5 hal yang harus dihindari pada saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung

PETERNAKAN AYAM

5 macam yang harus dihindari pada saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung

Hal-Hal Yang Perlu Untuk Dihindari Pada Saat Memelihara DOC Ayam Kampung


Perawatan Anak Ayam - Ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk diperhatikan dalam merawat DOC Ayam Kampung yang masih berumur 1 sampai 21 hari. Dengan mengetahui akan hal-hal yang harus dihindari dalam merawat DOC Ayam Kampung, Kita bisa memastikan yang bahwa DOC atau anak ayam peliharaan kita akan sehat dan cepat besar karena kesehatannya salalu terjaga sejak dari kecil pemeliharaannya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita hindari pada saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung

Ada 5 macam yang harus dihindari pada saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Jangan menempatkan DOC / Anak Ayam Kampung yang baru menetas ke tempat yang kurang rapat, apalagi anak ayam yang baru menetas tersebut bercampur dengan induknya. Karena DOC / anak ayam kampung yang baru menetas ini sangat membutuhkan ruangan yang hangat, sebaiknya diberi lampu di kandang ayam supaya anak ayam ini sewaktu-waktu bisa makan sehingga pertumbuhan anak-anak ayam ini bisa maksimal. Sebaiknya jangan anda biarkan induk ayam tersebut mengasuh anaknya walaupun hanya beberapa ekor. tujuannya adalah agar anak-anak ayam tidak terserang oleh penyakit yang menyerang ayam dewasa. Kemudian buatkan ventilasi yang baik supaya udara di dalam kandang bisa selalu berganti dengan udara luar dan juga agar kandang ayam ini tidak terasa pengap dan lembab.

  2. Populasi DOC atau Anak ayam dalam satu kotak / kandang jangan terlalu padat. selama umur 0-20 hari anak-anak ayam ini bisa ditempatkan di kandang kotak yang beralaskan ram kawat, selanjutnya umur 21 hari keatas DOC atau anak-anak ayam ini sudah bisa di tempatkan di kandang yang agak longgar.  Yang perlu untuk diingat adalah populasi yang terlalu padat bisa menyebabkan ayam sering kanibal atau ayam-ayam tersebut akan mematuk sesamanya. ini cukup berbahaya, oleh karenanya beri pakan dan minum untuk ayam yang cukup jangan sampai ada tempat makan yang kosong. Dan jangan lupa untuk membersihkan kotoran ayam secara teratur, karena kotoran-kotoran ayam yang menumpuk tersebut mengandung gas-gas yang sangat berbahaya sehingga bisa menganggu kesehatan ayam. untuk menghindari ayam kanibal dan untuk menambah vitamin serta nafsu makan anak ayam, coba anda gantungkan daun singkong ataupun bisa juga daun pepaya di dalam kandang yang nantinya bisa dipatuki oleh ayam-ayam tersebut, dengan demikian ayam-ayam ini akan selalu makan, dan kebutuhannya serat dan vitaminnya terpenuhi.

  3. 5 macam yang harus dihindari saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung
  4. Jangan memberikan untuk anak-anak ayam ini pakan yang kasar, terutama sekali pada ayam yang berusia 1-7 hari karena ketika DOC / anak-anak ayam makan akan terganggu di pencernaannya atau DOC / anak-anak ayam ini belum mampu menelan pakan yang kasar. Oleh karenanya berilah BR 1 yg telah ditumbuk halus karena akan memudahkan dalam memberi makan pada DOC/ Anak ayam yang masih kecil dan sistem pencernaannya yang belum sempurna. Alangkah baiknya pada umur ayam sampai 30 hari berikan BR1 karena kandungan nutrisinya sangat baik bagi ayam. Jangan lupa juga memberi minum yang cukup dan gantilah air minumnya setiap hari.

  5. Menunda dalam pemberian vaksin. Vaksin bisa diberikan pada DOC /Anak ayam kampung yang sudah sehat. Tujuan dari pemberian vaksin adalah untuk mencegah penyakit tetelo. Cara pemberian vaksin bisa diberikan pada makanan atau melalui tetes mata dan mulut. Vaksin bisa diberikan pada DOC / Anak ayam kampung yang berusia 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Selain itu vaksin atau obat untuk mencegah penyakit yang lainnya juga dapat kita berikan seperti vaksin untuk penyakit gumboro, flu burung dan lainnya.

  6. Pemberian vitamin dan mineral yang tidak sesuai dengan kebutuhan DOC atau anak ayam. kita bisa memberikan vitamin dan juga mineral yang cukup untuk ayam, hal ini sangat berguna sebagai penambah stamina dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam terhadap penyakit.
===
MANFAAT DAGING AYAM
Manfaat Daging Ayam bagi kesehatan tubuh manusia

Manfaat Daging Ayam - Manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh manusia sangatlah banyak. Daging ayam selain memiliki rasa yang gurih, daging ayam juga memiliki kandungan asam amino esensial yang sangat baik untuk mengganti sel-sel tubuh manusia yang rusak atau aus. Daging ayam mempunyai serat yang pendek sehingga memudahkan tubuh untuk dicerna. Daging ayam merupakan salah satu lauk yang sangat umum dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Selain harganya yang terjangkau, daging ayam ini juga mudah didapat. Selain itu pengolahan daging ayam termasuk sangat mudah berbeda hal nya seperti mengolah daging hewan lainnya. Bagi tubuh manfaat daging ayam yg mungkin dapat rasakan secara langsung yaitu adanya kandungan zat didalam daging ayam yg bisa menjaga kestabilan nafsu makan kita. Selain dagingnya bagian dari ayam juga sangat variatif untuk kita olah. Oleh karenanya, sangat wajar kalau kita menjadi sangat terobsesi untuk mengkonsumsi daging ayam.

Baca juga mengenai : ciri-ciri daging sapi gelonggongan dan bahaya mengonsumsi daging sapi gelonggongan
Dibawah ini adalah beberapa manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh

manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh
  1. Daging ayam mengandung 9 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, daging ayam juga dapat menganti sel tubuh yang rusak, selain itu daging ayam juga bermanfaat untuk pertumbuhan. 
  2. Didalam Daging ayam mengandung zat besi (Haeme iron) yang bermanfaat untuk mempertahankan simpanan zat besi pada tubuh manusia, sehingga kita akan terhindar dari penyakit anemia atau kurang darah.
  3. Daging ayam juga dapat menambah nafsu makan, menghilangkan Anemia, menghilangkan gejala diare serta menjaga ketidakseimbangan hubungan antara kerja limpa dan pankreas.
  4. Didalam daging ayam juga terdapat asam amino tyrosine, ini sangat bermanfaat untuk otak sehingga menjadi lebih mudah kita untuk berkonsentrasi. 
  5. Daging ayam tidak menimbulkan alergi dan baik untuk dikonsumsi semua umur.
Demikianlah sedikit informasi mengenai Hal-Hal Yang Perlu Untuk Dihindari Pada Saat Memelihara DOC / Anak Ayam Kampung dan manfaat daging ayam bagi tubuh, data tentang peternakan ayam ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "5 hal yang harus dihindari pada saat memelihara DOC / Anak Ayam Kampung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel