keuntungan beternak atau budidaya ayam pedaging /ayam broiler

informasi singkat tentang ayam


macam-macam jenis ayam 

1. ayam pedaging

Ayam pedaging atau disebut juga ayam broiller adalah ayam jenis ras unggulan hasil persilangan bangsa-bangsa ayam yang mempunyai produktivitas tinggi terutama dalam memproduksi daging ayam.
Ayam pedaging / ayam broiler merupakan ayam hasil dari budidaya teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis dengan ciri khas pertumbuhannya yang cepat. ini salahsatu keuntungan dalam beternak ayam broiler.

Pengelompokan ayam pedaging ini di dalam dunia hewan adalah sebagai berikut:

  1. Kerajaan: Animalia
  2. Filum: Chordata 
  3. Kelas: Aves 
  4. Ordo: Galliformes 
  5. Famili: Phasianidae 
  6. Genus: Gallus 
  7. Spesies:Gallusdomesticus

Morfologi Ayam Pedaging Strain umur 35-40 hari. ciri khas ayam pedaging ini yaitu warna bulu putih, kaki dan dada yang besar.

 Ayam pedaging jenis ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan waktu yang pendek ayam jenis ini pada umur 5-6 minggu bobot badan dapat mencapai 1,3 sampai 1,8 kg, 

Tujuan umum beternak broiler 

Broiler merupakan istilah untuk ayam hasil teknologi, ayam pedaging adalah ayam yang dipelihara dengan tujuan untuk mencapai bobot sampai 2 kg dengan daging yang bagus tanpa membedakan jantan dan betina, dalam hal pertumbuhan sudah tidak diragukan.

Budidaya Ayam pedaging atau ayam broiler saat ini lebih banyak dipelihara oleh masyarakat karena mudah dalam hal pemeliharaannya dan cepat dipanen apabila dibandingkan dengan ayam jenis lainnya.

Keuntungan budidaya Ayam pedaging

Keunggulan ayam jenis ini adalah pertumbuhan yang relatif cepat pada umur 1-5. ayam pedaging / broiler setelah berumur 6 minggu besarnya sudah sama dengan ayam kampung dewasa yang dipelihara selama 8 bulan. beternak ayam ada dua masa pemeliharaan yaitu masa pemeliharaan awal atau starter  dan masa pemeliharaan akhir atau finisher . Pemeliharaan ayam pedaging ini mempercepat perputaran modal peternak.

Kelemahan atau kekurangan beternak 

Kelemahan dari ayam pedaging / ayam broiller adalah memerlukan atau membutuhkkan pemeliharaan secara intensif dan cermat, relatif lebih peka terhadap serangan penyakit dan sulit beradaptasi pada lingkungan. 

Pertumbuhan ayam jenis ini paling cepat terjadi sejak menetas sampai umur 4-6 minggu kemudian akan mengalami penurunan dan terhenti sampai mencapai dewasa. 

Belum ada Komentar untuk "keuntungan beternak atau budidaya ayam pedaging /ayam broiler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel