Beternak ayam cemani dan ayam broiller, Manfaat dan khasiat daging dan telur ayam cemani

PETERNAKAN AYAM CEMANI

Manfaat daging dan telur ayam cemani bagi tubuh

Manfaat daging dan telur ayam cemani - Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki ciri-ciri badan yang hitam pekat dan hampir seluruh tubuh dari ayam cemani ini berwarna hitam, Postur tubuh Ayam cemani berbeda dengan ayam pada umumnya, ayam cemani badannya lebih gempal dan gemuk. Jika dilihat ayam cemani hampir mirip dengan ayam hutan namun yang membedakannya adalah warna dari tubuh ayam cemani tersebut yang hampir seluruhnya berwarna hitam, mulai dari bulu, kulit, bahkan daging ayam cemani ini berwarna hitam kemerah-merahan. Ini sangat berbeda dengan ayam pada umumnya yang diternakkan untuk diambil daging dan telurnya. Ayam cemani tidak sepopuler seperti ayam jenis lainnya namun banyak mitos yang mengatakan bahwa ayam cemani mempunyai khasiat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. ayam cemani tidak begitu banyak di ternakkan mungkin salah satunya karena peminat akan daging ayam cemani tidak begitu banyak.


Ada sebagian orang yang mempercayai bahwa ayam cemani dapat mengusir roh jahat atau pun dapat menangkal datangnya roh jahat, namun benar atau tidaknya itu kembali kepada kepercayaan kita masing-masing. 

Berikut ini kami akan uraikan beberapa khasiat ayam cemani bagi kesehatan tubuh manusia, data ini kami rangkum dari beberapa sumber.

  1. Daging ayam cemani
  2. Manfaat dan khasiat daging dan telur ayam cemani bagi tubuh
    Ada sebagian daerah di indonesia, daging ayam cemani di gunakan sebagai sesajen pada saat acara-acara tertentu. Seperti pada saat acara adat di padu dengan nasi tumpeng membuat ayam cemani ini begitu istimewa. Selain itu mineral yang terkandung di dalam daging ayam cemani sangatlah banyak sehingga dapat melawan berbagai macam bibit penyakit dalam tubuh manusia. Mungkin bagi anda yang sering merasa sakit-sakitan silakan mengkonsumsi daging ayam cemani secara rutin supaya terhindar dari berbagai penyakit. Kemudian juga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan diberi asupan dari daging ayam cemani. Selain itu dengan mengkonsumsi daging ayam cemani juga mampu menyembuhkan penyakit radang sendi, Radang sendi atau arthritis merupakan gangguan kesehatan sendi yang sangat menyakitkan. Bahkan apa bila sudah cukup parah dapat mengakibatkan kelumpuhan. Oleh karena nya sebelum terlalu parah, ada baiknya Anda mengobati dengan menggunakan daging ayam cemani. Dikarenakan kandungan selenium dan mineral didalam daging ayam cemani dapat mencegah sekaligus mengurangi gejala radang sendi.

  3. Telur ayam cemani
  4. Seperti ayam kebanyakan ayam cemani juga bertelur namun yang membedakan dengan telur ayam lainnya adalah telur ayam cemani berwarna agak kehitaman. Telur ayam cemani yang berwarna hitam ini di yakini oleh sebagian orang adalah sebagai pembawa hoki, jika telur ayam cemani ini di simpan maka di percaya orang yang menyimpan telur ayam cemani ini akan selalu tertimpa rejeki. Namun untuk mendapatkan telur ayam cemani yang berwarna hitam inipun tidaklah sembarangan, hanya 1 dari 100 ayam cemani yang dapat menghasilkan telur berwarna hitam, akan tetapi yang perlu diingat bahwa tanpa usaha dan kerja keras tentu rezeki itu tidak datang begitu saja. Dari segi kesehatan daging ayam cemani juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh manusia karena di dalam daging ayam cemani mengandung vitamin B6 atau vitamin B kompleks. Metabolisme lancar juga dapat mempengaruhi kesehatan pembuluh darah, sendi dan bagian tubuh yang lain.

  5. Minyak ayam cemani.
  6. Minyak ayam cemani juga dapat menyembuhkan luka dalam seperti keseleo atau terkilir. Cara untuk mendapatkan minyak ayam cemani sangatlah mudah kita hanya tinggal mengkukus daging ayam cemani selama beberapa menit saja, setelah itu kita akan mendapatkan minyak asli dari ayam cemani. 

Karena banyaknya manfaat dari daging ayam cemani dan telurnya membuat ayam ini harganya sangat mahal. Selain bagi kesehatan tubuh manusia, ayam cemani yang benar-benar berwarna hitam legam atau hitam pekat memang memiliki banyak mitos. Mitos-mitos yang berkembang di masyarakat indonesia antara lain untuk ritual pesugihan dan sesajen.
===

PETERNAKAN AYAM BROILER

keuntungan atau manfaat beternak ayam pedaging atau ayam broiler

manfaat yang dapat diperoleh dari usaha beternak ayam broiler atau ayam pedaging 

Manfaat Beternak Ayam Broiler - Ayam broiler saat ini telah dikembangkan di berbagai negara didunia. Di Indonesia sendiri usaha ternak ayam broiler atau ayam pedaging ini juga banyak dijumpai hampir di setiap daerah. Artinya, beternak ayam broiler atau ayam pedaging dapat dijadikan sebagai pilihan utama. Apalagi harga bibit ayam broiler cukup terjangkau. Selain itu Ayam juga termasuk salahsatu hewan yang cukup mudah dan murah dalam pemeliharaannya, murah karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan beternak ayam termasuk mudah dari segi memeliharanya. Kemudian juga salahsatu makanan yang digemari oleh banyak orang adalah daging ayam mungkin hampir semua orang menyukai daging ayam. Baik itu dijadikan ayam bakar, ayam goreng, opor ayam dan lain sebagai nya. Apalagi daging ayam mengandung banyak protein yang dapat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita.

Beternak ayam khususnya ayam broiler / ayam pedaging memang memberi sebuah kontribusi yang besar pada pendapatan asli daerah, menambah produktivitas masyarakat, menyerap tenaga kerja, dan hasil utamanya berupa daging ayam yg dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap protein hewani. Selain itu hasil tambahan dari beternak ayam broiler atau ayam pedaging adalah berupa tinja atau kotoran kandang untuk dijadikan pupuk dan bulu ayam tersebut bisa digunakan oleh industri kerajinan tangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari usaha beternak ayam broiler atau ayam pedaging

  1. Mencukupi kebutuhan keluarga
  2. Penyediaan kebutuhan protein hewani
  3. Pendidikan dan latihan keterampilan di kalangan remaja
  4. Pengisi waktu luang di masa pensiun
  5. Tabungan dihari tua
  6. Kotoran ayam broiler dapat digunakan untuk pupuk
Demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat beternak ayam broiler atau ayam pedaging, data peternakan ayam ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga artikel tentang peternakan ayam ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Beternak ayam cemani dan ayam broiller, Manfaat dan khasiat daging dan telur ayam cemani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel