asal muasal dan keunggulan ayam peru serta panyakit yang umum menyerang ayam / unggas

Asal Muasal Ayam Peru dan Penyakit Pada Ternak Ayam 

keunggulan ayam peruAyam Non Lokal - Ayam Peru adalah jenis ayam yang dikenal sangat tangguh dalam aduan. Ayam ini banyak dipilih karena dinilai memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik bila dibandingkan dengan ayam-ayam aduan yang lainnya, Ayam ini merupakan ayam aduan yang berasal dari Peru Amerika Latin. Salah satu keistimewan ayam Peru ini yaitu padasaat berlaga selalu menggunakan tajinya, sehingga sulit untuk dikalahkan. Oleh karena itu, ayam Peru ini banyak diburu karena kelebihannya ini, ayam ini tidak begitu banyak mengeluarkan pukulan pada saat berlaga dan memang ayam ini lebih mengandalkan tajinya.

Mungkin Ayam peru ini agak sedikit susah untuk diketemukan di daerah daratan seperti Indonesia. Jadi tidak heran bila jenis ayam ini mudah diketemukan di daerah pesisir pantai seperti kolombia, peru, serta republik dominika.

Ayam peru memiliki karakteristik khas

Ayam peru ini karakternya cukup unik tidak seperti ayam jantan lokal Indonesia pada umumnya, ayam Peru memiliki postur yang sedikit melenggung atau membungkuk dan juga lebih besar. 

Ukuran tubuh yang besar ini turut dipengaruhi oleh berat badan ayam ini sendiri, Berat maksimum ayam Peru ini dapat mencai 3,5 kg saat dewasa. Hal inilah yang membuatnya terlihat lebih besar dibandingkan ayam jantan yang lainnya. 

Selain itu Ayam Peru memiliki postur yang relatif besar dibandingkan dengan ayam-ayam jago di Asia Tenggara. Mungkin ukurannya ini hampir sama dengan ayam Shamo yang berasal dari Jepang.

Salah satu ciri khas ayam Peru yaitu berada pada warna telinganya yang putih, tidak seperti ayam jago jenis lainnya. Kualitas dari ayam Peru sendiri dapat dicermati dari tulang sambungan kepala dengan leher. bila semakin tidak menonjol tulang sambungan ini, maka kualitasnya semakin baik, Tidak seperti ayam jantan pada umumnya yang memiliki bentuk tubuh yang gagah dan tegap, ayam Peru ini justru memiliki bentuk tubuh yang melengkung atau membungkuk.

Ciri ayam aduan peru yang berkualitas

Ciri-ciri lainnya ayam peru yang berkualitas bagus yaitu memiliki ruas tulang leher yang rapat dan celah pada sambungan bahu dan leher yang rapat. Untuk bagian sayapnya, Ayam Peru yang berkualitas baik memiliki sayap yang rapat dan panjang. Semakin rapat dan panjang sayap yang dimilikinya, maka kualitas ayam Peru ini semakin bagus, Ciri-ciri ayam Peruvian yang berkualitas berikutnya yaitu memiliki jari kaki yang panjang. Apabila semakin panjang jari kaki yang dimilikinya, maka makin bagus kualitas ayam Peru ini sendiri. 

==

Penyakit Pada Ternak Ayam / Penyakit Kolera Pada Unggas / Ayam

Penyakit ayam ras petelur dan ayam broiler - Penyakit kolera merupakan jenis penyakit yang menyerang pencernaan hewan unggas dan disebabkan oleh bakteri vibrio. Penyakit kolera ini termasuk dalam jenis penyakit menular pada unggas / ayam. Cara penyebaran penyakit kolera ini salah satunya yaitu melalui air minum yang telah terkontaminasi. unggas / ayam yang telah didiagnosis mengalami penyakit kolera ini, ayam tersebut kemungkinan tidak akan makan sama sekali. 

Penyakit kolera ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella gallinarum atau Pasteurella multocida, penyakit kolera ini juga biasanya menyerang ayam ras petelur dan ayam broiler atau ayam pedaging. Penyakit kolera ini bersifat kronis, gejala awal dari penyakit kolera yakni berupa penurunan produktivitas hingga yang terparah yaitu kematian. Bakteri ini menyerang pernapasan dan pencernaan unggas, yang dapat ditularkan melalui pakan, air minum, kontak langsung, peralatan, tanah dan hewan lain.

Ciri-ciri unggas / ayam terkena penyakit kolera: 

  1. nafsu makan menurun, 
  2. persendian kaki dan sayap yang bengkak disertai kelumpuhan,
  3. ayam terlihat sudah dalam nafas, 
  4. jengger dan pial yang berwarna kebiruan, 
  5. ayam suka gelengkan kepala, 
  6. Apabila sudah parah kotoran encer berwarna kuning, coklat / hijau berlendir dan bau busuk.

Biasanya pengobatan yang bisa dilakukan yaitu menggunakan preparat sulfat atau antibiotik seperti noxal, ampisol atau inequil. Ataupun bisa juga mengunakan koleridin.

Belum ada Komentar untuk "asal muasal dan keunggulan ayam peru serta panyakit yang umum menyerang ayam / unggas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel