Manfaat pemberian cacing tanah untuk ayam bangkok aduan agar stamina dan tenaganya kuat

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Manfaat pemberian cacing tanah untuk ayam bangkok aduan

Cara merawat ayam aduan

Perawatan Ayam Bangkok Aduan - Tenaga ayam bangkok aduan yang kuat akan lebih mudah dalam meraih kemenangan dalam suatu pertandingam ayam laga, begitu juga sebaliknya. Karena tenaga ayam bangkok aduan yang minim akan mengakibatkan ayam bangkok aduan mudah capek yang akhirnya pergerakan ayam bangkok akan semakin lambat, Baik saat menghindar dari pukulan lawan ataupun ayam bangkok tersebut sedang  melancarkan serangan pukulan.

Selain perawatan yang tepat terhadap ayam bangkok, ayam laga ini juga membutuhkan tambahan makanan dan multivitamin untuk memperoleh kebugaran tubuh dan juga meningkatkan stamina tubuh. Untuk memperoleh hasil ayam bangkok aduan yang memiliki tenaga dan stamina yang kuat, hendaknya ayam bangkok tersebut mendapatkan perawatan secara rutin dan selalu mendapat makanan tambahan yang cocok dan baik untuk aksi laga nantinya.

Perawatan Ayam Bangkok Aduan

Setelah ayam bangkok secara rutin mendapatkan perawatan yang baik dan benar, selain itu ayam bangkok ini juga memerlukan makanan untuk membangun dan sebagai cadangan tenaga bila dibutuhkan ayam sewaktu diadu. Untuk jenis-jenis makanannya ayam bangkok bisa di berikan pakan seperti beras merah. Tapi pada dasarnya pakan atau makanan ayam bangkok seperti beras merah, gabah dan jagung bisa diberikan sesuai dengan suhu dilingkungannya, karena pemberian makanan untuk ayam bangkok aduan yang tidak sesuai bisa berdampak pada stamina ayam bangkok tersebut. Seperti pada suhu yang dingin ayam bangkok aduan diberi makan jagung maka secara otomatis ayam bangkok aduan akan mengalami penuaan bulu dan akan mudah bagi ayam bangkok aduan berganti bulu, sehingga pada waktu ayam bangkok aduan berganti bulu tersebut ayam bangkok ini akan mempunyai stamina yang buruk. Oleh karena nya makanan ayam bangkok aduan untuk suhu lingkungan yang tidak terlalu dingin bisa kita berikan makan beras merah.

Vitamin bagi ayam petarung

Setelah ayam bangkok aduan ini sudah mendapatkan makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh nya, Selanjutnya untuk mendapatkan ayam bangkok dengan pukulan yang berbobot dan kuat, ayam bangkok aduan ini bisa diberikan makanan tambahan diantaranya seperti cacing tanah.

Cacing tanah merupakan jenis makanan ayam bangkok aduan yang mengandung tinggi protein yang sangat baik untuk diserap ayam bangkok sewaktu ayam diadu. Karena ayam bangkok ketika diadu pada airan ketiga dan seterusnya ayam bangkok biasanya sudah kehabisan sumber tenaga yang dihasilkan dari karbohidrat dari dalam tubuh yang akhirnya ayam bangkok tersebut akan menyerap semua protein dari dalam tubuh nya sebagai sumber tenaga. Maka dari itu, Cacing tanah merupakan makanan yang sangat bagus untuk diserap dalam tubuh ayam aduan, karena cacing tanah mengandung protein yang cukup tinggi.

Cacing tanah selain mengandung protein yang sangat tinggi, cacing tanah juga mengandung taurin yang dapat meningkatkan proses metabolisme lemak yang kemudian di ubah menjadi ATP atau energy. Efek tersebut sangat berguna bagi ayam bangkok aduan yang sedang bertarung di arena pertandingan.

Adapun kandungan dari cacing tanah tersebut diantaranya yaitu mengandung protein sebesar 76%. dan juga asam amino. Selain itu juga terkandung seperti karbohidrat 45%, asam amino sebanyak 17%, serta kandungan lemak dan abu yang hanya 1,5%.

Bukan hanya itu saja manfaat cacing tanah bagi ayam bangkok, masih banyak manfaat lain, diantaranya yaitu:

  1. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh ayam. Cacing tanah mempunyai enzim yang dapat untuk menghancurkan lemak jahat di sistem sirkulasi darah ayam. yang kemudian sistem peredaran darah ayam bangkok tersebut akan menjadi lebih lancar.
  2. Obat diare. Diare atau mencret yaitu penyakit yang sering di temui oleh para peternak ayam aduan. Cacing tanah sebagai salahsatu obat tradisional yang mampu untuk menyembuhkan penyakit ini (diare/mencret). Sifat dari cacing tanah menjadi anti bakteri bagi bakteri shigella dan juga  E.Coli yang  menjadi penyebab mencret atau diare pada ayam bangkok.
  3. Melancarkan pencernaan. Cacing tanah seperti kita ketahui bersama bahwa mengandung banyak sekali protein yang bisa membantu proses aktivitas biologis tubuh ayam aduan khususnya untuk membantu kekuatan ketika melakukan pertarungan. Kandungan seluosa, katalisator dan enzim, yang di butuhkan tubuh ayam bangkok untuk proses metabolisme banyak terdapat di dalam tubuh cacing tanah. Oleh karena itu secara tidak langsung, cacing tanah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ayam.

Adapun untuk pemberian cacing tanah tersebut bisa diberikan 2 kali dalam seminggu. Untuk porsinya ayam bisa diberi 2 sampai 4 ekor cacing tanah tergantung besarnya, kalau cacing tanah tersebut sebesar pensil cukup berikan 2 saja. Sedangkan cara pemberian cacing tanah untuk ayam yaitu: bersihkan terlebih dahulu cacing tanah tersebut dari kotoran yang ada dalam perutnya lalu dipotong-potong kecil supaya mudah ditelan oleh si ayam. Atau jika cacingnya kecil bisa langsung dilolohkan pada si ayam bangkok. Faktanya kalau ayam bangkok aduan secara rutin diberi makan seperti di sebutkan diatas, sewaktu diadu ayam bangkok tersebut akan memiliki tenaga stabil dan tidak mudah lelah hingga pada airan keempat stamina ayam bangkok aduan masih stabil, jenis makanan tersebut juga akan sangat berpengaruh pada kekuatan pukulan ayam. Pukulan ayam akan lebih berbobot dan terlihat stabil sampai akhir pertandingan.

Demikianlah uraian singkat mengenai MANFAAT MEMBERIKAN CACING TANAH UNTUK AYAM BANGKOK ADUAN.

Data ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Manfaat pemberian cacing tanah untuk ayam bangkok aduan agar stamina dan tenaganya kuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel