KLASIFIKASI AYAM / PENGELOMPOKAN JENIS TERNAK dan Karakteristik ayam cemani

KLASIFIKASI AYAM / PENGELOMPOKAN JENIS TERNAK

Ternak Ayam - Klasifikasi merupakan suatu sistem pengelompokan jenis-jenis ternak berdasarkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan karakteristik pada ternak ayam. ayam adalah binatang ternak yang paling lama dipelihara oleh manusia. Dari sejak zaman dahulu kala manusia telah memelihara ayam secara tradisional untuk dimanfaatkan daging maupun telurnya.

Ayam yang dipelihara saat ini adalah ayam liar atau ayam hutan. Kemudian keturunan ayam liar tersebut lama kelamaan menjadi jinak.

Klasifikasi dapat dilakukan berdasarkan tiga cara, yaitu sebagai berikut:

  1. taksonomi zoologi
  2. buku The American Standar of Perfection
  3. tujuan pemeliharaan ayam atau tipe ayam

A. Klasifikasi Ayam

Klasifikasi ayam adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Ayam
  • Kingdom : Animalia
  • Subkingdom : Metazoa
  • Phylum : Chordata
  • Subphylum : Vertebrata
  • Divisi : Carinathae
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Gallyformes
  • Famili : Phasianidae
  • Genus : Gallus
  • Spesies : Gallus gallus domestica sp
==

Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli dan Ciri-Ciri Pejantan dan betina Ayam Cemani

Ayam Hias Cemani - cemani adalah salah satu ayam hias yang saat ini mungkin sudah mulai langka. Peminat terhadap ayam hitam legam ini cukup banyak, mungkin timbul pertanyaan mengapa bisa langka? Karena banyak dari mereka para pembeli ayam ini bukan untuk diternakkan atau dipelihara, dari beberapa sumber yang kami dapatkan bahwa ayam ini untuk dibunuh guna keperluan sesajen / ritual ataupun obat. Ayam cemani terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Ayam cemani mempunyai harga yang sangat mahal jika dibandingkan dengan harga ayam jenis lainnya. penyebab mahalnya ayam ini dikarenakan sulit menemukan ayam cemani yang asli. Ayam cemani terkenal sebagai ayam hias. Namun, tetap dapat dikonsumsi.

Populasi ayam cemani yang semakin terbatas, sementara permintaan yang tinggi menyebabkan banyak kalangan yang meminatinya oleh karenanya tidak sedikit oknum yang memalsukan jenis ayam cemani ini. Untuk bisa mendapatkan ayam cemani asli, kita harus tahu mengenai ciri-ciri ayam cemani tersebut.

Karakteristik atau ciri ayam cemani asli bisa dideteksi dari bentuk tubuhnya

Ciri-Ciri Telur Ayam Cemani

  1. Telur ayam cemani asli umumnya berbentuk oval dengan ujung runcing, berukuran kecil, warnanya putih.
  2. Lama nya penetasan telur ayam cemani sama seperti telur ayam lainnya yaitu 21 hari, Setelah dierami oleh induknya selama 21 hari akan menetas dengan bulu kapas berwarna hitam.
  3. Pada umunya sejak menetas sudah mempunyai ciri-ciri seperti induknya dan tidak akan berubah hingga mereka dewasa.
Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli

Karakteristik atau ciri ciri ayam cemani yang asli bukan hasil silangan bisa kita ketahui dari sekujur tubuhnya seperti bulunya, bentuk jengger, paruh, tenggorokan lidah, kaki dan sebagainya. berikut ini ciri fisik ayam cemani yang asli.

Pejantan Ayam Cemani berikut ciri ciri umumnya

Pada seluruh bulu pada tubuhnya tidak ada warna lain kecuali hitam legam, Bulu ekor ayam cemani yang asli pokok hampir lurus, panjang sekali hingga menyentuh tanah. Bulu hias pada leher, punggung dan pinggang kecil-kecil panjang, warnanya hitam mengkilap. Ciri ayam cemani yang asli Jengger bilah berukuran sedang, tipis bergerigi 7 buah kecil-kecil dan berwarna hitam legam. Kepala kecil, berbentuk oval memanjang, mirip buah pinang. Lidah, langit-langit dan tenggerokan berwarna hitam sedikit abu-abu. Kulit, daging dan urat nadi warnanya juga hitam. Paruh kecil dan panjang, sedikit melengkung ujungnya, berwarna hitam mengkilap. Pial sepasang berukuran sedang dan cuping telinga ukurannya kecil saja, warnanya juga hitam legam. Mata bulat besar, berkesan tajam garang, berwarna hitam dan berbinar-binar. Bahkan tulang-tulangnya pun berwarna hitam mengkilap. Bentuk badan ramping dan tegap, membentuk sudut 60 derajat bila berdiri tegak. Darahnya berwarna merah kehitam-hitaman. Sayap menempel ketat pada badan dan ujungnya agak menurun. Cemani jantan bentuk paha dan kakinya ramping padat dan panjang, membulat, sisik-sisiknya kecil teratur rapat, berwarna hitam mengkilap. Cemani jantan umumnya jari-jari kakinya berukuran sedang, agak panjang, warnanya juga hitam legam. Telapak kaki ayam cemani jantan tampak halus dan pada setiap ruas terdapat benjolan bundar berkulit jangat warnanya hitam kusam. Kuku-kukunya kecil, melengkung, berujung runcing, warnanya hitam legam. Cemani jantan memiliki sepasang taji yang berwarna hitam legam, berukuran kecil, panjang, sedikit melengkubg dan runcing sekali. Suara kokoknya keras sekali dan cukup panjang. Beratnya rata-rata 1,8 kg.

Ayam Cemani ciri ciri nya sebagai berikut
Sama seperti ayam cemani jantan seluruh bulunya tidak ada warna lain kecuali hitam legam. Bulu ekor cukup lebat dan menyempit pada ujungnya. Ciri lainnya ayam cemani betina yaitu pial dan cuping telinga berukuran kecil, warnanya hitam legam. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dengan pejantan yaitu terletak pada posisi badan bila berdiri tegak memberi kesan hampir mendatar, postur tubuh lebih kecil dan lebih pendek. Cemani betina paruhnya agak kecil, cukup panjang, kokoh sekali, warnanya hitam mengkilap. Cemani betina mempunyai bentuk jari-jari kaki kecil, kuku-kukunya juga kecil, melengkung, panjang dan kuat sekali, warnanya hitam legam. Berat rata-rata 1 kg. Cemani betina bentuk jengger bilah sama seperti yang jantan, berukuran kecil, tipis dan bergerigi 7 buah kecil-kecil warnanya hitam legam.

Belum ada Komentar untuk "KLASIFIKASI AYAM / PENGELOMPOKAN JENIS TERNAK dan Karakteristik ayam cemani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel