ayam aduan dan ciri khasnya, Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Sisik Batu Rantai

PETERNAKAN AYAM ADUAN

sisik kaki ayam aduan terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Sisik Batu Rantai

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Sisik Batu Rantai - Kaki ayam aduan secara umum dikenal sebagai senjata utama dalam berlaga, Baik tidaknya pukulan seekor ayam aduan terletak pada kaki nya. Kaki juga merupakan tempat untuk ditumbuhi sepasang taji yang digunakan untuk melukai lawan. Maka dari itu, kaki ayam aduan yaitu bagian dari fisik ayam yang perlu untuk kita pertimbangkan untuk memilih seekor ayam aduan sebagai ayam petarung karena akan sangat sia-sia nantinya kalau ayam dengan tehnik bagus tapi memiliki kaki yang tidak bagus, hal itu akan berdampak pada kekuatan pukulan yang tidak memiliki efek negatif atau pukulan yang dilepaskan tidak dirasa oleh lawan ketika bertarung. Tipe kaki ayam aduan sangat banyak jenisnya diantarannya yaitu ; sisik batu lapak, ayam aduan sisik batu rantai, bahkan juga ada sisik satria sinekti, namun dalam artikel kali ini yang akan kita bahas yaitu sisik ayam batu rantai.

Kemudian dalam dunia ayam aduan, semua saling berkaitan. Mulai dari bentuk paruh, bentuk sisik kaki, bentuk kepala, bentuk badan, teknik bertarung, teknik bertahan, serta masih banyak lagi. Dalam hal ini, kita sebagai orang yang sangat hobi dengan ayam aduan sudah selayaknya paham dan mengetahui apa saja yang berkaitan dengan ayam aduan itu. Mungkin salahsatu yang belum terlalu familiar yaitu mengenai keistimewaan ayam aduan sisik batu rantai. Apa dan bagaimana kelebihan dan juga keistimewaanya, berikut penjelasannya:

Ayam aduan sisik batu rantai yaitu ayam aduan yang memilki ciri di bagian bawah jari terdapat sisik kaki yang berderet ke ujung jari dan sisik-sisik tersebut terdapat di bagian jari, kalau kita menemui ayam aduan yang ada sisik di bagian tengah dan jari, sisik-sisik itu dinamakan sisik batu lapak. Sisik batu rantai ini tentunya dapat menjadi salahsatu cara dalam menentukan ayam aduan yang baik untuk petarung.

Kelebihan atau keistimewaan sisik kaki ayam aduan batu rantai.

Setelah kita memahami apa yang dimaksud dengan ayam aduan sisik batu rantai, tentu kita juga harus mengetahui keistimewaan (katuranggan) ayam aduan sisik batu rantai ini. Ada beberapa kelebihan atau keistimewaan pada ayam aduan ini, berikut kesimpulan yang mengenai kelebihan atau keistimewaan ayam aduan batu rantai yang kami rangkum dari beberapa sumber :

  1. Ayam aduan sisik batu rantai ini akan memilki sikap atau gaya tarung yang sangat ulet meskipun ayam aduan jenis itu dalam hal bertarung biasa saja.
  2. Ayam aduan sisik batu rantai memilki mental yang cukup kuat
  3. Ayam aduan sisik batu rantai memilki pukulan yang bisa membuat ayam lawan jadi kesakitan
  4. Ayam aduan sisik batu rantai memiliki stamina yang mudah kembali. Caranya yaitu dengan memberikan air / pengairan  maka stamina akan kembali seperti semula.
  5. Pukulan ayam sisik aduan batu rantai ini bisa mengenai ke saraf ayam lawan
  6. Warna rawis yang cocok dengan sisik batu rantai yaitu warna merah, karena warna merah disegani ayam lain.

Kekurangan atau kelemahan ayam aduan batu rantai

Selain kelebihan yang tentunya kita harapkan, ayam aduan batu rantai juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Dengan kita tahu apa saja yang menjadi kekurangan atau kelemahan ini, kita bisa menutupnya dengan cara dilatih apa yang menjadi kekuranganya. Dibawah ini merupakan beberapa kekurangan atau kelemahan ayam aduan batu rantai :

  1. Biasanya jenis Ayam aduan sisik batu rantai sangat rentan terkena penyakit bubul, ditelapak kakinya
  2. Ayam aduan sisik batu rantai tidak cocok menjadi ayam jalu, akan tetapi lebih cocok menjadi ayam pukul
  3. Ayam aduan sisik batu rantai pergerakanya kurang agresif.
  4. Ayam aduan sisik batu rantai kurang cocok di abar di arena yang basah
Adapun hal yang bisa kita lakukan untuk menutupi kekurangannya ketika bertarung yaitu jangan mencari gandengan dengan ayam sisik naga temurun, karena ayam seperti ini juga memiliki pukulan yang setara.


====

Kelebihan dan kekurangan ayam aduan kaki panjang atau tinggi

keunggulan kaki panjang pada ayam aduan

Kelebihan dan kekurangan ayam aduan kaki panjang atau tinggi

Keistimewaan dan kekurangan ayam aduan kaki panjang atau tinggi - Kaki Ayam Aduan merupakan senjata yang dimiliki oleh ayam petarung, karena dari tendangan ataupun sepakan kakinya inilah ayam aduan bisa menghajar lawan hingga KO di dalam arena tarung. Sangat banyak tipe dan ukuran kaki ayam aduan itu. Dan juga ada berbagai jenis bentuk sisik kaki ayam aduan itu, ada kaki buaya ada naga temurun dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tinggi dan pendeknya kaki ayam aduan dan juga membahas mengenai kemampuan bertarungnya.

Ayam aduan dengan kaki panjang ataupun kaki pendek memiliki tipe tersendiri dalam bertarungnya. Semuanya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. 

Ayam Aduan yang berkaki panjang tidak selalu diunggulkan dalam pertandingan sabung ayam walaupun mungkin dengan kaki yang lebih panjang ayam itu bisa mendapatkan jangkauan pukulan yang relatif lebih panjang namun dalam pertandingan aduan ayam hal itu tidak terlalu berpengaruh. Terkadang ayam aduan yang berkaki pendek bahkan lebih berbahaya karena ayam dengan kaki yang pendek mempunyai pukulan yang lebih akurat.

Baiklah kita akan langsung menjelaskan mengenai kelebihan dan kelemahan kaki ayam aduan yang panjang:

1. Kaki Panjang Pada Ayam Aduan
Kaki panjang atau tinggi itu merupakan ukuran yang menjadi tumpuan dalam suatu pertandingan aduan ayam. Selain menjadi tumpuan, kaki ayam aduan ini juga berguna untuk memukul lawan. Kaki ayam aduan yang panjang yaitu kaki yang mempunyai ukuran panjang dan pukulan yang cukup keras. Ayam aduan dengan model/tipe kaki panjang ini terlihat begitu sangar dan gagah. Ayam aduan tipe seperti ini sering dicari oleh para pecinta ayam aduan.

2. Kekuatan Kaki Panjang Pada Ayam Aduan
Ayam Aduan atau ayam petarung dengan kaki panjang akan sangat mudah dalam melakukan serangan terhadap lawan ketika bertarung, karena ketinggian kaki ini bisa membuat gerak ayam menjadi lebih leluasa. Ayam aduan dengan tipe/model ini memiliki kekuatan pukulan yang sangat keras karena konstruksi tulangan pada kakinya rapat dan kuat.

3. Kelebihan/Keunggulan Ayam Aduan Kaki Panjang
Ada beberapa keunggulan atau kelebihan yang di miliki oleh ayam aduan kaki panjang, kelebihanya antara lain yaitu sebagai berikut :
  1. Mempunyai kuda-kuda yang kuat
  2. Seranganya terhadap lawan dapat berubah-ubah
  3. Dapat menguasai arena
  4. Ayam aduan dengan kaki seperti ini mempunyai gerakan yang agresif
  5. Mempunyai pukulan yang sangat keras
4. Kelemahan atau Kekurangan Ayam Aduan Kaki Panjang
Selain memiliki keunggulan atau kelebihan, ayam aduan dengan kaki panjang juga mempunyai kelemahan. Kelemahan-kelemahan ini kalau tidak kita antisipasi dapat menyebabkan ayam aduan kita kalah di arena tarung. Ada beberapa kelemahan ayam aduan kaki panjang :
  1. Sulit untuk menghadapi ayam dengan teknik nikus
  2. Sulit jika menghadapi pertarungan bawah
  3. Sulit untuk menghadapi lawan dengan teknik pranggal
Nah mengapa ayam aduan dengan tehnik nikus dan pranggal ini menjadi titik lemahnya ayam kaki panjang, karena ayam aduan dengan tehnik pranggal ataupun tehnik nikus ini bisa mengolongi ayam yang kakinya panjang. Kemudian setelah terkolong, ayam aduan dengan tehnik ini akan langsung memukul tanpa henti,,ayam kita bisa keok/KO.

Makanya untuk mengantisipasi hal ini, sering-sering lah ayam aduan kita dilatih konsentrasinya dengan cara bertarung dengan ayam dengan tehnik pranggal dan nikus.


=====
Cara Membaca Karakter Ayam Aduan
ciri-ciri dan karakter ayam aduan yang bagus

Cara Membaca Karakter Ayam Aduan - Selain memiliki tulangan yang bagus, seekor ayam aduan juga dituntut untuk memiliki tehnik bertarung yang indah. Namun bagaimana kalau kita hendak memilih seekor ayam aduan tanpa harus mencobanya terlebih dahulu?? pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips atau cara membaca karakter serta tehnik bertarung ayam aduan untuk memudahkan dalam memilih ayam petarung tanpa harus diabar terlebih dahulu. Untuk membaca karakter ayam aduan dan juga teknik nya bisa dikatakan cukup mudah karena kita hanya perlu melakukan pengamatan pada ayam aduan yang akan kita pilih.


Selain untuk memilih seekor ayam aduan, cara membaca tehnik dan karakter ayam aduan juga bisa digunakan dalam adu ayam untuk meraih kemenangan. Bagi penghobi ayam aduan untuk mencapai kemenangan hendaknya juga perlu untuk memahami teknik dan karakter ayamnya dan juga karakter ayam lawan. Disamping itu dalam mencapai sebuah kemenangan dalam aduan ayam juga tidak terlepas dari kualitas dari ayam aduan itu sendiri, selain itu ayam aduan tersebut dalam kondisi sehat bebotoh juga ikut menentukan kemenangan itu sendiri karena kalau keputusan bebotoh salah dalam menentukan lawan tandingnya maka kemenangan dalam arena aduan akan sulit di dapat bahkan siksaan dan kekalahan yang akan terjadi pada ayam.

Bagi yang sudah berpengalaman, penampilan fisik dari seekor ayam aduan sangat diyakini bisa menggambarkan ciri-ciri karakternya. Meskipun ini tidak menjamin seratus persen, tetapi ini akan sangat berguna sebagai bahan referensi jika anda mencari 'gandengan' di arena aduan ayam.

Bentuk Kulit Muka Ayam Aduan
  1. Kulit muka tebal berkerut-kerut menandakan tekniknya yang kalem dan lebih tahan menerima pukulan lawan.
  2. Kulit muka yang tipis menandakan ayam aduan tersebut gesit namun lebih rentan menerima pukulan lawan.
Bentuk Jengger Ayam Aduan
  1. Jengger yang besar menandakan tipe teknik ayam yang lebih 'kalem'.
  2. Jengger ayam aduan kecil menunjukan teknik yang lebih gesit.
Bentuk kepala Ayam Aduan
  1. Bentuk kepala yang terlihat besar menandakan 'ayam bodoh'. 
  2. Bentuk kepala ayam aduan yang lebih kecil seperti buah pinang biasanya ayam lebih cerdik.
Bentuk Ekor Ayam Aduan
  1. Ekor yang panjang mencirikan teknik yang kalem.
  2. Ekor ayam aduan yang pendek itu menandakan teknik dan pukulan yang lebih cepat dan sangat gesit.
Bentuk Badan Ayam Aduan
  1. Bentuk badan ayam aduan yang tegap ketika berdiri itu menandakan tipe teknik bermain di atas.
  2. Badan ayam aduan yang sedikit membungkuk itu menandakan ayam aduan lebih banyak bermain di bawah.
Bentuk Paha Ayam Aduan
  1. Jarak kedua paha yang lebar (sama dengan atau lebih besar dari telapak tangan yang dimasukan diantaranya) itu menandakan pukulan ayam aduan yang keras. Terlalu lebar jalu kurang galak.
  2. Jarak kedua paha yang lebih rapat menandakan pukulan yang cepat. Terlalu sempit pukulan tidak sakit.
  3. Paha ayam aduan yang berbentuk seperti paha belalang memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yang sangat baik.
  4. Paha yang mirip seperti 'paha ayam goreng' pukulan akan 'tirus' (semakin lama akan semakin berkurang bobotnya).
Bentuk Leher Ayam Aduan
  1. Tulang leher ayam aduan yang besar mencirikan ayam bukan tipe peluk. Lebih cenderung monoton dalam teknik tarungnya.
  2. Leher ayam aduan yang lebih kecil itu menandakan pergerakan leher dan kepala lebih luwes dan kemungkinan mempunyai kuncian yang lebih baik.
Bentuk Tulang dada Ayam Aduan
  1. Tulang dada panjang itu menandakan ayam mempunyai daya tahan pukul yang baik, memiliki pukulan keras, tetapi kurang lihai memukul rapat.
  2. Tulang dada pendek mempunyai pukulan yang lengkap dan akurat namun kurang kuat dalam menahan pukulan lawan.

Mohon dimaafkan jika data ini kurang tepat.

Baca juga cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam aduan, cara membasmi ayam sakit, dan cara pengobatan cacingan pada ayam

Belum ada Komentar untuk "ayam aduan dan ciri khasnya, Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Sisik Batu Rantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel