Ayam berukuran besar, 5 jenis Ayam yang memiliki ukuran tubuh besar

PETERNAKAN

5 Jenis Ayam yang berukuran besar

Jenis-jenis Ayam yang berukuran besar

Jenis-jenis Ayam yang berukuran besar - Pada umumnya varietas ayam peliharaan yang banyak terdapat indonesia mempunyai postur dan bobot badan yang tidak terlalu besar atau hanya berukuran sedang, namun tau kah anda di beberapa negara ada ayam peliharaan yang mempunyai postur badan yang sangat besar jika kita perhatikan bentuk badannya jauh berbeda dengan ayam pada umumnya yang ada dinegara kita.


Dalam artikel kali ini kami ingin berbagi info tentang varietas atau jenis-jenis ayam terbesar yang ada di beberapa negara. Semua varietas Ayam yang ada dalam daftar ini dipilih dari berdasarkan kriteria postur tubuh dan bobot badannya. Berikut varietas ayam tersebut :

  1. Ayam Orpington
  2. Ayam Orpington berasal dari kota Orpington, Inggris Tenggara. Ras ayam Orpington ini pertama kali “diciptakan” oleh seorang yang bernama William Cook yaitu sekitaran tahun 1886 dengan menyilangkan varietas ayam Langshan, Minorca dan Ayam Plymouth rock. Ayam Orpington pada awalnya lebih didominasi oleh warna hitam. Namun dengan seiringnya waktu warna lain seperti warna merah bata, warna putih, merah dan warna loreng juga bermunculan. Selain itu jenis Ayam Orpington ini termasuk ras mongoloid yang mempunyai postur badan besar dan bulat, ayam jenis orpington ini juga memiliki dada yang lebar, kepala relatif lebih kecil dengan jengger bilah yang kecil pula. Untuk Bobot jantan dapat mencapai 4,5 kg. Sedangkan untuk yang betina 3,6 kg. Ayam Orpington ini banyak diternakkan sebagai ayam pedaging dan petelur. Ayam Orpington juga sangat produktif dengan jumlah telur berkisar antara 175 sampai 200 butir pertahun. Ayam Orpington bahkan pernah tercatat bertelur hingga 340 butir per tahun.
  3. Ayam Sussex
  4. Ayam Sussex merupakan varietas ayam tertua dan paling populer di tanah Inggris. Ayam sussex diperkirakan masuk ke Inggris sewaktu kerajaan Romawi menginvasi kepulauan tersebut tahun 43 Masehi. Ayam Sussex ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Mempunyai bentuk tubuh gempal seperti ayam dari kelompok mongoloid pada umumnya. Untuk Bobot jantan bisa mencapai 4,1 kg dan bobot betina 3,2 kg. Ayam sussex memiliki beberapa varian warna seperti: kuning (light), merah, merah bata (buff), perak dan warna totol (speckled). Warna putih jarang ditemukan. Ayam Sussex ini tergolong ayam dwiguna yang diternakkan sebagai ayam pedaging dan petelur. Ayam Sussex betina mampu menghasilkan antara 180 sampai 320 butir telur per tahun. Ayam Sussex termasuk ayam yang jinak, sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Ayam sussex sangat menyukai pekarangan terbuka yang luas dan banyak ditumbuhi rumput. selain itu Ayam Sussex juga sering digunakan sebagai ayam kontes.
  5. Ayam Australorps
  6. Ayam Australorp yaitu varietas ayam yang dikembangkan di negara Australia sekitaran tahun 1890-1900-an. Indukan utama ayam Australorps yaitu ayam Orpington yang berasal dari ayam milik Joseph Partington dan William Cook di Inggris. Kemudian Ayam jenis Orpington  tersebut dikawinkan dengan ayam jenis Rhode Island Red untuk mendapatkan turunan ayam petelur dengan produktifitas yang tinggi. Selanjutnya untuk meningkatkan produktifitas telur, turunan ayam Orpington dan Rhode Island Red kemudian disilangkan lagi dengan beberapa varietas ayam petelur unggulan lainnya seperti Ayam Minorca, Ayam White Leghorn, Ayam Langshan dan Ayam Plymouth Rock. Turunan yang dihasilkan kemudian disilangkan kembali dengan Ayam Orpington supaya diperoleh generasi dengan tampilan yang seragam dan juga stabil.

    Hasil dari persilangan peternak lokal ini kemudian dikenal dengan nama Australian Black Orpingtons yang disingkat Australorps. Ayam Australian Black Orpingtons (Australorps) kemudian menjadi pemegang rekor sebagai ayam petelur paling produktif di dunia. Pada umum nya dalam setahun seekor ayam Australorps betina mampu menghasilkan telur sebanyak kurang lebih 364 butir, ayam Australorps betina dapat bertelur setiap hari. Jika kita bandingkan dengan tetuanya ayam Orpington yang hanya menghasilkan maksimal 340 butir telur pertahun, Ayam White Leghorn (320 butir) dan Ayam Rhode Island (312 butir) per tahun. Ayam Australorps mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar. Postur tubuhnya menyerupai ayam Orpington, namun bedanya ayam ini lebih ramping. Ayam Australorp umumnya berwarna hitam dengan bentuk kepala sedang dan jengger berbentuk bilah berukuran sedang. Bobot pejantan 4,7kg. bobot betina 4,2 kg. Mempunyai bobot yang besar maka ayam ini banyak dijadikan sebagai ayam pedaging. Berbagai kelebihan ini menjadikan ayam Australorp dianggap sebagai salah satu ayam ras terbaik.
  7. Ayam Cochin
  8. Ayam Cochin berasal dari China dan diekspor ke Inggris dan Amerika pada pertengahan abad ke-19. Ayam Cochin memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dengan bobot jantan bisa mencapai 5 kg dan betina 4 kg. Ayam Cochin memiliki postur besar membulat dengan kepala agak sedikit kecil berjengger bilah. Ayam Cochin juga memiliki bulu yang sangat lebat hingga menutupi seluruh kakinya. Dulunya ayam Cochin dipelihara sebagai ayam pedaging dan petelur. Namun kini ayam cochin lebih banyak dipelihara di pekarangan untuk dijadikan sebagai ayam hias.
  9. Ayam Croad Langshan
  10. Ayam Croad Langshan merupakan salah satu varietas ayam tertua di China.  Ayam Croad Langshan mempunyai bentuk tubuh tinggi besar berbentuk U dengan bobot dapat mencapai 5 kg pada jantan dan 3,5 kg pada betina. Selain itu juga Ayam jenis Croad Langshan memiliki peran yang cukup penting dalam dunia peternakan ayam karena menjadi salah satu indukan dari banyak varietas ayam seperti: Marans, Barnevelders, Orpington, Jersey Giant dan lain-lain. Warna hitam yang terdapat pada ayam Croad Langshan hapir mirip warna bulu ayam Sumatra yang dilengkapi warna hijau mengkilap saat diterpa matahari. Ayam Croad Langshan memiliki bentuk kepala kecil dengan jengger bilah berukuran sedang.

Nah itulah 5 lima jenis ayam peliharaan yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

Belum ada Komentar untuk "Ayam berukuran besar, 5 jenis Ayam yang memiliki ukuran tubuh besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel