ayam aduan, Langkah-langkah atau Cara melatih fisik ayam bangkok aduan agar tubuhnya kuat ketika bertarung

PETERNAKAN AYAM ADUAN

CARA MENINGKATKAN STAMINA AYAM BANGKOK ADUAN

Melatih Ayam Bangkok Aduan Agar Fisiknya Kuat

Cara Melatih Ayam Bangkok Aduan Agar Fisiknya Kuat - Beternak ayam bangkok aduan berbeda dengan beternak ayam hias, ayam sayur, atau ayam jenis lainnya. Ayam bangkok aduan dirawat dan dibesarkan selain supaya mempunyai tubuh yang sehat, juga di upayakan agar mempunyai kemampuan bertarung yang hebat.

Kemampuan bertarung ayam bangkok aduan tidak akan maksimal kalau hanya mengandalkan genetik ayam aduan tersebut. Walaupun berasal dari trah juara, ayam aduan tersebut tetap perlu dilatih supaya terbiasa dengan tehnik - tehnik bertarung melalui penerapan metode latihan fisik secara rutin.

Cara Melatih Fisik Ayam Bangkok Aduan

Dalam artikel ini, akan di jelaskan secara umum tentang bagaimana cara melatih ayam bangkok aduan supaya fisiknya menjadi kuat dan memiliki kemampuan bertarung yang maksimal. Latihan - latihan tersebut antara lain yaitu latihan berbagai macam senam, pernapasan, latihan mental dan latihan lari.

Melatih Ayam Bangkok Aduan

Tetapi secara garis besar, latihan untuk ayam bangkok aduan itu bisa bermacam-macam misalnya.
  1. Lari atau putar Manfaatnya untuk menguatkan napas (stamina) dan pembentukan otot paha secara natural/ alami. Selain itu juga berguna melatih mental atau semangat tarung.
  2. Umbar dihalaman fungsinya Menambah stamina dan kesegaran
  3. Renang Manfaatnya untuk menguatkan hampir seluruh otot-otot tubuh dan meningkatkan stamina ayam bangkok tersebut.
  4. Pale (push up, jantur, urut,) Manfaatnya biasanya khusus ditujukan untuk membentuk otot-otot tertentu seperti paha, sayap, leher,.
  5. Abar/ gebrak Fungsinya untuk meningkatkan stamina, otot, daya tahan pukul dan mental ayam bangkok.
  6. Abar bungkus patok manfaanya untuk meningkatkan mental, stamina dan teknik tarung ayam bangkok.
  7. Umbar pasir fungsinya untuk melenturkan atau mengendurkan seluruh otot badan ayam yang kaku.

  1. Pelatihan sebelum ayam bangkok turun ke arena.
  2. Untuk soal melatih ayam bangkok sebelum turun ke arena tarung biasanya setiap pagi sebaiknya ayam di mandikan dan dijemur ayam antara pukul 9 sampai pukul 12 siang kurang lebih selama 1 jam (tergantung cuaca), kemudian ayam bangkok tersebut sekalian di puterin sekitar kurang lebih 5 menit setelah itu ayam bangkok ini diumbar di kandang umbaran yang luasnya 2x2 meter (kalau ada) sampai sore kalau tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu ayam bangkok tersebut kembali ke kandang istirahat (Box).
  3. Makanan atau pakan yang diberikan untuk ayam bangkok aduan.
  4. Untuk pakan atau makanan Ayam bangkok cukup kita beri pakan sehari-hari dan dalam seminggu sekali cukup diberi 1 butir telur itik, kalau untuk obat - obatan cukup kita beri B compleks 1 minggu 2x2 butir setelah ayam bangkok ini makan sore. Sebagai Catatan : hentikan pemberian telur itik/ayam dan juga obat-obatan tiga hari sebelum ayam bangkok akan diadu.

MEMBENTUK OTOT BUAT AYAM BANGKOK ADUAN

  1. Kliteran pada ayam bangkok aduan bisa kita lakukan setiap hari lamanya berkisar 30 menit sampai 2 jam itu juga tergantung pada kondisi ayam bangkok tersebut dan nafsu berlari ayam setelah selesai ayam bangkok ini baru dimandikan dan di jemur sampai bulunya kering benar setelah itu diumbar bebas istirahat sebelum latihan gebrak antara 1 - 3 hari dengan tetap diumbar setiap hari tetapi jangan sampai ayam ini mandi pasir (kandang umbaran khusus ayam bangkok siap adu beralas karpet ataupun lainnya)
  2. Latihan khusus untuk memperkuat otot-otot dan juga stamina pada ayam bangkok aduan bisa kita lakukan dengan lari mengelilingi kandang pada pagi hari kemudian ayam bangkok ini dimandikan dan dijemur secukupnya setelah benar-benar kering bulunya, masukan ayam bangkok ini kekandang umbaran seminggu sekali digebrak mulai dari 5 menit sampai 2 air tapi harus secara bertahap dengan perlakuan semacam ini biasanya kondisi otot-otot ayam bangkok aduan menjadi kuat dan lentur jangan memandikan ayam bangkok ini pada sore hari setelah matahari terbenam karena bulu-bulu ayam yang belum kering benar tapi sudah dikadangkan akan menjadikan bulu-bulu ayam bangkok kusam dan ayam bangkok ini menjadi bantat ( keras, kaku tidak lincah ).
  3. Makanan atau pakan utama lebih baik mengikuti kesukaan ayamnya kalau ayam bangkok ini suka padi merah beri saja padi merah tapi kalau ayam bangkok ini suka jagung kasih saja jagung burung yang terpenting adalah porsi pakan atau makanan jangan sampai berlebihan karena nanti ayam bangkok aduan ini bisa kegemukan, makan cukup pagi sarapan segenggam, siang beri suplemen vitamin c dan b compleks pada waktu sore makan full/satu takaran.
  4. Jika anda mau bentuk otot ayam bangkok yang peraktis selain di jajal agar ayam bangkok kita tidak ada luka tapi ototnya bagus caranya adalah kalau anda ada kolam di sekitar rumah ayam bangkok ini di untal suruh berenang di kolam tersebut, kolam nya jangan terlalu dalam untuk jaga-jaga kalau ayam bangkok aduan kita tidak bisa berenang jadi ayam bangkok kita suruh berenang terus kalau ke pinggir untal lagi ke tengah kira-kira bila ayam bangkok kita sudah capek baru di angkat kemudian di kasih liaran jika ayam bangkok yang sudah profesional bisa tahan sampai 20 hingga 30 menit tapi bila ayam pemula biasanya di bawah 15 menit.
  5. Untuk adu ayam jenis sambung taji/ pisau sebaiknya kondisi ayam aduan ini jangan kegemukan. lincah dan cepat melemparkan pukulan maka akan besar potensi nya untuk menang, untuk hal ini ayam jenis trah Pilipina paling baik kualitasnya.
PERAWATAN AYAM BANGKOK SETIAP HARI
Perawatan rutin dilakukan tiap hari :
  1. Pada waktu pagi sekitar jam 7 (apabila ada sinar matahari) ayam bangkok aduan dimandikan, lalu dijemur paling lama 2 jam atau lihat kondisi pada saat itu, kemudian ayam bangkok ini di pindah ke kandang umbaran sampai siang (jam 12 siang), setelah itu masukkan ke kandang tidur, sekitar jam 3 dilepas sebentar/kliter pakek babon dan di beri makanan dengan takaran tertentu, kemudian di lap langsung masukkan kandang untuk tidur dua hari sekali beri untuk ayam bangkok ini multivitamin, gula merah dan buah tomat.
  2. Pagi ayam bangkok aduan ini dimandikan, jemur lebihkurang 4 jam lihat keadaan cuacanya, jam 1 baru di beri makan setelah ayam bangkok ini makan dimasukan ke umbaran agar ayam bangkok bergerak bebas sambil mencerna makanannya, jam 5 masuk kurungan kasih istirahat.
Persiapan ayam bangkok sebelum di adu.
  1. Setiap hari rawatan seperti biasa.
  2. Kurang 1 minggu beri untuk ayam bangkok ini telur, jeruk pecel dan madu sedikit.
  3. Kurang 5 hari ayam bangkok ini di suntik neorobian 0,5 ml dan hentikan pemberian jamu.
  4. Pada keesokan harinya > hari ke 1 dan hari ke 2 ( selama 2 hari ) seperti biasanya.
  5. Pada hari ke 3, setelah ayam bangkok ini di beri makan di lepas bentar dan langsung di masukkan kurung untuk tidur ( rumatan ½ hari )/ tidak di keluarkan sampai hari ke 5.
  6. Keesokan harinya ( hari ke 4 ) ayam bangkok ini tidak di keluarkan atau di karantina 1 hari penuh.
  7. Pagi kliteran selama lebihkurang 2 jam terus dimandikan, jemur, kurang 1 minggu ayam bangkok ini di beri daging kambing mentah sebesar ibu jari agar kulit''nya cepat merah menyala, kurang 5 hari beri jamu; kencur, jahe, temulawak, secukupnya tumbuk sampai halus lalu suapkan untuk ayam bangkok tersebut,setelah ayam bangkok ini di beri jamu ayam ini tidak perlu di jemur cukup di taruh di umbaran saja, kurang 1 hari ayam bangkok aduan ini di karantinakan tidak boleh ada ganguan dari ayam'' lainya.
Perlakuan Setelah Ayam Bangkok di adu
  1. Di suntik teramisin 0,5 ml.
  2. Di beri untuk ayam bangkok ini 2 kapsul trimisin.
  3. Luka di beri obat tetayokcin/betadine.
  4. Mandikan ayam dengan rebusan daun sirih dan jahe.
  5. Sekitar 4 atau 5 hari, lihat kondisi ayam bangkok aduan tersebut, di lepas bebas beri babon dan beri minum air gula.
  6. Pada hari Berikutnya ayam di mandikan dengan air hangat ( bagian yang luka ) sampai kerak lukanya ngelupas, sekitar 2 sampai 3 hari, setelah itu rawat ayam bangkok aduan ini seperti biasa sampai seterusnya (sampai ayam bangkok ini siap di adu lagi ).
  7. Ayam bangkok dikasih makan yang lembek''/buah''an pisang, tomat, pepaya, obatnya cukup di kasih rematan/super tetra/sulpadiasin.
Demikian salah satu cara perawatan ayam aduan tentunya tiap peternak terkadang mempunyai cara yang berbeda-beda sekalipun tujuannya sama.

Belum ada Komentar untuk "ayam aduan, Langkah-langkah atau Cara melatih fisik ayam bangkok aduan agar tubuhnya kuat ketika bertarung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel