mengenal tentang ayam hutan hijau dan ayam hutan merah dan ciri cirinya

PETERNAKAN AYAM

ayam hutan hijau

JENIS AYAM HIAS -Ayam hutan hijau dan ayam hutan merah


JENIS AYAM HIAS -Ayam hutan hijau - Ayam merupakan salah satu hewan jenis unggas yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Sebagai hewan yang sering dimanfaatkan oleh manusia, Ayam pun ada berbagai jenis. Ayam dimanfaatkan manusia sebagai bahan penyedia pangan. Meski begitu ada juga yang dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan saja.

Pada umum nya Ayam yang hanya dipelihara adalah jenis ayam hias. Disebut Ayam hias karena ayam tersebut yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri pada bagian anggota tubuhnya yang membuatnya terkesan menarik saat dilihat selain itu Ayam hias juga mempunyai berbagai jenis yang tersebar diberbagai negara. Ayam hias memang agak berbeda dari ayam jenis biasa atau ayam yang biasa dipotong, Dengan memiliki ciri khas masing-masing sehingga setiap jenisnya memiliki keunikan dan keindahan yang dapat menarik perhatian orang untuk memeliharanya. Perlu untuk diketahui bahwa, Ayam yang dikategorikan sebagai ayam hias biasanya memiliki keunikan pada anggota tubuhnya seperti postur tubuh, suara, warna dan bulunya.

Jenis ayam hias

Agar lebih mengenal berbagai jenis ayam hias yang ada, berikut adalah salah satu jenis ayam hias yang biasa dipelihara oleh para penggemar ayam di indonesia bahkan diseluruh dunia.

Ayam hutan hijau

macam-macam jenis ayam hias yang terdapat di indonesia

Ayam hias jenis ini memiliki latin Gallus Various. ayam hutan hijau jantan memiliki ukuran dengan panjang kurang lebih sekitar 70 centimeter dengan berat badannya 0,7-1,5 kg. Ciri-ciri Ayam hutan hijau lain nya yaitu memiliki bulu dada hitam bercampur hijau mengkilap dengan ujung yang berwarna kekuning-kuningan, dan bentuk ekor dengan bulu panjang melengkung, warnanya hitam.

Ciri ayam hutan hijau

Ciri ayam hutan hijau lainnya adalah jengger bulat dan rata, Bulu leher berwarna merah kekuning-kuningan. Sementara ciri Ayam hutan hijau yang betina yaitu mempunyai panjang kurang lebih sekitar 40 centimeter, dengan berat 0,5-0,8 kg, berbulu kuning pucat. ayam hutan hijau yang betina dapat memproduksi telur sampai 3-5 butir per musimnya.

Ayam Hutan Merah

jenis - jenis ayam hias

Ayam hutan merah adalah jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, India dan China. Ayam hutan merah memiliki 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra dan Sulawesi dan gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura. Sedangkan ketiga spesies lainnya terdapat di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, dan di China Selatan dan Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei. Kemudian juga Ayam Hutan Merah (Gallus-gallus bankiva) yang banyak terdapat di Madura dan pulau Jawa mempunyai bobot tubuh dewasa untuk yang jantan 0,7 Kg dan untuk yang betina 0,4 Kg.

Demikianlah informasi tentang ayam hutan hijau dan ayam hutan merah yang kami rangkum dari beberapa sumber, semoga informasi peternakan ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "mengenal tentang ayam hutan hijau dan ayam hutan merah dan ciri cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel