ayam petarung, Merawat Bulu Ayam Aduan Atau Ayam Laga Dan Cara Menyambungkan Bulu Ayam Aduan Yang Patah

PETERNAKAN AYAM ADUAN

CARA PENYAMBUNGAN BULU AYAM ADUAN YANG PATAH

Merawat Bulu Ayam Aduan/ Ayam Laga

Merawat Bulu Ayam Aduan/ Ayam Laga - Ayam Jago atau ayam aduan yang diturunkan ke dalam arena adu ayam dirasa memiliki kualitas sebagai ayam jago istimewa. bukti nyata ayam jago milik para penghobi ayam laga sebagai ayam unggul ketika ayam jago yang diadu memukul dan mengalahkan lawan tanding, bahkan terkadang sampai mematikan ayam lawan agar juara dalam pertandingan aduan ayam. cara istimewa dalam merawat ayam aduan dibutuhkan supaya ayam aduan tersebut selalu berada dalam kondisi fit baik dari sisi mental, tenaga, daya tahan, kecepatan dan faktor-faktor penting lainnya.

Dalam sebuah arena adu ayam, ayam jago yang diadu mempunyai teknik tarung ayam yang berbeda-beda bawaan dari masing - masing ayam aduan tersebut. misalnya teknik tarung ayam kontrol, nyayap, pranggal, ngalung, solah, ngandul, ndongkrak dan lainnya. stamina ayam ini akan terkuras dalam pertarungan ayam, bahkan tak jarang bulu ayam aduan ini bisa rusak bahkan bisa patah akibat bertarung. Apabila bulu ayam aduan tersebut rusak ataupun patah, merawat bulu ayam aduan tersebut bisa dengan cara disambung ataupun bisa juga ditusuk pada pangkal, atau bisa juga di sambung tempel. perawatan bulu ayam aduan dirasa perlu supaya pesona dan kharisma ayam jago tetap terjaga. bahkan ada anggapan bahwa bulu ayam aduan istimewa dapat menunjukan kualitas dari ayam jago tersebut.


Cara Ke 1

CARA PENYAMBUNGAN BULU AYAM ADUAN YANG PATAH


Alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam merawat bulu ayam aduan yang rusak patah
  1. Pisau lipat
  2. Lem power glue.
  3. Tang potong.
  4. Jarum pentul (pentulnya dibuang).
  5. Bulu penyambung (Sebaiknya bentuk harus diupayakan sama dengan bulu yang patah di sayap tersebut).
  6. Selongsong pangkal bulu yang sudah dipotong 2 centimeter.
Lakukan langkah-langkah dan cara merawat bulu ayam aduan seperti berikut ini:
  1. Pertama potong bulu ayam yang akan dijadikan sambungan. kemudian sesuaikan ukuran dengan bulu yang patah tersebut dan panjang bulu harus diatur supaya serasi dengan bulu - bulu lain di sayap.
  2. Setelah itu tusukan jarum pentul yang telah dibuang pentulnya ke dalam bulu yang sudah dipotong tadi. sebelum ditusukan, terlebih dahulu celupkan jarum ke dalam power glue.
  3. Kemudian Ujung jarum yang lain ditusukan ke dalam bulu yang patah. (jangan lupa jarum tersebut diberi power glue terlebih dulu).
  4. Lalu tekan secara perlahan-lahan, hingga bulu menyatu dengan baik. penusukan harus lurus.
  5. Setelah itu ambil selongsong pangkal bulu dan belah menjadi 2 bagian.
  6. Kemudian sambungan bulu yang sudah terpasang di beri lem power glue.
  7. Lalu rekatkan selongsong yang sudah dibelah 2 tadi.
  8. Lalu tekan agar menempel erat.
Untuk merawat bulu ayam aduan/ ayam laga dengan cara tempel 
bahan-bahan yang diperlukan menggunakan pisau cutter, lem sepatu ( pakai lem fox), dan sambungan bulu ayam. langkah yang pertama yaitu dengan merapikan bulu ayam aduan yang akan di sambung kemudian potong dengan pisau cutter bagian ujungnya secara miring arah atas ke bawah dengan kemiringan 45 derajat dan sambungan bulu ayam yang telah disediakan, dengan arah bawah ke atas dengan kemiringannya 45 derajat. kemudian setelah itu, pastikan ukuran sambungan dan panjangnya sudah pas dan cocok untuk dipasang pada ayam jago/ ayam aduan. dengan penggunaan lem fox pada masing-masing sambungan bulu ayam tersebut, secukupnya. terakhir, kalau sudah kering, tempelkan masing-masing ujung sambungan bulu ayam aduan tersebut, ketika ditempelkan. dan jangan lupa posisi atau kemiringan sambil di perhatikan.

==========================================================

Cara Ke 2

CARA PERAWATAN BULU AYAM ADUAN YANG PATAH


Pada dasarnya kerusakan pada Bulu Ayam Aduan tersebut memang cukup mengganggu dan juga selain dari segi tampilannya cenderung juga dapat menghambat aktifitas Ayam laga tersebut sehari - harinya. terlebih lagi Ayam Aduan/ Ayam Laga tersebut sedang proses produksi Laga ataupun untuk sekedar di gebrak maka kita sebagai pemilik dari ayam aduan tersebut cukup kebingungan dan juga kewalahan dalam hal merapikan Bulu Ayam jago tersebut dalam jangka singkat dan sedangkan jika bulu–bulu Ayam Aduan/ Ayam Jago tersebut ada yang rusak maka akan sangat berpengaruh sekali dalam hal mengontrol ketika ayam ini bertarung di arena. 

Cara Cepat Dan Singkat Menyambungkan Bulu Sayap Ayam Jago/Ayam Laga Yang Patah 
- Dalam hal Menyambungkan Bulu di bagian sayap ayam aduan/ ayam laga merupakan salah satu Cara yang paling cepat dan juga alternatif yang cukup efektif dan juga efisien di karenakan kita tidak perlu untuk menunggu tumbuhnya bulu-bulu yang baru ataupun menunggu sampai Ayam jago/ ayam laga tersebut mabung dan juga Cara yang paling cepat dan metode penyambungan bulu juga dapat diterapkan pada Ayam aduan/ ayam laga yang pada dasarnya sudah patah - patah dan dalam artikel kali ini kami akan membahas Cara yang paling cepat menyambungkan bulu Sayap pada Ayam aduan atau ayam laga Yang Patah, Berikut ini uraiannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam Menyambung Bulu Sayap Ayam Aduan/ Ayam Laga Yang Patah.

Bagian Bulu Ayam aduan atau ayam laga yang sudah kita siapkan dan bulu - bulu yang masih baru bekas mabung bulu Ayam yang lain sudah kita siapkan ataupun tidak sedikit dari pemilik Ayam laga yang sengaja menaruh bulu - bulu tersebut untuk nantinya dapat dipakai ketika di dibutuhkan.
Bahan-bahannya:
  1. Lem yang lumayan kuat dan juga aman. 
  2. Obeng kecil ataupun jarum yang ukuran besar yang berfungsi untuk melubangi tulang bulu untuk tempat pin atau untuk sambungannya.
  3. Pin yang memakai bahan dasar potongan bambu, tulang bulu, atau lidi. 
 Cara Menyambungkan Bulu Sayap Ayam Aduan/ Ayam Laga Yang Patah
  1. Potong terlebih dahulu bagian bulu yang sudah rusak dengan menggunakan cutter atau pisau pemotong. Faktor yang sama dilakukan juga pada bulu pengganti yang telah kita siapkan 
  2. Setelah itu buat satu buah lubang pada bagian tulang bulu dari kedua bulu tersebut, baik yang menempel pada tubuhnya maupun di bagian penggantinya dan juga lubang ini yang nantinya bisa dimasukin pin. 
  3. Kemudian masukkan pin ke dalam lubang bulu yg akan di gunakan untuk menambahkan 
  4. Lalu pada bagian sambungan di lem dengan menggunakan lem yang kuat dan sejak mulai menyambungkan bulu-bulu pengganti tersebut di bagian tulang bulu yg tetap menempel pada tubuh Ayam jago tersebut. 
  5. Selanjutnya rekatkan di bagian sambungan dengan memakai lem power glue. 
  6. Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan bulu pengganti pada bagian bulu yg masih menempel pada bagian tubuh Ayam Aduan/ Ayam Laga tersebut dengan cara memasukkan pin lewat lubang yang sudah dibuat tadi. Kalau pin terlalu panjang kita juga bisa memotong pin tersebut hingga mendapatkan ukuran yang sesuai atau cocok. 
  7. Lalu rekatkan kembali dengan menggunakan lem supaya sambungan dapat menempel dengan kuat. 
  8. Terakhir biarkan sampai lem tersebut mengering.
Demikianlah cara mudah menyambung Bulu Sayap Ayam Aduan, data ini kami rangkum dari beberapa sumber, Semoga bermanfaat...

Belum ada Komentar untuk "ayam petarung, Merawat Bulu Ayam Aduan Atau Ayam Laga Dan Cara Menyambungkan Bulu Ayam Aduan Yang Patah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel