Kelebihan Ayam Birma Kaisar, penyilangan ayam birma DAN jenis ayam hias

PETERNAKAN AYAM DAN Jenis-Jenis Ayam Hias

Jenis-Jenis Ayam Aduan

Kelebihan Ayam Birma Kaisar Sebagai Ayam Petarung


Jenis-Jenis Ayam Aduan- Ayam aduan birma kaisar yaitu salah satu jenis ayam petarung yang memiliki berbagai keunggulan dan kelebihan meskipun dari segi pamor jenis ayam birma kaisar masih kalah dengan jenis ayam aduan lainnya.

Ayam birma kaisar mempunyai gaya bertarung maju dan mundur kemudian ia akan melepaskan serangan dengan agresif , Selain itu jenis ayam aduan birma kaisar juga termasuk ayam dengan mental bertarung yang sangat bagus pantang menyerah sehingga ayam aduan jenis ini memang cocok untuk di jadikan sebagai sabung ayam, sedangkan apabila kita bandingkan dengan jenis ayam birma biasa sebenarnya tidak banyak perbedaan sehingga dapat di katakana mirip. Sebenarnya ayam birma kaisar ini kalau di negara asalnya lebih banyak hidup di daerah perkotaan yg merupakan hasil dari persilangan dari berbagai jenis ayam aduan lain yg memang tujuannya untuk menghasilkan jenis ayam aduan terbaik di arena sabung ayam, namun intinya masih satu jenis dari ayam birma dan untuk masalah postur badan ayam birma kaisar dengan ayam birma biasa juga tidak mempunyai banyak perbedaan yg jauh dan mungkin kedua jenis ayam aduan tersebut hanya mempunyai perbedaan dari namanya saja yang mana seperti kita menyebut ayam bangkok asli yg merujuk pada jenis ayam asli dari bangkok sedangkan ayam bangkok silang memang kini banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia dan tujuannya pun bisa sama yaitu untuk menghasilkan ayam aduan terbaik yg bisa menang ketika diadu di arena sabung ayam. jadi kesimpulannya kedua jenis ayam tidak mempunyai banyak perbedaan.

Namun terdapat hal yg membedakan kenapa ayam birma kaisar pada saat ini masih belum bisa populer seperti ayam bangkok kalau di Indonesia karena memang seperti yang sudah kita ketahui, postur badan ayam birma lebih kecil kalau di bandingkan dengan ayam bangkok.maka dari itu, kalau kita membawa ayam aduan jenis ini ke arena laga, mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk mencari lawan gandeng yang seimbang baik dari segi ukuran maupun berat badannya..

Ayam aduan birma juga memiliki gerakan yang lincah dan gesit karena mempunyai badan yang relatif kecil maka akan sangat mudah bagi ayam ini untuk menggerakkan tubuhnya. akan tetapi, kalau kita adu dengan jenis ayam bangkok, ayam birma tidak berimbang salah satu faktornya yaitu ukuran tubuh dan postur tubuh ayam birma yg terlalu kecil. jadi kalau untuk pertarungan sejenis ayam birma sangat cocok untuk di jadikan ayam aduan akan tetapi bila untuk bertarung dengan jenis ayam aduan yang lainnya maka lebih sulit.

Cara Mengetahui Ciri Ciri Fisik Dan Kelebihan Dari Ayam Birma Kaisar, di bawah ini ringkasannya:

  1. Ayam Birma Kaisar, Memiliki gerakan yang sangat lincah serta gesit di karenakan memiliki postur tubuh yang relatif kecil.
  2. Ayam Birma Kaisar, Memiliki postur tubuh kecil bila kita bandingkan dengan jenis Ayam Bangkok laga pada umumnya.
  3. Ayam Birma Kaisar, dapat di jadikan sebagai pemacek untuk di kawin silangkan dengan jenis Ayam aduan Bangkok yang lain yang mempunyai ukuran lebih besar supaya mendapatkan hasil anakan yang mempunyai ukuran besar serta memiliki teknik seperti pejantannya,
  4. Ayam Birma Kaisar, Memiliki mental yang pantang menyerah ketika sedang bertarung.
=======================================================

Memilih Hasil Silangan Terbaik : Ayam Birma Kaisar
Soal silang-menyilang merupakan hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan, Ada beberapa peternak ayam aduan handal sudah melakukan eksperimen dalam mengawinkan berbagai jenis ayam aduan untuk mendapatkan hasil silangan terbaik. Ayam Birma meskipun pendatang baru menjadi salah satu induk ayam aduan favorit, sehingga kini silangan sangat banyak dilakukan antara lain yaitu Ayam Birma dengan ayam Saigon dan Ayam Birma dengan Ayam Thailand. 

Sebenarnya hal tersebut ada beberapa faktor yg mempengaruhi, untuk beternak ayam aduan tidaklah terlalu sulit namun juga tidaklah terlalu gampang. Antara Ayam Birma dengan ayam Saigon dan Ayam Birma dengan Ayam Bangkok Thailand jika diternakkan dengan cara dan teknik yang tepat, masing-masing sama bagusnya.

Ayam Aduan Birma dengan hi-quality sudah pasti memiliki kekuatan, tidak akan mudah mati dan sulit untuk kalah ketika bertarung dan jika kita silangkan dengan ayam aduan jenis Saigon yang berkualitas bagus akan menghasilkan anakan ayam aduan yang bagus pula dengan karakter yang tahan pukul dan tidak mudah menyerah ketika bertarung. Jika ayam aduan birma dikawin silangkan dengan  Ayam aduan Bangkok Thailand kebanyakan peternak akan mengharapkan memiliki anakan jenis birma dengan ukuran yg lebih besar.

Ayam Birma disilangkan dengan Ayam Saigon akan menghasilkan anakan yang kuah, kokoh dan berotot dengan mempunyai pukulan yang bagus, apalagi kalau pukulan tersebut mengenai kepala ataupun mata, seperti ayam Birma, hanya saja mereka lebih mengandalkan ketepatan pukulan saja dan tidak mengandalkan teknik. Sedangkan ayam Birma dikawinkan dengan ayam bangkok akan menghasilkan anakan dengan pukulan yg sangat kuat, apalagi kalau pukulan tersebut mengenai bagian leher, hal ini akan menimbulkan luka yg sangat berbahaya dan jika pukulan selanjutnya dapat mengenai bekas luka yg pertama maka akan memperbesar kemungkinan ayam tersebut untuk mati/KO.. 

Kembali pada hasil silangan Ayam Birma dan Ayam aduan Thailand. Meskipun hasil silangan yg dihasilkan mempunyai teknik yang bagus dengan pukulan nyawat seperti ciri khas ayam birma, tapi kebanyakan pukulan tersebut tidak terlalu kuat, meskipun tepat sasaran. jika ayam birma disilangkan dengan ayam saigon, maka nantinya akan menghasilkan anakan yang kurang memiliki perhatian pada musuhnya ketika sedang bertarung dan meskipun pukulan yang ayam ini miliki kuat, tapi seringkali tidak tepat sasaran. Akantetapi masing-masing hasil silangan sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga sangat susah bagi kita untuk menentukan mana yg terbaik di antara silangan ayam aduan tersebut. 

Pada saat ini peternak ayam aduan cenderung berusaha menyempurnakan jenis ayam aduan birma, sehingga yg mulanya ayam ini berukuran kecil akan bisa berukuran besar, dengan harapan tersebut maka ayam birma banyak di kawin silangkan dengan ayam bangkok atau ayam aduan saigon. Jika kita berbicara masalah kelebihan dan kekurangan ayam aduan tersebut, masing-masing silangan mempunyai poin-poin yg memperkuat ataupun melemahkan kelebihan masing-masing, karena tergantung dari sisi mana melihatnya. Kalau kita bicara masalah aktivitas dan kelincahan, silangan antara ayam aduan birma dan ayam aduan bangkok memiliki nilai plus, tapi jika bicara mengenai daya tahan tubuh, kekuatan dan kesabaran, ayam birma dan ayam saigon masih menjadi pilihannya. 

Bagaimanapun juga ayam aduan yang kuat, teknik bagus, berotot, pukulan yang akurat dan mudah untuk bisa mengalahkan lawan adalah yang terbaik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sejelek apapun ayam aduan birma kalau dikawin silangkan dengan berbagai jenis ayam aduan, maka salah satu hasil silangannya sudah pasti mempunyai tehnik sebagus induknya, hanya faktor keberuntungan saja yg cukup berperan di sini. 


Baca juga cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam arab, cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam pedaging/broiler, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam aduan bangkok, cara beternak ayam aduan brasil dan cara beternak ayam kalkun.

======================================
PETERNAKAN AYAM HIAS
Jenis-Jenis Ayam Hias

Jenis-Jenis Ayam Hias

Jenis-Jenis Ayam Hias- Mungkin Ayam yang kebanyakan orang kenal ialah hewan untuk dimakan atau untuk diambil telurnya. Padahal, banyak orang yang menternak ayam atau memelihara ayam sebagai hewan kesayangan. Jenis Ayam yang tidak untuk dikonsumsi atau dimakan ini dikenal dengan istilah Ayam Hias. Bahkan ayam-ayam hias ini pun juga mengikuti banyak show, tidak mau kalahlah dengan dog show. Bahkan sejarah mencatat ada beberapa jenis Ayam sudah lama dijadikan sebagai hewan aduan yang menaikkan prestige pemiliknya. Dibawah ini merupakan beberapa Ayam hias unik dari berbagai belahan dunia yang menarik perhatian.


Ayam Cochin
Awalnya ayam cochin ini memiliki nama Shanghai Chickens karena ayam cochin berasal dari Tiongkok, China. Tetapi setelah banyak orang membudidayakanya di daerah Eropa terutama di Inggris, Ayam jenis ini dipopulerkan dengan nama Ayam Cochin. Sementara di Indonesia ayam cochin ini termasuk jenis ayam hias yang cukup langka, populasinya juga masih sedikit.

Ayam Pheasant
Jenis ayam pheasant yang paling populer yaitu lady amherst dan golden pheasant. Di negara indonesia pada awalnya lebih dikenal dengan nama ayam tibet atau ayam hong namun seiring perkembangan zaman akhirnya pada saat ini orang-orang lebih mengenalnya dengan nama ayam pheasant. Untuk keindahan ayam Pheasant sudah tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak media yang menjuluki nya dengan sebutan “bird from paradise”.

Ayam Pelung
Suara kokok ayam ini yang lantang dan berdurasi panjang serta postur badannya yang tinggi besar itulah yang menjadi nilai dari ayam pelung ini. Ayam pelung berasal dari kabupaten cianjur, jawa barat. Jika durasi suara kokoknya panjang atau lama maka harga ayam pelung ini juga bisa semakin tinggi apalagi kalau diikutkan dalam perlombaan atau kontes apalagi kalau menang kontes maka harganya akan sangat tinggi.

Ayam Onagadori dan Phoenix
Ayam Longtail chicken atau  Ayam ekor panjang terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya yaitu black sumatera, yokohama, Ayam onagadori, Ayam phoenix dan lain-lain. Yang menjadi ciri khas keindahan ayam hias jenis ini memang terletak pada bulu ekornya yang sangat panjang, contohnya untuk ayam onagadori bulu ekornya dapat memanjang hingga 6 meter lebih.

Ayam White Silkie He
Ayam White Silkie Hen yaitu ayam yang dikenal juga sebagai Ayam Kapas. ayam ini berasal dari China, karena itulah ayam ini memiliki bulu yang lebat untuk mengantisipasi cuaca dingin di negara asal. Warna bulu yang dominan yaitu putih, dibelakang jengger terdapat jambul yg tumbuh mengarah ke belakang. Keunikan lainnya dari ayam White Silkie He yaitu jari kakinya yang berjumlah 5 buah sangat berbeda dari ayam pada umumnya yang jari kakinya hanya berjumlah 4 buah.

Ayam Poland
Meskipun mempunyai nama Poland, ayam jenis ini bukan berasal dari negara Polandia melainkan dari negara Belanda. Ayam Poland disebut juga dengan Ayam Tanduk atau ayam jambul ada juga yang menyebutnya ayam mahkota karena memang di bagian belakang jengger terdapat bulu yang lebat hampir menutupi bagian matanya. Sehingga jika dilihat dari jarak jauh mata ayam Poland seperti tertutup oleh jambulnya.

Ayam Onagadori
Ayam Onagadori atau disebut juga dengan Ayam berekor panjang, ayam ini berasal dari negara Jepang. Nama Onagadori berasal dari kata “o” yang artinya ekor , “naga” yang berarti panjang dan “dori” yang berarti unggas. Maka secara bahasa berarti unggas dengan ekor yang panjang. Ayam Onagadori di Negara asalnya ekor ayam ini dapat mencapai hingga 15 meter. Sementara di Indonesia hanya dapat mencapai 1,5 meter.

Ayam Kate
Ayam hias yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri, Ayam kate memiliki postur tubuh yang kecil, berkaki pendek dan unik karena mempunyai berbagai kelebihan jika kita bandingkan dengan ayam jenis biasa, terutama dalam hal keindahan penampilan fisik, bulu, jengger dan tingkah laku. Ada beberapa macam ayam kate, antara lain yaitu:
  1. Ayam kate batindo
  2. Ayam kate lokal
  3. Ayam kate Bangkok
  4. Ayam kate cochin
  5. Ayam kate Emas
  6. Ayam kate kaki pedang

Ayam Ketawa
Seperti namanya ayam ini memang mempuyai suara seperti orang yang sedang tertawa, ayam ini memiliki suara yang khas menjadikan ayam ini sebagai ayam aduan, kategori suara ayam ini terbagi menjadi 3 pertama suara dangdut, suara ketawa gretek dan suara slow. tapi untuk kalian yang ingin memelihara ayam jenis ini untuk dijadikan sebagai binatang hias dirumah ayam ini tepat untuk kalian pilih selain memiliki suara yang khas ayam ini juga akan menjadi sorotan banyak orang.


Baca juga cara beternak ayam pedagin/ayam broiler, cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam mutiara, cara beternak ayam aduan birma, cara beternak ayam aduan bangkok, cara beternak ayam aduan pakhoy, cara beternak ayam aduan brasil, cara beternak ayam aduan filipina, cara beternak ayam arab dan cara beternak ayam kate.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Ayam Birma Kaisar, penyilangan ayam birma DAN jenis ayam hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel