11 Penyakit Ayam yang Dapat Menular ke ayam lain

Macam macam penyakit yang sering atau yang paling umum menyerang ternak ayam / unggas

penyakit menular pada ternak ayam

Penyakit Ayam Yang Menular - Dalam menjalankan bisnis ternak Ayam Kampung Super cukup banyak hal yang menjadi tantangan yang akan Anda hadapi. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda merawatnya dengan penuh kesabaran dan tekun Anda akan dengan mudah melewati kendala-kendala tersebut.

binatang ternak seperti unggas sangat rentan terhadap penyakit, khususnya ayam. Ayam adalah salah satu dari jenis unggas yang mudah diserang oleh penyakit. Rata-rata penyakit yang diderita oleh ayam merupakan penyakit yang dapat menular.

Usia ayam yang paling rawan terserang oleh penyakit dan virus

Pada umum nya usia 2 bulan ayam sangat mudah terkena berbagai penyakit, namun biasanya saat ayam sudah berusia lebih dari 2 bulan tubuh ayam akan lebih kebal oleh serangan penyakit akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa ayam yang sudah dewasa juga bisa terkena penyakit mematikan. Oleh karena itu maka diperlukan pemeliharaan yang baik terhadap ayam serta melakukan pencegahan terhadap penyakit selain itu faktor yang menjadi penyebab ayam mati juga bisa karena faktor pakan dan juga lingkungan kandang yang kurang terjaga.

Penyakit-penyakit yang terdapat pada ayam, tidak hanya menular pada jenis ayam itu saja, tetapi juga bisa menularkan penyakitnya ke jenis ayam lain bahkan juga manusia.

berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang ayam yang bersifat menular.

Penyakit Ayam yang Dapat Menular

Ayam juga bisa terkena penyakit yang  menular. Ayam merupakan jenis unggas yang rentan terkena penyakit menular, biasanya disebabkan bukan karena jamur, bakteri, dan juga virus, dampaknya dari yang tidak berbahaya sampai yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

1. Flu
Flu adalah penyakit yang menyerang bagian pernapasan ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggerogoti bagian pernapasan ayam, saat sistem kekebalan tubuh pada ayam melemah. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam akan lemas, bersin, dan ingusan secara terus-menerus.

2. Kurap
Kurap merupakan penyakit yang menyerang wajah sampai seluruh tubuh ayam, yang disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri yang berkembang di wajah ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah bagian wajah ayam akan berwarna putih dan berjamur hingga ke seluruh tubuh ayam.

3. Cacar
Cacar adalah penyakit yang menyerang bagian wajah ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggerogoti bagian wajah ayam. Gejala yang ditimbulkan yaitu di bagian wajah ayam terdapat bentolan-bentolan yang sangat banyak, bahkan bentolan tersebut dapat menyerang bagian mata ayam.

4. CRD (chronic respiratory disease)
CRD (chronic respiratory disease) adalah penyakit pada ayam yang sangat populer di Indonesia. Penyakit jenis ini menyerang anak ayam dan ayam remaja.
Cara Pengendalian Penyakit chronic respiratory disease: dilakukan dengan antibiotika (Spiramisin dan Tilosin).

5. Snot
Snot merupakan penyakit yang menyerang bagian mata ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang menggerogoti bagian mata ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah terjadi pembengkakan pada area mata ayam, yang menyebabkan mata ayam menjadi lebam dan susah untuk di buka.

6. Newcastle disease (ND)
Penyakit Newcastle disease (ND) adalah salah satu jenis penyakit ayam atau unggas yang disebabkan oleh virus, penyakit ini termasuk yang sangat di takuti oleh para peternak ayam Indonesia. Pada awalnya Penyakit Newcastle disease (ND) ditemukan tahun pada tahun 1926 di daerah Priangan. Tungau Penemuan tersebut tidak tersebar luas ke seluruh dunia. Kemudian di Eropa, penyakit Newcastle disease (ND) ini ditemukan lagi dan diberitakan ke seluruh dunia. Akhirnya penyakit Newcastle disease (ND) ini disebut Newcastle disease.

7. Tetelo
Tetelo merupakan penyakit yang menyerang seluruh bagian organ tubuh ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang menggerogoti seluruh bagian organ tubuh ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam akan demam, flu, ngorok, berak kapur/darah, tidak turun telih, lumpuh, dan wajah ayam akan menjadi berwarna ungu.

8. Berak Kapur
Berak kapur merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang bersarang di organ pencernaan ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam terlihat lemas, kurang nafsu makan, dan kotoran yang dikeluarkan berupa cairan seperti kapur.

9. Ngorok
Ngorok merupakan penyakit yang menyerang bagian kerongkongan ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggumpal di kerongkongan ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam terlihat kurang bergairah dan timbul suara ngorok pada ayam yang tidak berhenti-henti.

10. Penyakit Inclusion Body Hepatitis (IBH)
Inclusion Body Hepatitis (IBH) merupakan salah satu penyakit akut pada unggas, penyakit ini menyerang ayam muda umur 4–8 minggu.
Penyakit Inclusion Body Hepatitis disebabkan oleh Adenovirus, familia Adenoviridae.
Gejala Klinis penyakit Inclusion Body Hepatitis (IBH) : Hampir semua infeksi Adenovirus tidak menunjukkan gejala klinis yang jelas. namun diantarannya menunjukkan ciri ciri seperti berikut : Jengger kelihatan pucat, pial dan kulit muka juga pucat, lemah dan depresi dan kemungkinan diikuti dengan penyakit lainnya, gejala lainnya yaitu : Gangguan pernafasan sering terjadi pada anak ayam dan pada ayam dewasa kadang terjadi penurunan produksi telur.
Cara Pencegahan dan Pengobatan penyakit Inclusion Body Hepatitis (IBH) pada ayam : Pencegahan infeksi paling baik dilakukan dengan praktek manajemen pemeliharaan unggas atau ayam yang optimal. Seperti pada penyakit yang disebabkan virus lainnya, mungkin untuk sekarang ini belum ada pengobatan untuk penyakit ayam jenis ini.

11. Penyakit Infectious Bursal Disease (IBD)
Penyakit Infectious Bursal Disease yaitu penyakit menular akut pada ayam biasaya penyakit ini menyerang ayam yang berumur muda, disebabkan oleh Virus Penyakit Infectious Bursal Disease (IBD) tergolong virus RNA dari genus avibirnavirus dan family birnaviridae. Kerugian ekonomi yang diakibatkan cukup besar karena menyerang anak ayam berumur muda (kurang dari tiga minggu) dengan tingkat morbiditas dan mortalitas tinggi.

Gejala Klinis Penyakit Infectious Bursal Disease (IBD) yaitu : Ayam yang terserang penyakit ini ditandai dengan gejala nafsu makan menurun, lemah, sesak nafas, gemetar, bulu berdiri dan kotor terutama bulu di daerah perut dan dubur, selanjutnya diikuti dengan diare, feses berwarna putih kapur dan kematian yang terjadi akibat dehidrasi.
Cara Pencegahan dan Pengobatan penyakit Infectious Bursal Disease yaitu: Cara pencegahan yang paling efektif adalah melakukan vaksinasi. untuk sekarang ini belum di temukan pengobatan yang efektif untuk penyakit ayam yang satu ini, Namun perlakuan terhadap ternak unggas atau ayam yang sakit dapat diberikan pengobatan, misalnya dengan tetes 5% dalam air minum ayam selama kurang lebih 3 hari, gula merah sebanyak 2% dicampur dengan NaHC03 0,2% dalam air minum ayam selama 2 hari.

Data tentang penyakit ayam ini kami rangkum dari beberapa sumber. 

Belum ada Komentar untuk " 11 Penyakit Ayam yang Dapat Menular ke ayam lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel