keunggulan dan kelebihan beternak ayam kampung

PETERNAKAN AYAM KAMPUNG

keunggulan atau kelebihan beternak ayam kampung

Beternak Ayam Kampung / Manfaat Dan Keunggulan/Kelebihan Beternak Ayam Kampung

Keuntungan Beternak Ayam Kampung - Ayam kampung atau dikenal juga dengan sebutan ayam buras, merupakan ayam lokal asli Indonesia dan ayam jenis ini sudah dipelihara oleh masyarakat sejak dari zaman dahulu. Di kampung-kampung kita dapat dengan mudah menemukan ayam jenis ini. Biasanya masyarakat indonesia memelihara ayam jenis ini sebagai usaha sampingan. Ayam kampung memiliki banyak keunggulan bila di bandingkan dengan ayam jenis lain nya, terutama dari segi kualitas daging dan telur nya. 

Dan berikut informasi mengenai Keuntungan dari beternak ayam kampung :

  1. Daging Ayam kampung lebih gempal dan berotot, dan rasa daging ayam kampung sangat enak.
  2. Ayam kampung bisa digunakan sebagai ayam pedaging ataupun sebagai ayam petelur.
  3. Harga jual dari daging dan telur ayam kampung jauh lebih tinggi daripada jenis ayam lain nya.
  4. Nilai gizi telur ayam kampung jauh lebih besar manfaat nya jika dibandingkan dengan telur unggas jenis lain nya. Rasa telur ayam kampung lebih enak dari pada telur ayam ras,

Dan berikut adalah uraian singkat tentang Keunggulan/Kelebihan dan Manfaat Beternak Ayam Kampung:

Manfaat Dan Keunggulan/Kelebihan Beternak Ayam Kampung.

  1. Kualitas Daging Ayam Kampung Lebih Unggul
  2. Keunggulan dari ayam kampung adalah kualitas dagingnya yang lebih unggul bila dibandingkan dengan daging ayam jenis lainnya, rasa daging ayam kampung jauh lebih enak di bandingkan ayam jenis lainnya. Untuk memelihara ayam kampung juga lebih menguntungkan karena ayam kampung ini diperliharanya dengan cara di umbar, jadi ayam-ayam kampung ini akan mencari makan sendiri sehingga hasil untungnya juga berlipat-lipat. Selain itu telur ayam kampung yang banyak dicari oleh masyarakat sebagai bahan campuran jamu dan lainnya, telur ayam kampung memang memiliki banyak manfaat serta nutrisi, dan telur ayam kampung juga mampu meningkatkan vitalitas kesehatan, sehingga tidak heran jika telur ayam kampung ini juga bisa mendatangkan keuntungan bagi kita yang memeliharanya.

  3. Taraf Kematian Ayam Kampung Rendah
  4. Jika dilihat dari taraf kematian nya, beternak ayam kampung juga lebih mudah bila kita bandingkan dengan ayam jenis lainnya karena ayam kampung memiliki sistem kekebalan tubuh atau mempunyai daya tahan tubuh yg lebih bagus dibandingkan dengan ayam jenis lain, sehingga ayam kampung ini memiliki angka kehidupan yang lebih bagus dibanding dengan ayam jenis lainnya. 
    Keunggulan  Ayam Kampung lainnya adalah Ayam kampung ini tidak mudah sakit, tubuh ayam kampung lebih prima sehingga kita sebagai peternak tidak perlu khawatir akan kematian yang meningkat ketika ayam kampung ini masih dalam keadaan DOC/Anakan. Kita sebagai peternak ayam hanya perlu membuatkan pakan ayam yang berkualitas dan memberikannya secara rutin.

  5. Harga Jual Ayam Kampung Lebih Mahal
  6. Harga jual ayam kampung juga tentu lebih menggiurkan bila dibandingkan dengan harga jual ayam ras atau ayam jenis lainnya, sehingga tidak heran jika Keunggulan/Kelebihan dan Manfaat Beternak Ayam Kampung membuat kita akan lebih menyukai beternak ayam kampung. 

  7. Permintaan Pasar Yang Tinggi
  8. Salahsatu keunggulan/kelebihan dari beternak ayam kampung adalah permintaan pasar yang tinggi membuat kita akan lebih mudah untuk menjualnya, Mungkin berbeda dengan hewan ternak lain seperti bebek yang permintaan pasarnya tidak begitu stabil.

  9. Konsumen Ayam Kampung
  10. Pasar dari peternak ayam kampung tentu sudah jelas, sehingga kita tidak perlu lagi bingung untuk menjual hasil ternak ayam kampung yang akan kita lakukan. Setelah panen ayam kampung peliharaan, kita bisa menjualnya kepada pedagang ayam kampung di pasar, atau bahkan kita bisa menjualnya secara langsung kepada konsumen aghar hasilnya lebih banyak. 
    Kemudian juga beternak ayam kampung memang lebih menguntungkan karena banyak orang yang lebih menyukai dagingnya dan telurnya, sehingga akan sangat mudah bagi kita untuk menjual hasil panen. 
Itulah beberapa Keunggulan atau kelebihan dan juga manfaat beternak Ayam Kampung. Jika anda menggeluti ternak ayam kampung ini dengan serius dan membuat suatu kerja sama yang baik dengan konsumen secara langsung dengan skala besar seperti restoran dan swalayan yang menjual daging ayam mentah. Tentu kita akan dengan cukup mudah bisa mendapatkan hasil keuntungan yang lebih besar, namun tentu kita sebagai peternak ayam kampung harus bisa memenuhi kebutuhannya setiap hari, Akan tetapi kita membutuhkan banyak modal dan tempat serta lahan yang luas untuk melakukan nya.
Data ini kami rangkum rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "keunggulan dan kelebihan beternak ayam kampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel