sering menyerang unggas salah satunya adalah ayam, Penyakit Korisa disebabkan oleh bakteri Avibacterium paragallinarum. Meskipun penyakit korisa ini tidak mengakibatkan kematian yang tinggi pada unggas, namun serangan penyakit korisa tetap saja menimbulkan kerugian karena tingkat penularanya yang sangat cepat, mengakibatkan pertambahan bobot badan ayam menjadi terhambat dan pada ayam petelur dapat menurunkan produksi telur 10 sampai 40%. ini belum lagi termasuk tingginya angka afkir ayam apabila penyakit korisa yang menyerang ayam sudah sangat parah dan begitu sulit untuk disembuhkan. 

Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa, yaitu sebagai berikut :

  • Terjadinya penurunan produksi telur pada ayam.
  • Bagian muka ayam membengkak, khususnya di daerah sinus di bawah mata.
  • Ayam terlihat sulit untuk bernafas.
  • Mata ayam tampak berair seperti menangis yang lama kelamaan akan menutup.
  • Adanya lendir dari hidung ayam yang pertama-tamanya encer dan kemudian kental seperti nanah.
  • Diare (mencret), dan
  • Bau menyengat seperti telur yang sudah busuk.

Hal yang harus diwaspadai jika ayam sudah terjangkiti panyakit korisa

Setelah terinfeksi bakteri penyebab penyakit korisa, unggas / ayam biasanya akan menunjukan gejala klinis dalam waktu 1-3 hari. disebut dengan masa inkubasi, yaitu tenggang waktu awal infeksi sampai munculnya gejala - gejala klinis pada unggas / ayam. Selain itu informasi masa inkubasi sangatlah penting untuk menyusun program pencegahan dari penyakit korisa ini.  Berikut kami beri contoh, di suatu peternakan ayam penyakit korisa sering menyerang unggas atau ayam yang berumur 28 hari. Kemudian, berdasarkan masa inkubasi 1 sampai 3 hari maka kita dapat melakukan pencegahan dari penyakit korisa ini pada umur 25 hari dengan cara pemberian antibiotik meskipun unggas atau ayam masih terlihat sehat. Dengan demikian recording pemeliharaan ayam pada periode sebelumnya sangat dibutuhkan. Korisa memang termasuk jenis penyakit pada unggas yang sulit untuk dibasmi sampai tuntas.

Tingkat kesakitan penyakit korisa bervariasi antar unggas/ayam mulai dari yang ringan, sedang sampai yang parah (muka bengkak, mata tertutup, pilek berbau busuk).

Ada beberapa hal atau tindakan yang dapat kita dilakukan terhadap unggas/ayam yang sudah terserang penyakit korisa antara lain, yaitu :

  1. Isolasi (memindahkan ayam yang sudah terserang penyakit korisa ke tempat yang jauh dari ayam yang belum terserang penyakit korisa).
  2. Pemberian obat.
  3. Ruang kandang ayam untuk membuang bangkai sebaiknya dijauhkan sejauh mungkin dari lingkungan kandang.
  4. Pemberian vitamin untuk menjaga kondisi tubuh ayam dan mengganti sel tubuh ayam yang rusak akibat dari terserang penyakit korisa.
Demikianlah informasi mengenai Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa dan tindakan yang dapat kita dilakukan terhadap unggas/ayam yang sudah terserang penyakit korisa, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel