Keunggulan / kelebihan ayam aduan MATHAI ( Birma dan Thailand ) dan ayam saigon

Keunggulan ayam saigon dan ayam aduan MATHAI ( Birma dan Thailand )

Ayam Non Lokal - Beternak atau Budidaya ayam sudah dilakukan oleh masyarakat ratusan tahun yang lalu, pada mulanya ayam yang diternak oleh masyarakat berasal dari ayam liar yang terdapat dihutan yang kemudian dijinakkan dan setelah itu disilangkan antar ras ayam untuk mendapatkan bibit ayam yang berkualitas baik dari segi daging maupun telurnya, sekarang ini pun para peternak ayam sudah mulai menyilangkan ayam untuk mendapatkan bibit ayam yang berkualitas bagus yang tujuanya untuk dijadikan ayam aduan diantaranya seperti : Ayam Magon (Birma + Saigon), Ayam Birkok ( Birma + Bangkok), Ayam Pakhoy ( Siam + Ayam Ujung) dan masih banyak lainnya. 

Kepopuleran permainan sabung ayam sudah sejak lama dirasakan di wilayah Asia Tenggara. Selain di Indonesia, ada Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam dan juga Filipina. Disebagian negara di asia aduan ayam sudah menjadi tradisi atau bahkan budaya, Seperti Indonesia yang memiliki tradisi adat Tajen dan Massaung Manuk.
Namun yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai ayam saigon, ayam saigon termasuk jenis ayam aduan terbaik. Ayam aduan ini berasal dari Vietnam dan dikenal dengan nama saigon. dulunya di Indonesia, pamor ayam Saigon tidak setenar ayam bangkok.

Ayam Saigon merupakan ayam petarung dengan postur tubuh yang besar dan tinggi diatas rata-rata dengan ayam petarung jenis lainnya. Biasanya di arena ayam Saigon ini sangatlah sulit untuk mencari lawannya dikarenakan ukuran dari ayam Saigon yang sangatlah besar dari ayam laga lainnya. Mungkin pantas dinobatkan ayam saigon sebagai Ayam Petarung Kelas Berat Untuk Sabung Ayam.

KEUNGGULAN AYAM SAIGON

Keunggulan ayam saigon yaitu Ayam Saigon mempunyai daya tahan tubuh yang luar biasa dan baik dalam menahan pukulan dari lawan selain itu kemampuan susunan otot dan tulang ayam saigon yang kuat dan beserat pasti makin lebih kuat saat dipukul lawan.

KEKURANGAN AYAM SAIGON

Namun kekurangan ayam saigon yakni pada keadaan bertarung ayam Saigon ini kurang disukai oleh penggemar sabung ayam dikarenakan ayam Saigon mempunyai gerak yang lambat dan juga sangatlah kaku dalam melakukan penghindaran dari serangan lawan dikarenakan postur dari tubuhnya yang besar, ayam saigon juga kurang optimal dalam menyerang lawan. Gerakan yang lambat bisa menimbulkan turun nya kualitas dari pukulan ayam Saigon ini.

Ciri Khas Ayam Saigon:

Keunggulan dan Ciri Khas Ayam Saigon
  1. Postur tubuh lebih besar dan bobot lebih berat.
  2. Memiliki Tulang yang kuat, besar serta padat.
  3. Botak dibagian kepala hingga sebagian dari leher, namun biasanya pada masa pertumbuhan terdapat bulu pada bagian tersebut.
  4. Bulu ayam tipis dan ekor pendek.
  5. Ayam Saigon asli ini memiliki Taji yang besar dan sulit untuk tumbuh panjang.

Keunggulan ayam aduan MATHAI ( Birma dan Thailand )

ayam aduan thailand

Ayam Bangkok Mathai - Ayam aduan Mathai ini yang merupakan hasil persilangan dari ayam Birma dan Thailand ini memang sama-sama ayam Bangkok akan tetapi mempunyai beberapa keunggulannya tersendiri. Jenis ayam mathai mempunyai beberapa ciri khas yang berbeda dengan ayam aduan jenis lainnya itu tentunya memudahkan anda dalam membedakannya dengan ayam bangkok pada umumnya. Ayam aduan mathai ini pun sudah lama menjadi andalan para botoh tua. Cara bertarungnya yang memang menjadi kesukaan para pecinta ayam aduan.

Jika di tinjau dari segi kemampuan bertarung, ayam mathai mempunyai kecepatan setara dengan ayam birma asli. Selain itu, ayam bangkok mathai juga mempunyai kecerdasan dan juga mental bertarung ayam bangkok yang memang terkenal masih belum tertandingi, Hasil persilangan ayam bangkok dengan ayam birma ini memang sangat sangat bisa andalkan di dalam arena sabung ayam.

Keunggulan / kelebihan ayam aduan MATHAI ( Birma dan Thailand )

  • Ayam mathai memiliki tehnik kuncian yang bagus seperti hal nya ayam bangkok
  • mata berwarna jernih atau tanpa bercak hitam, Jika anda ingin memilih seekor ayam Mathai dengan kualitas yang bagus, maka anda bisa pilih dari mata jernih yang ada pada ayam Mathai terlebih dahulu, Ayam Mathai yang dengan mata bagus tentunya mempunyai sebuah penglihatan yang sangat tajam
  • Ayam mathai juga memiliki kelincahan saat melakukan pukulan, saat mendarat setelah memukul tidak akan jatuh terjungkal.
  • kulit muka ayam mathai agak sedikit tebal, merah menjala walaupun memiliki jengger yang relatif kecil.
  • warna bulu agak redup dan kering tapi memungkinkan sayap tidak mudah patah, Hanya saja terlihat sedikit detail yang dapat membedakan ayam Mathai dari ayam Bangkok biasa seperti ada pada warna bulunya yang cenderung redup pada ayam Mathai. Maka dari itu dari ayam Mathai ini memang tidak sangat susah dalam membedakannya dengan ayam Bangkok yang lainnya, karena letak dari perbedaan yang cukup mudah untuk ditemukan.
  • Pada ayam mathai terdapat sebuah kombinasi yaitu tulangan birma yang lentur dan tulangan ayam bangkok yang padat,
Ayam yang mempunyai ciri khas yang dengan mudah kita bedakan dengan ayam aduan jenis lainnya, ayam mathai ini memang sangat diandalkan dalam arena sabung ayam, Untuk mendapat seekor ayam petarung yang unggul, salah satu tehniknya adalah dengan menyilangkan ras ayam. 

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan / kelebihan ayam aduan MATHAI ( Birma dan Thailand ) dan ayam saigon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel