Cara yang paling mudah Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah Atau Lepas

PETERNAKAN AYAM ADUAN

penyebab paruh ayam aduan lepas atau patah

Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah Atau Lepas - Paruh pada ayam memiliki berbagai macam fungsi seperti halnya mulut pada manusia. Sangat banyak manfaat paruh diantaranya digunakan untuk makan, minum atau untuk mematuk saat bertarung. Paruh merupakan bagian tubuh ayam yang sangat penting sehingga kita perlu menjaga supaya paruh ayam peliharaan kita benar-benar dalam keadaan sehat terutama pada saat ayam ini akan bertarung. Namun, sering kali pada saat bertarung paruh ayam terkelupas bagian luarnya sehingga ayam aduan ini tidak dapat mematuk dan akan sulit untuk meraih kemenangan, oleh karena nya mau tidak mau kita harus menghentikan jalannya pertandingan. Tentu saja hal ini sangat merugikan apalagi kalau pertandingan tersebut memperebutkan gelar. Namun ada juga yang memaksakan melanjutkan pertandingan dengan mengelem paruh yang terkelupas, Sebaiknya hal seperti ini jangan dilakukan karena sama saja kita menyiksa ayam.

Selain akibat dari pertarungan lepasnya paruh pada ayam jago bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu akibat kecelakaan misalnya saja wadah makanan yang keras sehingga pada saat ayam makan paruh terus-terusan bergesekan dengan wadah tempat makanan tersebut, ataupun karena beradu paruh dengan ayam lain dikandang.

ada beberapa cara dan langkah- langkah dalam merawat ayam aduan paruh patah atau lepas


Dalam sebuah pertarungan ayam laga terjadi nya luka sudah menjadi hal yang biasa. Mungkin salah satunya adalah paruh patah atau lepas terkena pukulan atau pada saat mematuk lawan. Untuk paruh ayam aduan yang patah atau lepas ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, harus segera kita lakukan penanganan lebih lanjut. Mengobati paruh ayam aduan yang patah atau lepas diperlukan cara merawat serta penanganan yang tepat dan juga teratur. Karena jika tidak segera dilakukan penanganan secara cepat dan benar, maka ayam aduan yang paruhnya patah atau terlepas ini akan terus mengalami kesakitan dan tak jarang dapat mengakibatkan kematian. 

Oleh karena nya, dibawah ini ada beberapa cara dan langkah- langkah dalam merawat ayam aduan paruh patah atau lepas, caranya sebagai berikut:


1.  Pertama, kita usap dengan air hangat pada bagian paruh ayam yang patah lalu beri obat anti inflamasi bisa Merek Trombophop ataupun merk yang lainnya. Sebaik nya untuk pemberian obat jangan diberikan setiap hari, tetapi cukup 2 hari 1 kali saja sudah cukup.

2.  Atau, dengan mengusap paruh ayam aduan yang patah sesering mungkin dengan menggunakan air hangat kemudian olesi kunir ataupun kapur sirih atau bisa juga menggunakan bawang putih pada pagi dan sore hari. Pengobatan ini bisa menghilangkan bakteri yang ada supaya tidak terkena infeksi akibat luka yang terbuka. 

3.   Pemberian makanan untuk ayam aduan yang mudah dicerna dan jangan memberi pakan yang keras dalam masa penyembuhan. 


Selain langkah-langkah seperti di atas masih ada alternatif lain untuk menangani paruh ayam aduan yang patah, dibawah ini penjelasannya:


1.  Menurut dari pengalaman beberapa para peternak ayam laga, yang paling cepat untuk memulihkan kondisi paruh ayam yang patah atau lepas adalah dengan mengoleskan belimbing wuluh pada pangkal patuk, bukan pada ujungnya tetapi pada pangkal paruh ayam dekat jengger atau pial ayam. Hal ini bertujuan supaya mempercepat proses pertumbuhan paruh dan penuaan paruh yang baru. Karena kadar asam pada belimbing wuluh sangat tinggi, sehingga dapat merangsang proses pertumbuhan paruh ayam menjadi lebih cepat.

2.    Kemudian selain itu diberi makan jagung yang di rendam dalam air dingin semalam, selain paruh ayam aduan ini tidak kotor juga akan menambah kalsium, kalsium berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tulang baru.

3.   Apabila paruh ayam aduan lepas bisa juga di obati dengan cara seperti ini :
  1. Bersihkan terlebih dulu paruh ayam aduan tersebut
  2. Ambil putih telur lalu oleskan di paruh ayam yang lepas ini
  3. Tempelkan paruh yang lepas itu dengan putih telur ke paruh si ayam tersebut
  4. Untuk hasil yang baik bisa diikat dengan benang supaya putih telur tadi lebih merekat, harus hati-hati.
  5. Kurang lebih 1-2 minggu benang sudah bisa dibuka kembali. Cara seperti ini untuk membantu paruh yang baru tumbuh kuat dan juga untuk melindungi paruh yang sedang tumbuh  dan masih lunak.
4.  Untuk asupan makanan, sementara di beri pakan yang lembek atau lunak dulu. Misalnya di beri makan  pur + nasi dalam kondisi hangat. Hasilnya akan lebih baik jika di beri secara rutin.

5.  Sedangkan untuk pencegahan paruh ayam aduan patah bisa dengan  diolesi isi cabe rawit pada paruhnya. Karena hal ini terbukti ada manfaatnya, akan tetapi perlu diingat setelah lama tidak diolesi, kebanyakan paruh ayam aduan ini mudah rusak ketika bertarung, oleh karenanya lebih baik diolesi secara konsisten supaya mendapat hasil yang maksimal. Ini merupakan ilmu jaman dulu yang sering diterapkan pada burung puyuh dengan fungsi untuk memperkuat paruh. Dulu burung puyuh di jawa tengah jaman kerajaan dibuat untuk bertarung seperti ayam aduan. Selain cabe rawit, bawang putih juga bisa digunakan untuk memperkuat paruh ayam aduan/ ayam laga.

Demikian artikel tentang Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah Atau Lepas, yang kami olah dari beberapa sumber, semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara yang paling mudah Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Patah Atau Lepas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel