Ciri khas ayam pakhoy dan kelebihannya

Ciri khas ayam pakhoy


Ayam Aduan Pakhoy- Ayam Bangkok Pakhoy adalah salah satu generasi sabung ayam modern yang berasal dari sebuah daerah di Selatan Kota Bangkok , Thailand. Kehebatan ayam Bangkok Pakhoy ini ketika menyerang dan bertahan tidak diragukan lagi. Dalam gaya tarung ayam Bangkok Pakhoy memiliki gerakan yang sangat cepat, memiliki pukulan yang keras yang sering di serang pada bagian tubuh lawan. Mematuk seluruh bagian tubuh lawan jika terdesak lalu melepaskan pukulan yang sekeras-kerasnya dan sering melakukan pukulan secara bertubi-tubi kepada lawan, dalam setiap pukulan ayam pakhoy sering kali mengagetkan lawan. 

Asal Muasal Ayam Aduan Pakhoy

Biasanya Ayam pakhoy original dijual dengan harga yang cukup tinggi Khususnya untuk tipe original. perlu kita ketahui bahwa nama pakhoy ini adalah bahasa thailand, Pakhoy dalam bahasa Thailand berarti penumpas
Ciri khas ayam pakhoy dan kelebihannya
atau pembunuh setan. Sementara cara untuk membedakan ayam pakhoy yang original / impor, perlu mengetahui ciri fisik dan teknik dari ayam tersebut karena fisik dan teknik nya mempunyai ciri khas yang tidak memiliki oleh ayam aduan lainnya. Karakter yang paling mudah untuk mengetahui jenis aduan ayam ini adalah gaya permainannya yang lebih dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras ke arah badan atau sayap.

Ciri-ciri dalam bertarung atau teknik dan pukulan ayam pakhoy  :

  1. Ayam pakhoy mempunyai pukulan keras cenderung kearah badan dengan terlebih dahulu mematuk sekitar leher.
  2. Ayam pakhoy mempunyai teknik pukul cepat yang sering merapat ke badan lawan dengan gerakan lebih lincah dan cepat sebelum melepaskan pukulan.
  3. Sering masuk sela sela dan menyulitkan pukulan lawan.
  4. Mempunyai gerakan cepat dan menyesuaikan bahkan cepat mengimbangi teknik lawan yang sebagus apapun.
  5. Ayam pakhoy sering melepaskan pukulan berulang ulang yang terkesan tidak memberikan kesempatan lawan untuk menguasainya.
  6. Biasanya ayam pakhoy ini jika terdesak akan mematuk di semua bagian tubuh, termasuk pada bagian bahu lawan, bulu ataupun leher kemudian melepaskan pukulan kerasnya.

Ciri khas ayam pakhoy

  1. Umumnya bulu rawis leher berwarna merah kecokelatan.
  2. Memiliki warna dasar hitam.
  3. Tulangan lebih tebal dan kasar dari ayam birma.
  4. Bentuk tubuh hampir sama dengan ayam bangkok, tubuh seperti botol dengan kepala berbentuk bulat lonjong dan bentuk tubuh nya lebih kokoh dan besar.
  5. Memiliki taji yang cukup panjang dan tajam.
  6. Kaki berwarna putih atau kuning dengan bercak berwarna hitam atau kehijauan.
  7. Kelopak mata cekung kedalam dan leher agak memanjang.
  8. Otot leher kokoh.
Ayam Petarung Pakhoy merupakan ayam hasil penggabungan dari beberapa jenis ayam aduan, yang akhirnya membuat karakter ayam aduan serba bisa. Khususnya dalam hal kecepatan menyerang dan kecepatan membaca gerakan lawannya ketika bertarung. Pemberian nama pakhoy merupakan singkatan dari istilah dalam bahasa Thailand yang berupa pama-khoy dengan arti “Penumpas setan” atau “Pembunuh setan”.
AyamPakhoy lebih dikenal ayam modern yang merupakan hasil gabungan empat macam darah ayam aduan super.

Hasil gabungan dan paduan ini berupa ayam pakhoy asli, dihasilkan pertama oleh para peternak di Thailand. Ayam pakhoy juga dikenal sebagai lawan yang cocok untuk menandingi keistimewaan ayam aduan birma, seperti kita ketahui ayam birma memiliki kecepatan yang luar biasa ketika bertarung , karena keduanya sama-sama mempunyai kecepatan dan akurasi pukulan yang sama. Adapun untuk mengetahui ayam pakhoy asli atau ori dan tentunya memiliki kwalitas yang bagus ketika bertarung tidak bisa dengan melihatnya saja karena ayam pakhoy tersebut sekilas nampak seperti ayam bangkok pada umumnya. Sekarang ini di Indonesia jenis ayam pakhoy oleh para peternak ayam aduan sudah banyak di kawin silangkan dengan ayam aduan jenis lainnya bahkan sampai-sampai hampir tidak dapat dibedakan antara ayam pakhoy dengan ayam bangkok.

Kelebihan Ayam Petarung Pakhoy

Ayam pakhoy mempunyai beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan ayam aduan jenis lainnya. Kelebihan ayam pakhoy antara lain yaitu gerakannya yang cepat sehingga memudahkan dirinya untuk berkelit dari pukulan lawan ketika bertarung, ayam pakhoy juga memiliki langkah yang sangat lincah sehingga memberikan peluang lebih besar untuk memutar badan lebih cepat selain itu ayam pakhoy juga memiliki sudut tengokan yang lebih lebar maka sangat memungkinkan kemengan saat mengalung leher lawan. Sangat sering ayam pakhoy menggunakan gerakan mencangkul atau memukul lawan dari belakang. ayam pakhoy juga mudah menyesuaikan diri dengan gaya tarung lawannya.
Selain memiliki kelebihan-kelebihan di atas, ayam pakhoy juga memiliki gaya bertarung yang urakan, cepat dan mematikan.

Kelemahan Ayam Petarung Pakhoy
Meski ayam jenis ini memiliki banyak keunggulan tapi tak dipungkiri pula bahwa ayam pakhoy ini juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Adapun kelemahan atau kekurangan dari ayam pakhoy ini yakni mentalnya yang kurang baik ketika bertanding terlalu lama. Pukulan nya yang lebih banyak mengarah ke arah badan juga membuat lawan memiliki kesempatan lebih banyak untuk menyerang.

Belum ada Komentar untuk "Ciri khas ayam pakhoy dan kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel