ayam kurang nafsu makan dan cara menambah nafsu makan pada ayam bangkok aduan dan obat-obatannya

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Cara merawat ayam bangkok aduan

CIRI-CIRI  DAN GEJALA AYAM BANGKOK ADUAN YANG KURANG NAFSU MAKAN

Menambah Nafsu Makan Pada Ayam Aduan - Sering terjadi ayam bangkok aduan yang memiliki nafsu  makan yang kurang baik akan berakibat pada pertumbuhan ayam bangkok aduan itu sendiri. Masalah kurangnya nafsu makan ayam bangkok aduan ini akan sangat merugikan khususnya untuk para peternak ayam bangkok aduan. Bagaimana tidak, kalau nafsu makan ayam bangkok peliharaan kita nafsu makannya berkurang maka pertumbuhan ayam bangkok ini akan lebih lama dan hanya menambah biaya perawatan saja.  Kalau masalah ini tidak segera diatasi maka akan berdampak lebih buruk nantinya, contohnya saja kondisi tubuh ayam bangkok aduan akan semakin turun bobot badannya dan akan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Setelah terserang berbagai macam penyakit maka ayam bangkok aduan ini akam membutuhkan biaya tambahan atau lebih parahnya lagi mungkin ayam bangkok ini mati, tentu saja ini sangat merugikan bagi para peternak ayam bangkok aduan.


Seperti yang telah disebutkan diatas Ayam bangkok aduan yang nafsu makan nya kurang baik maka nantinya akan berakibat pada pertumbuhan ayam bangkok aduan itu sendiri. berbeda dengan nafsu makan ayam bangkok aduan yang besar, dan pertumbuhan yang baik serta kondisi sehat akan berjalan seperti yang kita harapkan. ayam bangkok aduan yang nafsu makannya besar, maka dapat dipastikan ayam bangkok peliharaan kita cepat bertambah besar dan juga sehat. kendala dalam kurangnya nafsu makan ayam bangkok aduan ini membuat kecewa para penghobi atau peternak ayam bangkok. Apabila tidak segera diatasi akan berdampak lebih buruk lagi nantinya, seperti kondisi tubuh ayam bangkok aduan akan semakin turun bobot badannya dan lebih mudah terserang penyakit berbahaya.

Ayam bangkok aduan yang mulai lemah/lesu, sayap melemah, hidung berair, bulu kusut dan lain sebagainya itu merupakan sebagian dari gejala nafsu makan ayam bangkok aduan kurang besar. suhu terlalu tinggi dan suhu terlalu rendah serta pergantian suhu yang tidak menentu karena perpindahan tempat disertai cara pemberian pakan, jenis pakan yang diberikan untuk ayam serta kualitas pakan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ayam bangkok aduan agar cepat besar.

Salahsatu cara membuat ayam bangkok aduan berkualitas tentunya harus diiringi dengan pemberian makanan yang cukup gizi dan juga seimbang. jenis makanan ayam atau pakan ayam bangkok yang baik harus mempunyai kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi. dengan ditambah ransum yang kaya protein tinggi seperti keong, ikan atau tepung ikan membuat campuran pakan protein yang dicampur dengan bekatul atau dedak yang halus, masih baru dan bagus dirasa perlu dengan komposisi yang stabil misalnya 20:40:40 dalam pemberian pakan setiap harinya untuk ayam bangkok aduan.

CIRI-CIRI  DAN GEJALA AYAM BANGKOK ADUAN YANG KURANG NAFSU MAKAN

Gejala nafsu makan ayam Bangkok aduan berkurang bisa kita tandai dengan ciri-ciri seperti  lesu, sayap melemah, hidung berair, bulu kusut dan lain sebagainya. Penyebab lainnya ayam bangkok aduan nafsu makannya berkurang bisa disebabkan juga karena suhu terlalu tinggi ataupun suhu terlalu rendah serta pergantian suhu yang tidak menentu karena perpindahan tempat/ kandang disertai cara pemberian pakan untuk ayam bangkok, jenis pakan dan kualitas pakan tersebut sangat mempengaruhi nafsu makan pada ayam bangkok aduan.

Penyebab kurangnya nafsu makan ayam

Penyebab kurangnya nafsu makan ayam bangkok aduan alangkah baiknya diteliti terlebih dahulu penyebab ayam bangkok kurang dalam nafsu makan nya. Penyebab ayam bangkok kurang nafsu makan misal ada yang karena cacingan, atau karena penyakit dalam lainya. Setelah kita teliti lebih dalam , baru kita dapat menyimpulkan dan bisa memberikan penanganan yang tepat untuk ayam bangkok tersebut. Dibawah ini akan kami uraikan mengenai beberapa tips agar nafsu makan ayam bangkok bertambah, silahkan disimak untuk lebih jelasnya:

  1. Sebaiknya ayam bangkok tersebut diberi tambahan pakan yang bervariasi. Misalnya tambahan makanan untuk menambah nafsu makan ayam bangkok aduan tersebut:  1) Memberikan ubi, singkong atau talas mentah atau direbus juga bisa. 2) Menambahkan  sayur-sayuran seperti daun pepaya, daun singkong, bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Selain dapat menghemat biaya pakan yang dikeluarkan, sayur-sayuran dan ubi-ubian tersebut mempunyai berbagai kadar nutrisi yang sangat bagus sehingga bisa berdampak baik untuk ayam bangkok aduan salahsatunya menyehatkan tubuh ayam sehingga nafsu makannya baik.
  2. Berikan bumbu dapur, seperti jahe, bawang merah dan bawang putih,. Cara membuat dan pemberiannya yaitu siapkan bawang putih 3-4 siung, jahe 3 batang diiris hingga halus ditambah parutan 10 gram jahe lalu campurkan pada pakan setiap pagi untuk 10 ekor ayam bangkok dewasa.
  3. Apabila pada ayam bangkok sudah terjadi nafsu makan berkurang, langkah yang pertama yang perlu dilakukan yaitu menambah air minum untuk ayam tersebut dengan catatan kadar air dalam pakan tidak melebihi 14% yang nantinya akan membantu menambah nafsu makan ayam bangkok aduan ini.
  4. Sebaiknya berikan pakan untuk ayam bangkok dengan jumlah yang sesuai (tidak terlalu banyak) agar tidak ada makanan yang tersisa. Karena apabila masih ada makanan yang tersisa dikuatirkan akan menimbulkan bau dan juga mikrobia yang sangat berbahaya bagi percernaan ayam bangkok aduan. Sehingga menimbulkan penyakit dan nafsu makan ayam bangkok berkurang.  Pemberian jumlah makanan untuk ayam bangkok disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin ataupun aktivitas ayam bangkok.
  5. Untuk komposisi pakan utama  yang diberikan untuk ayam bangkok aduan sebaiknya jangan diubah-ubah misalnya saja ayam bangkok diberikan pakan dengan komposisi konsentrat, jagung, dedak dan bekatul dengan perbandingannya 20:40:40 maka sebaiknya komposisi seperti ini jangan terlalu sering diubah karena ayam bangkok aduan ini harus menyesuaikan kembali dengan rasa komposisi itu. Akan tetapi untuk komposisi ransum atau pakan tambahan untuk ayam bangkok itu bisa disesuaikan dengan kondisi daerah si ayam tersebut. Misalnya untuk daerah dingin kandungan karbohidrat dan proteinnya perlu ditingkatkan.
  6. Untuk menambah nafsu makan ayam bisa juga kita gunakan jahe sebesar 2 ibu jari  dan diparut lalu diperas air parutannya kemudian dicampur dengan 1 kuningan telur itik, selanjutnya diminumkan pada ayam bangkok tersebut. Ramuan ini bisa kita berikan untuk ayam bangkok dewasa seminggu sekali, selain dapat meningkatkan nafsu makan ayam, jika diberikan pada ayam jantan akan meningkatkan nafsu kawinnya.
  7. Pemberian obat cacing untuk ayam bisa menjadi salahsatu hal yang sangat penting sebab ayam bangkok aduan yang nafsu makannya kurang itu bisa terjadi karena berbagai macam hal. Bisa saja ayam sedang sakit atau bisa juga karena cacingan, untuk mengatasi penyakit cacingan tersebut bisa kita berikan obat cacing secara rutin misalnya 2 atau 3 bulan sekali tergantung keadaan ayam bangkok itu sendiri.
  8. Menggunakan minyak ikan. minyak ikan ini terbukti berkhasiat untuk meningkatkan pola makan ayam bangkok aduan, karena minyak ikan banyak mengandung protein dan vitamin yang bagus untuk ayam bangkok aduan.
  9. Bisa juga untuk menambah nafsu makan ayam dengan menggunakan tehnik lapar. Yaitu dengan mempuasakan ayam bangkok tersebut dalam beberapa hari, ayam bangkok hanya diberi air putih saja. Setelah 2 sampai 3 hari, maka nafsu makan ayam bangkok aduan ini akan menjadi meningkat.
  10. Menambah nafsu makan ayam bangkok aduan dengan menggunakan obat dari pabrik. Obat-obatan yang bisa di gunakan adalah pizotifen (efek dan kinerja mirip dengan cyproheptadine), obat yang mengandung cyproheptadine (digunakan pada hewan untuk meningkatkan nafsu makan), atau lysin (asam amino, di gunakan pada sirup untuk menambah nafsu makan pada anak atau balita).

Demikianlah sedikit informasi mengenai CARA MENAMBAH NAFSU MAKAN PADA AYAM BANGKOK ADUAN, data ini di rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "ayam kurang nafsu makan dan cara menambah nafsu makan pada ayam bangkok aduan dan obat-obatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel