Ayam hias jenis Ayam Kapas atau Silkie Hen dan Ayam Batik (Sebrict) serta ciri khasnya

PETERNAKAN AYAM HIAS

Ayam hias jenis Ayam Kapas atau Silkie Hen

Jenis Ayam Hias - Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai jenis ayam hias. Ayam hias merupakan jenis ayam yang tidak dipelihara atau dibudidayakan untuk diambil daging atau telurnya. Ayam hias contohnya seperti Ayam Kapas atau disebut juga Silkie Hen banyak diternak hanya sebagai ayam peliharaan yang berdasar pada hobi saja. Jadi untuk mereka yang tidak memiliki hobi memelihara ayam hias mereka tidak akan tertarik untuk memeliharanya karena tidak dapat dimanfaatkan seperti ayam petelur ataupun ayam pedaging. Seperti yang kita ketahui bersama saat ini ayam hias banyak diminati oleh para pecinta binatang. Sekarang ini tidak sedikit orang yang membudidayakan ayam hias tersebut. Ayam hias terbagi menjadi 2, yaitu tergantung dari suaranya dan ciri fisiknya atau penampilannya.

Jenis Ayam Hias

Di negara Indonesia sendiri ada banyak jenis ayam hias, jika tertarik Anda dapat memelihara beberapa di antaranya yaitu Ayam Kapas (Silkie Hen) karena ayam jenis Silkie Hen ini penampilannya sangat indah bulunya yang terlihat seperti kapas sehingga banyak sekali orang ingin memelihara ayam hias yang satu ini.

Buat anda penghobi ayam hias, berikut salah satu jenis ayam hias yang menarik atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara:
    Ayam Kapas (Silkie Hen)
    Ayam hias jenis Ayam Kapas atau Silkie Hen

    Masyarakat indonesia lebih mengenal ayam hias ini dengan sebutan ayam kapas. Kenapa diberi nama ayam kapas ?? karena ayam jenis ini memanglah mempunyai bulu yang sangat halus semisal kapas serta sangat unik. Ayam kapas (Silkie Hen) berasal dari China, yang mempunyai bulu semisal kapas yang mengembang berdiri sehingga menjadikannya tampak besar dari kejauhan. Ciri - ciri Ayam Kapas (Silkie Hen) diantaranya yaitu Bobot Ayam Kapas (Silkie Hen) jantan 0,8 kg serta betina 0,6 kg, Warna bulunya putih, dan dibelakang jengger nya terdapat jambul yang tumbuhnya mengarah ke belakang. Persis seperti ayam poland lantaran keunikan bulu, ayam hias jenis ini biasanya dijadikan sebagai ayam lomba di beberapa negara.

    Daging serta tulang ayam kapas berwarna hitam serta dipercaya memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Keunikan lainnya dari ayam hias jenis ini adalah jari kaki ayam ini ada 5 berbeda dengan ayam yang umumnya cuma berjari 4.

    BETERNAK AYAM

    Ayam Batik (Sebrict) dan Ciri-cirinya

    Ayam Batik (Sebrict) dan Ciri-cirinya - Bila diperhatikan bentuk tubuh Ayam Batik sekilas memang mirip dengan ayam kate, yang membedakannya ialah corak pada bulunya yang sangat mirip dengan kain batik. Ayam batik yaitu jenis ayam hias yang memiliki motif menyerupai motif kain batik dan memiliki dua jenis warna bulu yang terdapat pada tubuhnya menyerupai corak batik. Ayam batik (Sebrict) juga ada dua macam yaitu ayam batik kanada, yang memiliki warna hitam dan ke emasan. dan ayam batik itali yang memiliki perpaduan warna putih dan hitam

    Asal Usul Ayam Batik

    Saat ini pemeliharaan Ayam Batik dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dengan semakin banyak permintaan ayam batik tentu semakin bertambah pula para penghobi ayam hias yang memelihara ayam jenis ini. Walaupun bernama ayam batik tetapi ayam hias jenis ini bukanlah berasal dari negara indonesia, habitat asli Ayam Batik berasal dari benua Eropa yang dikenal juga dengan sebutan Sebrict Bantam di Inggris, banyak orang juga mengira Ayam Batik (Sebrict) adalah ayam yang berasal dari italia tetapi itu pun salah negara asal ayam ini adalah inggris.
    Dari beberapa sumber disebutkan bahwa Ayam Batik ini mulai dikembangkan pada abad ke-19 melalui program perkembangbiakkan selektif yang dirancang untuk menghasilkan jenis hias.

    Ciri-ciri ayam Batik (Sebrict)

    Ayam Batik (Sebrict) dan Ciri-cirinya

    Warna bulu Ayam Batik (Sebrict) berukir-ukir seperti batik dengan motif sisik ikan yang jelas. dan memiliki warna dasar coklat kemerahan dan disebut ayam Batik Kanada, serta yang berwarna dasarnya putih keperakan disebut ayam Batik Italy. Bukan hanya di indonesia, ayam Batik (Sebrict) ini juga telah memikat hati para pecinta ayam hias di dunia sehingga penyebaran ayam Batik (Sebrict) ini telah meluas ke seluruh dunia. Ayam Batik (Sebrict) pada Awalnya dirawat sebagai unggas untuk pameran. 

    Umur produktif ayam batik italy dan ayam batik kanada yg siap untuk dikawinkan adalah pada umur 5-6 bulan. Tetapi lebih bagus jika umur nya 8 - 12 bulan sudah mulai dikawinkan karena hal tersebut nantinya akan menghasilkan anakan Ayam Batik yang tangguh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

    Demikianlah uraian singkat mengenai ayam batik dan Ayam Kapas (Silkie Hen) Serta Ciri-ciri ayam Batik (Sebrict) dan Ayam Kapas (Silkie Hen), informasi peternakan ayam ini kami olah dari berbagai sumber.

    Belum ada Komentar untuk "Ayam hias jenis Ayam Kapas atau Silkie Hen dan Ayam Batik (Sebrict) serta ciri khasnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel