hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar dan ciri ayam yang sudah terjangkit penyakit

PETERNAKAN AYAM DAN CIRI AYAM YANG SUDAH TERKENA PENYAKIT

resiko dalam beternak ayam

Hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar - Ketika Anda memutuskan untuk terjun di dalam dunia bisnis, tak terkecuali bisnis ternak ayam maka Anda harus menganalisis resiko dan peluangnya. Apakah peluang tersebut lebih besar dibandingkan dengan risikonya atau justru sebaliknya. Meski begitu setiap risiko yang timbul ada cara mengatasinya masing-masing.

Dewasa ini tidak sedikit para peternak yang mengalami kerugian pada peternakan ayam nya, kadangkala hanya cukup untuk biaya operasional saja. Padahal sudah mengeluarkan tenaga dan materi untuk mencurahkan segenap tenaga nya agar peternakan ayam nya selalu untung. 

Dibawah ini beberapa faktor yang sering membuat peternakan ayam rugi besar.


1. Faktor Kandang
Jangan abaikan kandang ayam, Coba di ingat sudah berapa lama kandang ayam anda berdiri ? Kalau memang sudah lama dan tidak layak segera lah anda perbaiki. Apalagi jika kandang ayam tersebut sudah beberapa tahun tidak pernah dibersihkan, kuman patogen akan selalu hinggap di kandang ayam tersebut.
Kalau anda memang punya dana lebih, segera bangun kandang Closed House, dengan kandang ini dapat menekan terjadinya penyakit dari luar.

2. faktor Lingkungan
Alangkan baiknya anda tidak beternak ayam di lingkungan atau kawasan yang kandangnya berdekatan dengan kandang ayam milik orang lain. Karena dengan kandang berdekatan merupakan biosecurity yang sangat buruk, bisa jadi jika kandang ayam milik orang lain terkena penyakit, ayam anda pun besar kemungkinan terkena imbas nya. Sebaiknya Hal ini di hindari.

3. Faktor Biosecurity yang Buruk
Biosecurity kandang ayam baik dari dalam maupun luar adalah hal yang paling utama sebagai benteng pertahanan kandang ayam kita. Kadang sering kita jumpai, ada orang lain masuk ke dalam kandang ayam kita tanpa menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu, karena kuman penyakit bisa saja terbawa agen atau orang dari luar masuk ke dalam kandang ayam kita.
Masa kosong kandang terlalu cepat juga bisa mempengaruhi keberhasilan kandang ayam kita, minimal 2 minggu adalah masa kosong kandang ayam, biarkan kuman bibit - bibit penyakit mati terlebih dahulu.

4. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Mungkin banyak para peternak ayam pemula yang kurang kompeten dalam hal manajemen pemeliharaan, Waktunya pemberian pakan selalu di tunda-tunga, Kurang cekatan memisahkan antara ayam afkir dengan ayam sehat,

Demikianlah sedikit informasi mengenai faktor yang sering terjadi dalam usaha peternakan khususnya peternakan ayam, data ini kami olah dari berbagai sumber.
==

PENYAKIT PADA TERNAK AYAM

karakteristik atau ciri ciri ayam yang terjangkit penyakit
Jenis dan Ciri Ayam Sakit - Di jaman sekarang kemajuan tekhnologi di bidang peternakan semakin maju, khususnya peternakan ayam . Telah banyak ditemukan jenis-jenis ayam dengan strain yang baru dengan angka produktivitas yang lebih baik, tetapi dibalik kemajuan tersebut terdapat juga berbagai penyakit yang dapat menyerang ternak ayam peliharaan secara mendadak dan ayam mati seketika. Maka hal hal yang perlu diperhatikan untuk ternak ayam yakni kesehatan, ibarat sudah banyak diketahui bahwa ayam khususnya ayam broiler atau ayam pedaging, gampang terjangkit penyakit, maka penting bagi kita mengetahui ciri-ciri ayam sakit itu.
Ada banyak macam penyakit ayam yang bisa saja menyerang ternak Anda. Ada beberapa penyakit ayam tersebut yang tidak bisa diobati dan berakibat ke kematian, Mengatasi penyakit ayam secara terlambat bisa menyebabkan penularannya semakin cepat terutama jika disebabkan oleh virus.
Semakin banyak ayam yang mati maka hanya ada sedikit ayam yang bisa dipanen, kerugian pun sulit untuk dihindari. Menjual ayam dalam keadaan sakit pun akan membuat harganya menjadi menurun drastis.

Berikut ini beberapa karakteristik atau ciri ciri ayam yang terjangkit penyakit: 

Ciri Ayam Yang Terserang Penyakit
Selain mengetahui bagaimana cara untuk mencegah penyakit ayam, seorang peternak ayam juga harus tau seperti apa ciri ayam yang penyakitan. Berikut ini adalah ciri-ciri ayam penyakitan yang wajib diketahui peternak ayam:
  1. Letih dan lesu sehingga ayam lebih banyak berdiam diri di satu tempat.
  2. Mata dan hidung berair.
  3. Tidak nafsu makan.
  4. Bulu ayam kusam.
  5. Jalan sempoyongan.
  6. Kotoran berwarna hijau.
  7. Sayap menggantung.

Hal Yang Pelu di Lakukan Dalam Mencegah Penyakit Pada Ayam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh peternak dalam hal mencegah penyakit pada ayam

  1. Memberikan Pakan Bernutrisi
  2. Jaga Kebersihan Kandang
  3. Hindari kandang yang lembap
  4. Vaksin
  5. Vitamin

1. Memberikan Pakan Bernutrisi

Memberi pakan yang bernutrisi ini tidak hanya membuat tumbuh dan kembang ayam meningkat, namun juga berguna sebagai pencegahan penyakit pada ayam.
Sebagai seorang peternak ayam kita wajib mengetahui bahwa setiap periode ayam memiliki nutrisinya masing-masing. kita mesti bisa memenuhi nutrisi pada setiap periode ayam tersebut. Sebagai contoh nutrisi untuk ayam pada periode starter berbeda dengan grower dan juga pada periode finisher.

2. Jaga Kebersihan Kandang Ayam

Seorang peternak ayam juga harus rutin membersihkan kandang ayam nya, sebaiknya kandang ayam dibersihkan tiap pagi dan sore hari tujuannya yaitu untuk mencegah berkembangnya  bibit penyakit apalagi yang khusus beternak ayam pedaging atau Ayam broiler karena ayam jenis ini menghabiskan seluruh waktunya di kandang oleh sebab itu kebersihan kandang harus benar benar terjaga dengan baik.

3. Hindari kandang yang lembap

Kandang yang lembap ini menjadi salah satu faktor penyebab ayam terserang berbagai macam penyakit apalagi yang beternak ayam pedaging atau ayam broiler karena ayam ini menghabiskan masa hidupnya dalam kandang tidak keluar maka akan sangat mudah terkena penyakit. oleh karenanya hindari kandang yang lembap. Apalagi disaat musim penghujan tiba menjadi sangat rawan bagi peternak yang membudidayakan ayam khususnya ayam broiler di karenakan selain membuat kondisi kandang menjadi lembap, penyakit yang disebabkan oleh virus menjadi mudah sekali menyebar.

4. Vaksin

Mencegah penyakit pada ayam yang tidak boleh dilupakan oleh seorang peternak yakni pemberian vaksin. Fungsi dari Vaksin ini yaitu untuk mencegah penyakit ayam yang tidak bisa disembuhkan. Jenis vaksin ayam ini beragam, sehingga peternak harus tahu jenis vaksin dan kapan waktu yang tepat untuk pemberian vaksin tersebut pada ayam, mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

5. Vitamin

Yang terakhir adalah pemberian Vitamin untuk ayam dalam hal pencegahan penyakit, meningkatkan sistem imun pada ayam dengan memberikan vitamin. Pada umum nya Ayam yang rutin diberikan vitamin akan lebih sehat dan lincah dibandingkan dengan ayam yang tidak diberikan vitamin samasekali.

Mengetahui penyakitnya sejak dini sangat berguna sekali untuk mencegah penularan ke ayam yang sehat. Kebanyakan penularan dari penyakit ayam ini sangat cepat sehingga membutuhkan kejelian peternak dan dibutuhkan tindakan lebih lanjut supaya tidak semakin banyak ayam yang terkena penyakit tersebut.






Belum ada Komentar untuk "hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar dan ciri ayam yang sudah terjangkit penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel