Jenis Ayam Hias yang banyak dipelihara atau diternak

Jenis Jenis Ayam Hias Yang Umum Di Pelihara atau Di Ternak Oleh Masyarakat

ciri ciri umum ayam hias
Ayam Hias - Ayam merupakan jenis unggas yang memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, Ayam pada umumnya berguna untuk menjadi salah satu bahan pangan. Maka tak heran jika masakan dengan menu ayam selalu menghiasi tempat makan di sekitar kita. Sebuah studi mengatakan bahwa hewan / ayam dapat membantu meningkatkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak. Selain itu
dari segi ekonomi Ayam sebagai binatang peliharaan pun ternyata memiliki banyak omzet jika ditekuni sebagai hobi. Ayam yang digunakan untuk binatang peliharaan lebih dikenal dengan ayam hias, jenis ayam hias ini terlihat unik maka wajar saja jika beberapa orang tertarik ingin memeliharanya.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jenis jenis ayam hias. Ayam hias merupakan hewan ternak yang tidak dipelihara untuk diambil daging atau telurnya. akan tetapi ayam hias banyak dipelihara atau diternak hanya sebagai ayam yang berdasar pada hobi saja. Jadi untuk mereka yang tidak mempunyai hobi memelihara ayam hias tidak akan tertarik untuk memeliharanya karena tidak dapat dimanfaatkan seperti ayam pedaging atau ayam petelur. ayam hias biasanya terbagi menjadi 2, yaitu tergantung dari penampilan dan suaranya. ayam hias juga memiliki berbagai jenis dan masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda-beda. Jenis ayam hias tidak hanya dilihat dari keindahan tubuhnya, tapi juga bisa dilihat dari kelangkaan dan keunikan yang dimilikinya.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis ayam hias baik itu yang lokal maupun yang impor, jika tertarik Anda dapat memelihara beberapa di antaranya.


Ayam Batik
Ayam Sebright atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ayam Batik, ayam jenis ini merupakan ayam yang berasal dari Inggris ayam batik sekarang ini banyak dibudidayakan di indonesia. Jenis Ayam Batik : Ayam Batik memiliki dua jenis, untuk warna dasar coklat kemerahan yaitu Ayam Batik Kanada dan untuk warna dasar putih perak yakni Ayam Batik Itali.

Ciri ciri atau karakteristik ayam batik

Ayam batik memang termasuk ayam hias yang unik salah satu yang menjadi ciri khas dari ayam batik adalah bulunya. Bulu memiliki motif seperti batik, warna bulunya berukir-ukir seperti bersisi yang terlihat jelas dan rapih. 

Ayam Kapas
Ayam Kapas adalah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bulu yang sangat unik mirip seperti kapas. Ayam Kapas termasuk jenis ayam hias yang berasal dari daratan Cina. Yang dilihat dari ayam kapas yaitu keindahan pada bulunya, oleh karena nya dalam memelihara ayam jenis ini harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah. Ayam kapas juga termasuk jenis ayam petelur yang produktif, dalam setahun ayam betina dari ayam Kapas ini mampu memproduksi telur lebih dari 200 butir.

Ciri khas ayam kapas

Ayam Kapas tidak hanya memiliki warna selain putih, tetapi juga warna cokelat muda ataupun hitam. Walaupun jarang ditemukan ayam kapas coklat maupun ayam kapas hitam merupakan jenis lain dari ayam Kapas.

Ayam Ketawa
Jenis ayam hias yang juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat indonesia yaitu ayam Ketawa. Suara kokok ayam jenis ayam ini persis seperti orang yang sedang tertawa.

Dulunya ayam ini di pelihara oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan.
Ayam jenis ini juga dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat mendatangkan keberuntungan. Ayam Ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah, dan sukses.

Ciri ciri atau karakteristik ayam ketawa.
Secara fisik, ayam jenis ini hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna bulunya menyerupai ayam kampung biasa. Selain itu dalam hal Mengembangbiakkan dan memelihara ayam ini juga tidak sulit, sama seperti memelihara ayam lainnya.

Yang membedakan antara ayam ketawa dengan ayam kampung yaitu, ayam Ketawa sudah bisa berkokok sejak berusia tiga bulan. Tetapi, bagi orang yang baru pertama mendengarnya, suara kokoknya lebih mirip burung perkutut.

Ayam Kate
Pada umumnya postur tubuhnya kecil tentu saja berat badannya juga lebih ringan, Ada beberapa ciri khas dari ayam ini diantaranya yaitu Ayam kate berperawakan kecil, berkaki pendek dan unik karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam pada umumnya, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, dan penampilan fisik.

Terdapat beberapa macam ayam kate, diantaranya yaitu:

  1. Ayam kate Emas
  2. Ayam kate cochin
  3. Ayam kate kaki pedang
  4. Ayam kate lokal
  5. Ayam kate batindo
  6. Ayam kate Bangkok
Ayam Poland
Meskipun memiliki nama Poland, ayam jenis ini bukan berasal dari negara Polandia melainkan dari negara Belanda. Sebagian orang menyebut Ayam Poland ini dengan sebutan ayam tanduk, ada juga yang menamainya ayam jambul maupun ayam mahkota karena memang pada bagian belakang jengger terdapat bulu yang lebat hampir menutupi mata nya, maka jika kita lihat dari jauh mata ayam poland seperti tertutup oleh jambulnya.

Itulah beberapa jenis ayam hias yang umum diternak atau dibudidayan di indonesia.

Belum ada Komentar untuk " Jenis Ayam Hias yang banyak dipelihara atau diternak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel