syarat pembuatan kandang ayam yang

PETERNAKAN AYAM

Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membangun kandang ayam

Tujuan Pengadaan Kandang Ayam

    1. Fungsi Kandang Ayam

    Pada pemeliharaan ayam secara intensif, kandang dan peralatan di dalamnya mutlak di perlukan, tidak bisa diabaikan. Kegunaan atau fungsi kandang selain sebagai tempat tinggal ayam juga sebagai tempat bekerja bagi peternak dalam melayani kebutuhan hidup ayam tersebut. Misalnya, memberi makan - minum, mengobati ayam yang sakit atau membersihkan kandang dari berbagai kotoran. Kandang dan perlengkapan yang baik serta memenuhi syarat akan membuat ayam merasa betah dan nyaman. Kandang ayam seperti itu menghindarkan ayam dari iklim buruk seperti panas dan hujan serta gangguan binatang seperti musang, tikus, ular, dan sebagainya. Kondisi kandang ayam yang nyaman memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan ayam tersebut. Oleh karena nya, kandang ayam dengan perlengkapannya turut menentukan keberhasilan suatu usaha ternak ayam.


    2. Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membangun kandang ayam

    Jika usaha ternak ayam cemani akan di usahakan dalam skala yang besar maka seluruh perhitungan harus berdasar untung - rugi secara bisnis. demikian pula dalam menentukan lokasi atau lahan. Dalam perencanaanya harus di perhitungkan hal - hal seperti harga tanah, sumber air, listrik, tenaga kerja, pasar, sarana jalan dengan transportasinya. Prospek pemasaran juga juga harus dianalisis secara cermat. jika prospek pemasarannya lemah sedang produksi baik maka akan membahayakan kelangsungan usaha peternakan itu. bila produksi ayam sulit di jual tentu perusahaan akan kekurangan uang kas untuk membeli makanan ternak maupun membayar upah buruh. Untuk keperluan ini memang dibutuhkan penelitian pasar. Nah, setelah melakukan penelitian terhadap lokasi usaha ternak ayam cemani dan secara ekonomis menguntungkan, maka langkah selanjutnya adalah membangun kandang.

Agar ayam cemani yang di pelihara dalam kandang tetap sehat maka pada saat membangun kandang harus memperhatikan beberapa persyaratan sebagai berikut.


 1. Letak kandang ayam
     Letak kandang ayam hendaknya di tempat tertinggi dari lingkungan sekelilingnya agar pada musim hujan tidak tergenang air. Namun demikian pembuatan sistem drainase di sekitar kandang ayam mutlak di perlukan. Selain itu isi kandang ayam juga harus di perhatikan dalam pembuatan kandang. Letak kandang ayam kutuk (anakan) harus terpisah jauh dari kandang ayam dewasa karena ayam kutuk (anakan) masih sangat peka terhadap penyakit. menempatkan ayam kutuk (anakan) dengan ayam dewasa maupun ayam babon dalam satu kandang merupakan suatu kesalahan besar karena dapat menimbulkan kematian pada ayam itu. kematian itu akibat di patuki atau di kerubut oleh ayam lain serta terkena penyakit.

2. Ventilasi Kandang Ayam
     Setiap kandang ayam yang di bangun harus mempunyai ventilasi (saluran udara) yang cukup sehingga dapat menjamin keluar masuknya udara secara berkesinambungan. Dengan demikian udara dalam kandang ayam selalu terasa segar dan sehat sehingga fungsi biologis yang berkaitan dengan proses pernafasan berlangsung baik. Di samping itu, juga dapet menghilangkan gas-gas yang timbul akibat menumpuknya kotoran ayam.

3. Sinar Matahari
    Posisi kandang ayam hendaknya menghadap ke timur sehingga sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang. Sinara matahari pagi ini merupakan vitamin D serta dapat membunuh kuman - kuman penyakit. selain itu, dinding bagian depan hendaknya di buat terbuka, misalnya dari kawat ram dan sebagainya.

4. Kelembapan udara dalam kandang ayam
    Kelembapan udara yang tinggi dalam kandang ayam dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan ayam cemani. pada kelembapan tinggi, udara menjadi basah sehingga ayam yang berada dalam kandang mudah terserang penyakit pernafasan seperti pilek atau ngorok. untuk menjaga agar udara dalam kandang ayam tidak terlalu lembab, maka perlu di usahakan agar sinar matahari dapat masuk kedalam kandang ayam sehingga lantai kandang menjadi kering.

5. Pohon pelindung
    Disekitar kandang ayam ada baiknya di tanami pohon pelindung yang bermanfaat seperti pohon petai, durian, mangga, jambu, atau pohon - pohon lainnya. Dengan lindungan pohonan, udara di dalam maupun di sekitar kandang ayam akan terasa nyaman dan segar. manfaat lainnya yaitu pohonan juga dapat menahan angin sehingga kandang ayam tidak terlalu banyak mendapat angin langsung, ada penahannya.

6. Pondasi kandang ayam
    Bentuk pondasi kandang ayam dapat di buat berdasarkan besar kecilnya kandang dan tempat kandang itu di bangun, yang penting pondasi harus kokoh dan kuat serta dapat mencegah masuknya air ke dalam kandang.

7. Lantai kandang ayam
    Lantai kandang ayam sebenarnya ada dua macam yaitu lantai litter (beralas) dan lantai renggang (slat). Lantai beralas dapat di buat dengan bahan yang tahan lama misalnya lantai semen, papan, atau batu bata. sedangkan lantai renggang, alas nya dapat di buat dari bahan kayu, bambu atau kawat. Sebagai bahan litter untuk lantai beralas dapat di gunakan campuran dari 3 bagian pasir, ½ bagian kapur tohor dan ¼ bagian serbuk arang. Bahan lain yang dapat di pakai sebagai litter adalah perbandingan 6 bagian sekam dan 1 bagian kapur tohor. Campuran bahan - bahan di atas di aduk merata dan di taburkan pada dasar lantai kandang ayam sampai ketebalan 10 - 15 cm. Fungsi dari kapur tohor adalah untuk membunuh hama penyakit dan fungsi dari serbuk arang adalah mengisap racun yang ada dalam kandang.

8. Dinding kandang ayam
    Kontruksi dinding kandang ayam di buat agar udara ruangan dalam keadaan segar dan nyaman. Disamping itu kandang tampak terang karena cukup sinar matahari serta menahan angin langsung dan hujan. pada daerah yang berhawa panas, dinding di usahakan banyak berlubang, sedang pada daerah dingin dan banyak curah hujannya, dinding kandang ayam di buat rapat dengan sedikit lubang.

9. Pintu kandang ayam
    Pintu kandang ayam di buat dengan ukuran cukup sehingga peternak dapat masuk tanpa mengganggu ternak ayam. Apa bila kandang ayam itu terdiri - dari petak - petak maka tiap petak perlu di pasang pintu yang membuka ke arah dalam.

10. Luas kandang ayam yang baik

     Luas kandang ayam harus ideal. Artinya, jumlah ayam yang di tampung tidak berlebihan atau longgar, jumlah ayam yang berlebihan dalam satu kandang menyebabkan ayam menjadi kurang sehat dan gampang terserang penyakit sedang bila terlalu longgar berarti pemborosan. gambaran kandang ayam yang ideal adalah sebagai berikut :

  1. Tiap meter persegi kandang ayam dapat di huni oleh 20 anak ayam berikut satu atau dua induknya. sedang dalam pemeliharaan buatan  (induk tiruan), tiap meter persegi dapat menampung 25 - 30 ekor anak ayam.
  2. Bagi ayam remaja (ayam dara) luas kandang satu meter persegi dapat di huni antara 10 - 18 ekor ayam cemani
  3. Sementara ayam cemani yang bertelur, tiap meter persegi dapat di huni 7 ekor ayam betina cemani dan satu ekor ayam jantan. sedangkan ayam cemani remaja yang di lepas maka fungsi kandang hanya untuk bermalam sehingga jumlah ayam per meter perseginya dapat lebih banyak.

Nah itulah hal hal yang harus diperhatikan dalam membangun kandang ayam,

Belum ada Komentar untuk "syarat pembuatan kandang ayam yang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel