Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya DAN penyakit mata pada ayam

PETERNAKAN AYAM DAN PENYAKIT AYAM

CIRI-CIRI DAN HABITAT HIDUP AYAM BEKISAR

Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya – Ayam bekisar merupakan hasil dari persilangan antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina. Ayam Bekisar berasal dari pulau Kangean, sebuah pulau kecil sebelah timur Madura. Ayam bekisar menyebar ke seluruh pulau Madura, Jawa dan Wilayah Lombok, Flores. Ayam bekisar banyak dipelihara oleh para pecinta ayam hias karena bentuk tubuhnya yang sangat indah dengan ditumbuhi bulu-bulu yang menawan, selain itu ayam bekisar juga memiliki suara yang sangat merdu pada saat berkokok.

Jika kita perhatikan warna bulu ayam bekisar lebih di dominasi warna bulu ayam Kampung betina, akan tetapi dari postur badan, sifat dan suaranya itu tergantung pejantannya yaitu ayam Hutan Hijau. Saat ini warna bulu ayam Bekisar sangat beragam bahkan keindahan warna bulu sering digunakan sebagai salah satu kriteria dalam perlombaan ayam Bekisar. Kualitas dari jenis ayam ini sendiri akan mulai terlihat pada usia 6 bulanan. Ayam Bekisar ini juga menjadi lambang fauna atau maskot Propinsi Jawa Timur.

Warna dasar bulu ayam Bekisar mempunyai delapan warna yaitu :

  1. Merah
  2. Hitam
  3. Putih
  4. Kuning
  5. Wido
  6. Kelabu
  7. Blorok
  8. Jali. 

Ayam bekisar juga memiliki beberapa jenis, untuk membedakan jenisnya dapat kita lihat melalui warna bulunya. Pada umum nya warna bulu tersebut terbentuk atas warna bulu dari induk betinanya, sedangkan untuk postur tubuhnya lebih didominasi oleh induk jantannya. Berikut ini adalah jenis-jenis ayam bekisar.


Ayam bekisar Hitam
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya
Jenis ayam bekisar hitam ini merupakan keturunan yang pertama dari kawin silang antara pejantan ayam hutan hijau dengan induk betina ayam cemani. dengan ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :
  • Seluruh tubuhnyaberwarna hitam
  • Bulunya juga hitam dan juga mata, kaki, jari

Ayam bekisar Putih
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya


Jenis ayam bekisar ini merupakan keturunan pertama dari pejantan ayam hutan hijau dengan indukan betina ayam ras putih. dengan ciri-cirinya yaitu sbb :
  • Warna bulunya hanya putih
  • Jenggernya besar dan juga berwarna merah.
  • Postur badannya ramping
  • Warna kakinya agak sedikit putih

Ayam bekisar multi warna
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya


Jenis ayam bekisar ini merupakan keturunan pertama dari persilangan antara ayam hutan hijau dan indukan betina ayam kampung yang berbulu apa saja, bisa putih, hitam, merah, kuning, coklat, abu-abu dll. cirinya sendiri warna bulunya berwarna-warni.

Itulah sedikit informasi tentang ayam bekisar, data tentang ayam bekisar ini kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi kita semua.

============================================

PENYAKIT AYAM

cara mengobati penyakit pada mata ayam


Penyakit Pada Mata Ayam – Mata merupakan bagian tubuh yang paling vital peranannya untuk kemampuan ayam pada saat bertarung dan juga pada saat melakukan serangan. Sudah dapat dipastikan jika mata tidak berfungsi dengan baik, ayam aduan tersebut akan mengalami kesulitan terutama sekali pada saat ingin menghindari serangan lawan ketika bertarung di arena sabung ayam. maka dari itu kita sebagai pemiliknya harus merawat mata ayam aduan dengan menggunakan obat-obat mata yang benar dan jika anda menggunakan obat kimia maka gunakanlah sesuai dengan petunjuknya.

Obat Mata Ayam Aduan

Mata ayam aduan bisa saja terkena bermacam-macam masalah, seperti terinfeksi cacingan, bakteri, virus, ataupun juga dikarenakan terkena jalu lawan, jika mata ayam aduan terkena jalu maka pelipisnya bisa robek dan berdarah-darah. Sangat banyak masalah yang bisa saja terjadi pada mata ayam aduan, sehingga kita harus segera mengobatinya dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah cara mengobati mata ayam aduan yang sakit karena terinfeksi cacingan, bakteri atau virus ataupun mata ayam terkena jalu, perlu diperhatikan bahwa gunakan obat - obatan sesuai dengan gejala, kegunaan dan juga fungsinya masing-masing agar tidak terjadi efek samping pada mata ayam aduan nantinya.

1. Obat Mata Ayam Aduan Terinfeksi Cacingan
Apabila mata ayam pada pagi hari selalu muncul tahi, dan juga pada kelopak matanya mengalami bengkak, dan pada waktu siang hari sering dipejamkan, itu kemungkinan besar ayam tersebut sedang terinfeksi oleh cacing mata. maka cobalah periksa dan amati. cara periksa mata ayam yang cacingan yaitu buka matanya secara perlahan dan lihat. jika ditemukan cacing putih yang seperti rambut, segeralah anda berikan obat mata ayam yang alami yang dapat dibuat dari daun tembakau.

Cara menggunakan tembakau untuk membasmi infeksi cacingan pada mata ayam aduan

Penyakit pada mata ayam Dan Cara Pengobatannya dengan mengunakan daun tembakau
Teteskan air perasan daun tembakau sebanyak 2 - 3 tetes pada mata ayam aduan tersebut. Setelah itu coba anda perhatikan, cacing - cacing yang menginfeksi mata ayam aduan tersebut akan perlahan-lahan keluar dari mata ayam. Obat untuk mengobati infeksi cacingan pada mata ayam dari daun tembakau ini sangatlah manjur dan khasiatnya bisa langsung terlihat.

2. Mengobati Mata merah pada ayam :
Selain dikarenakan mata ayam terinfeksi oleh cacing, mata ayam aduan juga bisa terinfeksi oleh bakteri ataupun virus. Penyakit pada mata ayam yang disebabkan oleh bakteri atau virus lebih sering ditemukan, terutama sekali pada saat musim pancaroba.

Apabila ayam aduan menunjukkan gejala-gejala seperti bengkak pada bagian mata, mata selalu berair, dan mata ayam terlihat sayu dan merah, maka langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan segera mengkarantina ayam di kandang yang terpisah dari ayam-ayam lainnya. Karena sudah dapat dipastikan bahwa mata ayam aduan tadi sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri. Oleh karenanya, karantina sangatlah penting untuk dilakukan tujuannya yaitu untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Cara mengobati Mata merah pada ayam aduan ada beberapa cara yakni :
  • Mengunakan Obat Tetes Mata Manusia
  • Cara mengobati Mata merah pada ayam aduan
    Apabila gejala yang ditunjukan belum parah, maka bisa kita gunakan obat tetes mata yang sering digunakan pada mata manusia, dengan takaran 2 sampai 3 tetes. Biasanya setelah diteteskan mata ayam akan kembali bening. Berikan obat mata tersebut pada pagi dan sore hari. 

  • Obat Mata Khusus Hewan (Eye Chick)
  • cara mengobati mata ayam dengan menggunakan obat Eye Chick
    Jika pemberian obat sebelumnya tidak menimbulkan efek, kita bisa menggunakan obat mata khusus ayam seperti eye chick. Obat khusus ayam tersebut bisa kita beli di ploutry (toko obat hewan). 

  • Daun Sirih
  • cara mengobati mata ayam aduan dengan daun sirih
    Daun sirih juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati sakit mata pada ayam yang terkena bakteri atau virus. Cara penggunaannya yaitu dengan memeras daun sirih tersebut dan meneteskan airnya pada mata ayam setiap malam dan pagi hari. Biasanya setelah diteteskan air perasan daun sirih pada mata ayam, ayam tersebut akan memberontak karena matanya sudah perih.
Demikianlah sedikit informasi mengenai penyakit yang biasa terjadi pada mata ayam dan cara pengobatannya, data ini kami olah dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya DAN penyakit mata pada ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel