perbedaan jenis ayam berdasarkan keperluan pemeliharaanya dan ayam hias

PETERNAKAN AYAM

Jenis-jenis ayam peliharaan

Jenis-jenis ayam peliharaan dan Perbedaan ayam ras dan ayam bukan ras

Jenis-jenis ayam peliharaan- Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) merupakan unggas yang biasa dipelihara atau diternakkan orang untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan juga merupakan keturunan langsung dari subspesies ayam hutan yg dikenal sebagai ayam hutan merah atau ayam bangkiwa (bankiva fowl).
Dari hasil kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur murni atau galur unggul dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum yaitu ayam potong (untuk disembelih) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Jenis Ayam biasa juga dapat dikawin silangkan dengan kerabat dekatnya seperti : ayam hutan hijau, yang nantinya akan menghasilkan hibrida mandul yg jantannya lebih dikenal sebagai ayam bekisar.
Masyarakat indonesia lebih mengenal dengan istilah ayam ras dan ayam bukan ras (buras, atau kampung). Pengertian "ayam ras" menurut istilah itu yg dimaksud sebenarnya yaitu ras yang dikembangkan untuk usaha komersial masal, seperti jenis Leghorn (lehor). Ke dalam kelompok ayam buras terdapat juga ras lokal ayam yang khas tapi tidak dikembangkan untuk usaha komersial massal.

Perbedaan ayam ras pedaging dan ayam ras petelur

Ayam juga merupakan salah satu hewan yang tergolong dalam pembagian hewan unggas. Seperti hewan unggas lainnya, hewan yang satu ini bukanlah hewan yang bisa terbang jauh. Ayam mempunyai sayap seperti burung, tetapi sayap yang dimiliki ayam tidak mampu membuat dirinya terbang jauh seperti halnya burung. Jika kita lihat dari jenis perawatan hewan, ayam termasuk salah satu hewan yang cukup mudah untuk dipelihara. Jika ayam tersebut mempunyai sumber makanan yg cukup, hal itu akan membuat ayam akan mudah dan dapat dipelihara dalam waktu lama.

Jika dilihat dari fungsinya, Ayam mempunyai beraneka ragam fungsi yaitu ayam petelur(layer) dan ayam pedaging(Broiler). Ayam petelur yaitu ayam yang dimanfaatkan telurnya sedangkan ayam pedaging yaitu ayam yang berguna untuk dimanfaatkan dagingnya. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan perbedaan ayam ayam petelur dan ayam pedaging:
  1. Ayam ras petelur
  2. Ayam ras ini adalah hasil rekayasa penyilangan pengembangan dari ayam betina. Ayam petelur ini pun diciptakan hanya untuk bertelur. Ayam petelur biasa disebut dengan nama ayam layer. Ayam jenis ini hampir tiap hari dapat bertelur. Sama dengan ayam pedaging/broiler, ayam petelur pun harus mempunyai perlakuan khusus, diantaranya seperti menjaga makannnya dan menjaga perawataannya. Pakan atau makanan yang diberikan pun harus pakan yang dapat membuat ayam selalu bertelur.
  3. Ayam ras pedaging (Broiler)
  4. Ayam pedaging atau disebut juga broiler merupakan jenis ayam yg diciptakan khusus dengan sistem penyilangan bibit-bibit ayam terbaik. Ayam pedaging atau broiler berwarna putih. Ayam pedaging dapat tumbuh dengan cepat, rata-rata pertumbuhan siap panen ayam broiler/ayam pedaging yaitu 21 hari sampai 35 hari dengan rata-rata bobot badan dari berat 1 kg sampai 1,8 kg. Untuk memelihara ayam broiler/ayam pedaging pun membutuhkan perlakuan khusus, diantaranya yaitu dengan memperhatikan ukuran kandang, pemilihan pakan/makanan yang tepat dan kegiatan vaksianasi yang tepat. Ayam broiler atau ayam pedaging memerlukan pakan atau makanan yang mempunyai sumber vitamin dan protein yang tinggi. Tujuannya untuk mencapai target pertumbuhan ayam yang cepat. Bagi para peternak pun tidak perlu resah karena dari pihak pabrik yang menyediakan bibit ayam ini pun menyediakan makanan ataupakan yang baik untuk ayam tersebut.

===========================================================
Jenis-jenis ayam peliharaan

Perbedaan ayam ras dan ayam bukan ras
Jika kita berbicara tentang ayam, kita akan berbicara mengenai perbedaan antara beberapa jenis ayam. Seperti kita ketahui, ayam terdiri dari banyak jenis. Akantetapi kalau kita bandingkan menurut golongannya secara umum, ayam memiliki dua jenis, yang pertama yaitu ayam ras dan yang kedua ayam bukan ras. Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan menjelaskan mengenai perbedaan antara ayam ras dan ayam bukan ras. 

Pada zaman modern seperti saat sekarang ini, begitu banyak penelitiian dan pengembangan di lakukan di berbagai aspek oleh pemerintah dan pihak swasta. Mereka berlomba-lomba menciptakan berbagai terobosan baru dan inovasi baru untuk menciptakan segala sesuatu yang praktis dan mudah dilakukan. Begitupan dengan bidang peternakan. Hampir seluruh dinas peternakan di berbagai negara menciptakan inovasi atau melakukan pengembangan terhadap hewan ternak. Mereka berlomba lomba membuat bagaimana hewan ternak agar dapat menghasilkan kualitas yang bagus, bergizi, cepat panen dan mudah diternakan. Salah satu hewan yang menjadi bahan pengembangan yaitu ayam. Ayam pun dilakukan pengembangan sehingga menjadi 2 bagian, yaitu ayam ras dan ayam bukan ras. 

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai ayam ras dan ayam bukan ras:
  1. Ayam Ras
  2. Ayam ras adalah ayam hasil budidaya teknologi. Ayam ras bertipikal pertumbuhan yang cepat, daging lebih banyak, makanan/pakan irit dan umur panen ayampun lebih cepat yaitu sekitar 21 hari sampai 35 hari. Ayam ras didapat dari hasil penyilangan dari beberapa ayam  unggul dari berbagai daerah. Pada dasarnya, ayam ras dapat di bagi menjadi 2 bagian, yaitu ayam ras petelur dan ayam ras pedaging. dari gambar diatas dapat kita lihat, gambar ayam yang pertama yaitu ayam yang berwarna putih itu merupakan ayam ras jenis pedaging, pada ayam jenis ini yang dimanfaatkan yaitu dagingnya. Kemudian pada gambar ayam yang kedua yang berwarna cokelat, itu merupakan ayam ras jenis petelur, sesuai dengan namanya ayam jenis ini hanya diciptakan untuk diambil telurnya.
  3. Ayam bukan Ras
  4. Ayam bukan ras adalah ayam asli tanpa melakukan pengembangan. Ayam jenis ini biasanya disebut juga dengan ayam kampung. Ayam jenis ini biasanya para peternak bisa memanfaatkannya dari berbagai aspek ayam, dapat dimanfaatkan dagingnya, dan juga telurnya. Ayam jenis ini dapat dipanen ketika sudah berumur 3 bulan hingga 6 bulan. perawatan ayam bukan ras bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan ayam jenis ini dapat dipelihara secara sampingan. Ayam bukan ras bisa dipelihara lepas disekitar lingkungan rumah. Ayam bukan ras memiliki kandungan protein yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan ayam ras.
Demikianlah beberapa perbedaan ayam ras pedaging dan ayam ras petelur, serta perbedaan ayam ras dan ayam bukan ras yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

=============

PETERNAKAN AYAM

Jenis Ayam hias yang banyak diternakkan di indonesia

Jenis-Jenis Ayam Hias

Jenis-Jenis Ayam Hias - Ayam hias adalah jenis ayam yang mempunyai bentuk dan postur badan yang cantik dan cocok dipelihara sebagai hewan peliharaan yang eksotis , jenis-jenis dari ayam hias pun beragam dan banyak sekali , mulai dari jenis ayam hias yang asli indonesia sampai jenis ayam hias yang berasal dari luar negri.

Hal yang membuat ayam hias banyak di minati dan dicari oleh masyarakat adalah karena bentuk dari ayam ini yang cukup unik dan lain dari pada jenis ayam pada umumnya hanya saja untuk segi harganya ayam hias termasuk ayam yang mahal karena ayam hias biasanya sangat sedikit dipelihara dan mungkin hanya beberapa peternakan ayam saja yang membudidayakannya. Ayam hias berbeda dengan ayam kampung atau ayam hutan yang mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan ayam hias biasanya mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dengan ayam lainnya seperti misalnya ayam hias sedikit lebih pendek atau kate selain itu bulu ayam ini yang berwarna-warni yang bisa membuat mata segar jika melihatnya.
Di negara indonesia terdapat beberapa jenis ayam hias yang sangat banyak peminatnya, berikut ini jenis - jenis ayam hias yang banyak di minati oleh para pecinta ayam hias di Indonesia

1. Ayam Bekisar
Ayam bekisar yaitu hewan khas Pulau Kangean, Kab. Sumenep, jawa timur. jenis ayam yang menjadi kebanggaan bagi orang yang berasal dari jawa timur. Jenis Ayam ini adalah ayam hasil persilangan antara ayam kampung betina dengan ayam hutan hijau. Kemudian ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol yaitu bentuk bulu leher yang ujungnya bulat atau lonjong bukan lancip. bila dibandingkan dengan ayam jenis biasa maka akan nampak jelas. Ayam Bekisar warna bulunya lebih indah dan terlihat cantik, berdasarkan warna bulunya ada 3 jenis ayam bekisar:
  1. Ayam Bekisar Hitam
  2. Ayam Bekisar Putih
  3. Ayam Bekisar Multi Warna
2. Ayam Sebright
Di Indonesia Ayam sebright disebut juga dengan ayam batik. Disebut ayam batik karena corak warna ayam ini menyerupai motif batik. Ayam hias ini yang berwarna cokelat dan Gold disebut juga ayam sebright Kanada. Ayam yang memiliki bentuk unik ini berasal dari Inggris dan dikembang oleh Sir John Saunders.

Pada awalnya Ayam hias ini memiliki sebuah komunitas penggemar tersendiri yg mana pada awal-awalnya mereka dipelihara sebagai salah satu hewan unggas untuk sebagai pameran saja. Diantara ayam hias ini yang cukup terkenal yaitu ayam “Bantam Breeds".

Meskipun pada saat itu ayam hias ini adalah ayam yang cukup populer di kalangan para pecinta ayam hias, akantetapi dalam pengembangbiakan ayam hias ini seringkali mengalami kesulitan.

Jenis Ayam hias ini terus dipelajari secara ilmiah karena ayam hias ini memiliki warisan berupa warna tertentu yang mempunyai karakter yang sangat unik. Ayam Sebright memiliki postur badan yang relatif kecil, telurnya juga kecil, dan dipelihara bukan untuk ayam potong, hanya untuk ayam hias.

Dari sebuah sumber disebutkan bahwa Ayam Sebright merupakan ayam yang berasal dari Inggris, diketemukan oleh Sir John Sebright. Ayam sebright mempunyai keunikan seperti ekor pada jantan sama dengan pada betina dan bulu batik. Di indonesia ayam jenis ini dikenal dengan nama ayam batik, ayam sebright dengan warna emas atau coklat disebut sebright Kanada dan yang berwarna abu-abu disebut ayam sebright Itali. Ayam sebright termasuk juga ayam kate atau ayam bantam

3. Ayam Hutan Srilangka
Ayam Hutan Srilangka dikenal juga dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon yaitu anggota keluarga burung yg endemik di srilangka. Hewan jenis ini menjadi burung kebangsaan bagi negara srilangka. Ayam hutan Sri Lanka berkaitan erat dengan ayam hutan Merah (G. gallus), atau sejenis ayam hutan liar yg menjadi asas bagi ayam peliharaan pada saat ini. 

4. Ayam Sumatera
Ayam Sumatera merupakan ayam lokal asli Indonesia yang banyak terdapat di Sumatera Barat. Oleh karena itu, jenis ayam lokal ini diberi nama ayam Sumatera. Memiliki postur badan tegap dan gagah, namun ukuran badannya relatif kecil. Ayam Sumatera jantan mempunyai kepala kecil, tapi tengkoraknya lebar.

Bentuk pipinya penuh atau padat, Ayam sumatera memiliki kening yang tebal dan pialnya menggantung ke bawah. Kemudian paruh ayam Sumatera pada umumnya pendek dan kukuh berwarna hitam dan kuping kecil serta berwarna hitam. Ayam Sumatera mempunyai jengger berbentuk wilah dan berwarna merah.

Jenis ayam hias ini juga memiliki kulit muka berwarna merah atau hitam dan ditumbuhi bulu-bulu halus yang jarang. Ayam Sumatera yang jantan memiliki bobot badan sekitar 2 kg, sedangkan ayam Sumatera betina memiliki berat badan lebihkurang sekitar 1,5 kg.

5. Ayam Kapas atau Silkie Hen
Di Indonesia ayam silkie lebih dikenal dengan nama ayam kapas. Jenis ayam hias ini memiliki bulu yang halus seperti kapas dan sangat unik. Kemungkinan ayam hias ini berasal dari China, mempunyai bulu seperti kapas yg mengembang berdiri sehingga akan terlihat besar dari kejauhan. Warna bulunya putih, kemudian dibelakang jengger terdapat jambul yg tumbuhnya mengarah ke belakang. Berat ayam Silkie Hen yang jantan 0,8 kg dan yang betina 0,6 kg. Bulu ayam Silkie/kapas yang panjang yang berfungsi untuk menjaga tubuhnya tetap hangat pada saat iklim dingin di china yg terkadang datang secara tiba-tiba. Ayam ini sama seperti ayam poland karena keunikan bulu, ayam jenis ini sering dijadikan sebagai ayam lomba di beberapa negara. Ayam hias jenis ini juga memiliki keunikan lainnya seperti jari kaki ada 5 berbeda dengan ayam pada umumnya yang hanya berjari 4.

Selain itu daging dan tulang ayam kapas/Silkie Hen berwarna hitam dan dipercaya memiliki banyak sekali khasiat.

6. Ayam Randah Batu
Ayam randah batu merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

Ayam Randah Batu tergolong ke dalam kelas ayam kate. Karakteristik yang mencolok dari ayam Randah Batu terlihat pada kaki dan ruas jarinya yang pendek serta badan yang nampak kekar semakin terlihat jelas karena lingkaran kakinya yang cukup besar.

Sama seperti ayam kampung pada umumnya, Sementara warna bulu ayam randah batu yang sangat menarik membuat jenis ayam dijual dengan berbagai varian warna, seperti jengger wilah, sumpel dan lain sebagainya.

7. Ayam Naked Neck
Naked neck dalam bahasa Inggris sederhana dapat diartikan sebagai leher telanjang. ayam jenis ini tidak mempunyai bulu di bagian leher dan kepalanya. Ayam Naked Neck juga dikenal sebagai transylvanian naked neck karena berasal dari daerah Transylvania. Ayam jenis ini disebut juga dengan nama turken atau Kaalnek.

8. Ayam Nunukan
Ayam nunukan adalah ras ayam lokal yang sangat terkenal di daerah Nunukan, Tarakan. Ciri-Ciri utama dari ayam nunukan yaitu terdapat pada ekor bagian belakangnya yg tidak berkembang.

Sehingga ayam nunukan ini tampak seperti tidak memiliki ekor. bulu ayam ini berwarna coklat dengan sedikit warna hitam pada ujungnya merupakan ciri khas lain yang nampak dominan pada ayam nunukan.

Ayam Nunukan pertumbuhannya berkisar di angka 20 sampai 30% pertahunnya, Sehingga membuat pertumbuhan ayam nunukan jauh lebih cepat dari pada jenis ayam lain. Ditambah lagi produksi telurnya yg dinilai rata-rata jauh lebih tinggi dari pada ayam kampung lainnya.

9. Ayam Modern Game Bantam
Ayam modern game Bantam merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Britania Raya (Inggris) antara tahun 1850 sampai 1900. Ayam modern game bantam merupakan ayam yang dikembangbiakkan untuk tujuan ayam hias, bobot badannya hanya sekitar satu kilogram, namun yang unik dari ayam Modern game bantam yaitu kakinya yang panjang.

Dengan kaki yg panjang dan memiliki badan yang tegak, ayam hias jenis ini sering diperlombakan dalam kontes ayam hias di negara Inggris. Untuk memelihara ayam modern game bantam tidak perlu tempat yang luas, cukup menyediakan kandang dengan ruang yang cukup.

Ayam hias yang satu ini membutuhkan pakan yang rendah kalori untuk menjaga bentuk tubuhnya tetap ramping.




Belum ada Komentar untuk "perbedaan jenis ayam berdasarkan keperluan pemeliharaanya dan ayam hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel