AYAM ASEEL DAN CIRI KHASNYA DAN CIRI KHAS AYAM BURMA / BIRMA RAMBONG

Jenis Aseel Yang Paling Banyak Diminati Oleh Para Penghobi Ayam Laga dan ayam Birma/ Burma


Jenis Ayam Aseel Terbaik - Ayam laga atau sering disebut ayam adu / kalau di indonesia sering disebut sabung ayam (fighting cock, gamecock atau gamefowl) adalah ayam jantan yang memiliki ciri fisik dan karakter yang cocok untuk tarung dan dipelihara khusus untuk diadu tentu dengan perawatan yang ekstra. Jenis ayam aduan atau ayam laga sangat banyak jenis nya baik itu yang berasal dari lokal maupun luar negri, jenis ayam aduan diantaranya yakni ayam bangkok, ayam pama, ayam shamo, ayam birma / burma, ayam saigon dan lain sebagainya. Ayam laga yang bagus, ideal, unggul atau berkualitas adalah ciri-ciri ayam laga yang memenuhi syarat untuk menjadi ayam laga unggul. dari sekian banyak ayam laga mungkin hanya ayam dari india atau pakistan yang memiliki postur dan bobot yang jumbo tentunya dibarengi dengan kekuatan yang super yaitu ayam aseel. Populernya ayam aseel telah diakui oleh banyak orang di mana ayam ini memiliki ciri khas yang kuat dan sangat agresif saat bertarung. Sejak jaman dahulu ayam aduan sudah berkembang di India, mereka sering mengistilahkan ayam aduan dengan sebutan ‘Aseel’ yang diangkat dari bahasa arab dan arti murni / mulia. Selain itu Ayam Aseel inipun di akui sebagai ayam aduan tertua dan di populerkan oleh penguasa India. Ayam Aseel ini dikenal betarung sangat defensif dan memiliki taktis cerdas dalam pertarung jangka panjang di India dan Pakistan. Adu aseel di wilayah india dan Pakistan biasa di tanding di arena  terbuka tampa pembatas dan biasa nya ayam di kondisikan dengan jalu terbuka dengan panjang 2 ruas /lebih. Biasanya ayam aseel mampu bertarung tanpa jeda dan ayam aseel ini sanggup bertarung selama 2 jam nonstop, dikarena kan ayam aseel ini memiliki struktur tulang yang besar dan daya tahan tubuh yang kuat.

Ayam aseel ini memiliki mental yang kuat  dengan tulang yang kasar dan besar. Serta otot-otonya juga sangat alo. Rata-rata Pukulan yang dihasilkan berat dan bersifat merusak lawannya dengan gempuran Pukul depannya.

Jenis – jenis Ayam Aseel 

Ayam Reza Aseel

Ciri Ayam Reza Aseel
Tinggi : 50 Cm.
Berat : 1,8 ~  3 Kg.
Ayam aseel jenis ini distandarisasi oleh Asian Hardfeather di Inggris. Untuk jenis aseel ini populer di seluruh dunia karena buku-buku dan artikel nya yang ditulis oleh para ahli gamefowl seperti Siran, Herbert Atkinson dan Paul Derani yagala dari Sri Lanka dan Carlos Finsterbusch dari Cile.
Untuk jenis ayam aseel ini ditemukan di selatan India, negara Tamil Nadu. Jenis warna kebanyakan berwarna abu-abu atau kebiruan. 
Ayam kulang Aseel selatan dan utara varietas tidak berbeda jauh dengan aseel jenis lain. Hanya pada bentuk jengger, paruh dan bentuk tubuh yang berbeda. Namun jenis aseel madras berbeda secara signifikan, postur yang lebih rendah, ayam lebih berat dan tulangan sangat tebal. 
Ayam Madras Aseel berasal daerah selatan Tamil Nadu, biasa disebut dengan “kattu Seval”. yang berarti adalah Ayam aduan berekor panjang. Orang tamil sudah pernah membawa ayam ini ke berbagai bagian Asia selatan seperti Thailand dan China. jenis ayam aseel ini tergolong besar dan sangat kuat juga dapat tumbuh hingga 80 Centimeter.
Ayam aseel jenis ini adalah salah satu jenis aseel yang tertinggi dan terbesar ukurannya yang dikembangkan. varietas ayam aseel jenis ini sebagian besar di tarungkan di wilayah Sindh Pakistan. Ayam Sindhi Aseel ini memiliki ketahanan tubuh yang baik. Warna utama bulunya merah dan biru. 
===
Ayam Kulang Aseel
Ayam Madras Aseel
Ayam Sindhi Aseel

==

CIRI KHAS AYAM BURMA / BIRMA RAMBONG

Ciri Ayam Rambong dan Kelebihannya

Keistimewaan Ayam Burma Rambong - Ayam Burma Rambong adalah salah satu jenis ayam burma / birma original dengan ciri khas yang merupakan kelebihannya adalah sangat lincah seperti berjoget dan sambil melepaskan pukulan kearah kepala, paruh dan mata lawan, bahkan sambil jatuhpun ayam aduan jenis ini masih mampu melepaskan pukulan. ayam burma / birma rambong temasuk kedalam golongan jenis ayam aduan yang mempunyai gaya fariasi bertarung yang cukup unik dan ayam jenis ini juga mempunyai beberapa kelebihan atau keistimewaan yang sama sekali tidak dimiliki oleh ayam aduan jenis lainnya. Kehebatannya atau Kelebihan dari jenis ayam burma rambong asli ini memang sudah sangat terkenal di mata para penggemar Sabung ayam.

Keistimewaan Ayam Burma Rambong

Sebuah ciri khas dan gaya bertarung ayam rambong tersebut serta kelebihan ayam rambong ini. Ayam rambong juga memiliki gaya bertarung yang sangat agresif dan juga tidak sedikit penggemar Ayam aduan yang mengatakan bahwa ayam jenis ini seperti menjadi ayam penari, mempunyai banyak gerakan dan gerakannya yang sangat lincah dan juga selalu bergoyang yang di sebut-sebut sangat mirip seperti penari.
Mungkin untuk sebagian para pencinta ayam aduan yang masih pemula akan mengalami sedikit kesulitan untuk melihat perbedaan setiap jenis ayam pama. Ayam pama memiliki spesias yang berbeda beda tergantung dari indukan atau keturunannya.

Ciri Ayam Rambong dan Kelebihannya :

  1. Ciri ayam rambong yang paling mudah di lihat dari bentuk dan ukuran badannya. Ayam pama rambong memiliki badan yang lebih besar apabila di bandingkan dengan ayam pama original. Ayam pama rambong memiliki berat badan sekitar 2,3 sampai 3,3kg.
  2. Bagian kaki ayam pama rambong memiliki bentuk kaki kecil, bulat kering dan memiliki warna yang sedikit gelap.
  3. Ayam aduan rambong memiliki bulu yang sangta lebat dan juga wana bulu yang bervariasi dengan warna yang unik.
  4. Untuk kelebihan ayam  rambong ini memiliki gaya bertarung yang sangat agresif. Ayam pama rambong di anggap sebagai ayam penari, memiliki gerakan lincah, dan selalu bergoyang mirip seperti penari. Ayam pama rambong merupakan ayam yang sangat berbahaya karena titik pukulannya tepat terarah ke bagian sensitif ayam lawan.
  5. Keistimewaan lainnya dari ayam jenis ini yaitu : Keakuratan pukulan dari ayam rambong mencapai 92%, pukulan ayam rambong mengarah ke bagian paruh, mata, leher dan tenggorokan ayam lawan. 
  6. Ciri dari  ayam pama rambong yang berikutnya bisa kita lihat pada bagian kaki ayam tersebut. Ayam pama rambong memiliki  bentuk kaki yang sangatlah  kecil, berbentuk bulat kering dan juga memiliki warna yang sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan jenis kaki ayam lainnya.

Belum ada Komentar untuk "AYAM ASEEL DAN CIRI KHASNYA DAN CIRI KHAS AYAM BURMA / BIRMA RAMBONG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel