ciri-ciri KHAS ayam cemani dan ayam mutiara

BETERNAK AYAM CEMANI DAN AYAM MUTIARA

ciri-ciri ayam cemani asli bukan dari hasil persilangan

ASAL MUASAL AYAM CEMANI DAN KEASLIANYA

Ayam Hias Cemani - Ayam cemani merupakan jenis ayam asli Indonesia, Asal usul ayam cemani berasal dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Jawa Tengah. Ciri khas utama yang dapat terlihat dari ayam cemani ini yaitu warna hitam diseluruh tubuhnya hingga bagian terdalam sampai kelidahnya pun berwarna hitam.

sekarang jenis ayam hitam pekat ini sudah menyebar keseluruh pelosok tanah air, Ayam cemani selain soal peliharaan pada masa zaman Majapahit, terdapat mitos lain dari ayam hitam pekat ini. dari beberapa sumber yang kami dapatkan disebutkan bahwa terdapat tiga jenis ayam cemani yang memiliki kekuatan mistis, ini bagi orang orang yang mempercayai nya saja

MITOS AYAM CEMANI
Konon, ada 3 ayam cemani yang berkekuatan mistis

yang pertama ayam cemani Widitra yang dipercaya sebagai penangkal bala.

yang kedua ayam cemani Warastratama. Ini sering kali dipakai sebagai sesajen upacara ritual.

yang ketiga ayam cemani Kaikayi yang diyakini sebagian orang bisa untuk mengangkat santet.

CIRI UTAM AYAM CEMANI ASLI

Dibawah ini merupakan ciri-ciri ayam cemani asli bukan dari hasil persilangan

  1. Bulu ayam cemani asli, berwarna hitam diseluruh tubuh >95% apabila asli tanpa persilangan / kawin silang.
  2. Kulit, berwarna hitam pekat disekujur tubuh apabila ayam cemani tersebut asli yang bukan dari hasil persilangan.
  3. Paruh ayam cemani asli, berwarna hitam namun akan berwarna sedikit putih dibagian ujung paruhnya seiring ia dewasa.
  4. Jengger, berwarna hitam namun apabila ia semakin dewasa akan terlihat sedikit merah.
  5. Dubur ayam cemani yang asli berwarna hitam legam berbeda dengan ayam-ayam lainnya.
=======

KARAKTERISTIK AYAM / AYAM MUTIARA

Keunikan ayam mutiara dibanding dengan ayam jenis lain

Ayam Hias -
Ayam mutiara termasuk salah satu jenis ayam yang cukup digemari oleh para pecinta ayam hias dan seperti yang kita ketahui ayam ini banyak ke unikkannya serta potensi budidayanya yang menguntungkan. Ayam ini memang salah satu ayam hias yang paling diminati karena keindahan bulunya yang khas dan Suara ayam mutiara sangat nyaring. Ciri khas dari ayam ini yaitu memiliki bulu yang berwarna abu-abu dengan totol kecil yang banyak dan berwarna putih. Jenis ayam ini berjenis omnivora atau jenis makanan apa saja masuk ke mulutnya. Mulai dari tanaman, rumput hingga beberapa jenis daging. Ayam mutiara juga termasuk kedalam jenis unggas dari keluarga Phasianidae.

Ciri ciri umum ayam mutiara

Ciri khas dari ayam mutiara adalah warna bulunya abu-abu dengan bintik-bintik putih. Bentuk ayam mutiara jantan dan betina hampir mirip. ayam jenis ini juga memiliki suara yang sangat nyaring, dan di beberapa negara ayam ini dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya.

harga ayam mutiara ini relatif tinggi sehingga sangat menggiurkan dijadikan peluang usaha. Dari segi harga ayam hias jenis ini dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu putih, silver dan plangkok serta  jenis petelor.

Keunikan ayam mutiara dibanding dengan ayam jenis lain

Ayam mutiara secara perilaku memang mempunyai perbedaan dengan jenis ayam peliharaan yang lainya, memang Ayam mutiara ini sejak dulu sudah di kenal menjadi ayam hias yang unik. salah satu keunikan dari ayam mutiara yakni mereka akan membentuk kelompok sendiri dengan ayam mutiara lain. Ayam mutiara juga bisa di jadikan sebagai penjaga rumah karena ayam mutiara ini akan berbunyi keras jika ada orang yang masuk kepekarangan rumah hal ini akan menjadi alarm alami. keunikan lainnya dari ayam jenis ini yaitu yang mempunyai keindahan bulu dan bentuk cukup unik dan jenis ayam ini pada umumnya hanya berproduksi telur di musim penghujan.

Makanan atau pakan ayam mutiara

Ayam mutiara termasuk dalam golongan hewan omnivora yaitu pemakan segalanya. Dihabitat aslinya ayam mutiara ini memakan serangga dan berbagai jenis rerumputan. jika memeliharaan ayam mutiara dirumah dalam pemberian makannya dapat diberikan pakan berupa dedak, nasi sisa, bekatul, jagung, kedelai, bisa juga diberikan sisa sayuran.

Belum ada Komentar untuk "ciri-ciri KHAS ayam cemani dan ayam mutiara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel