ciri ciri umum ayam cemani dan asal muasalnya

Asal Muasal Ayam Cemani Dan Ciri Khasnya

ayam hitam kedu cemani

Ayam Hias - Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, asal usul sejarah ayam cemani berasal dari Pulau Jawa. Dari beberap sumber yang kami dapatkan menyebutkan bahwa Ayam cemani berasal dari Kedu, Jawa Tengah. Makanya satwa ini dikenal juga sebagai ayam kedu. 

Selain itu asal-muasal ayam cemani ini adalah ayam kedu hitam, yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat jaman dulu di kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit. ayam cemani ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 % warna keseluruhan nya hitam, bahkan sampai warna darahnya, daging bahkan sampai tulang semuanya berwarna hitam pekat, warna hitam  ini menyelimuti seluruh tubuh dari ayam cemani ini mulai dari bagian luar, hingga bagian dalam nya, mulai dari rongga mulut, tenggorokan, lidah, semua nya berwarna hitam. 

Mitos tentang Ayam Cemani

Kalau diperhatikan warna hitam legam pada ayam cemani menghadirkan kesan mistis. Konon, ayam cemani ini justru sering dicari oleh orang-orang tertentu untuk tujuan-tujuan tertentu pula, konon katanya dengan memelihara ayam tersebut bisa sebagai pembawa Hoki bagi pemiliknya, dan juga bisa mendatangkan banyak rejeki bagi yang memiliknya, namun banyak juga kalangan yang ingin mengoleksi ayam hitam atau ayam cemani asli yang legendaris ini sebagai ayam hias.

Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dari beternak ayam cemani ini yaitu penampilannya yang sangat unik dengan warnanya yang hitam pekat, sehingga membuat ayam jenis ini memiliki potensi yang cukup tinggi apabila dijadikan sebagai salah satu jenis ayam hias untuk kesenangan / hobi seperti halnya ayam pelung, ayam mutiara, ayam kate, ayam bekisar atau ayam kapas dan lain sebagainya.

Karakteristik Ayam Cemani

Perlu untuk dipahami juga yang bahwa ayam hitam bukan hanya ayam cemani saja ada juga ayam jenis lain yang berwarna hitam, maka dari itu untuk memilih cemani yang asli harus mengenali ciri-cirinya agar tidak salah ketika memilih jenis ayam ini. dibawah ini adalah ciri-ciri ayam cemani asli yang perlu diketahui. ini adalah ciri ciri umumnya

Berikut ini cara mengetahui ayam cemani asli :

7 ciri khas atau ciri umum dari ayam cemani

1. Bulu Ayam Cemani Asli

Bulu ayam cemani berwarna hitam legam atau hitam pekat. Apabila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan atau dikawinkan dengan ayam jenis lain maka warna hitam legam dari bulunya tidak bisa mencapai 95%.

2. Paruh Ayam Cemani Asli

Paruh Ayam Cemani berwarna hitam legam atau hitam pekat. Biasanya muncul di bagian ujung paruhnya. Warna hitam legam ini akan terlihat jelas dari Ayam Cemani yang masih kecil atau ayam cemani yang belum dewasa. akan tetapi seiring berjalanya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan terlihat warna putih karena aus, tapi tidak seberapa hilang hitamnya. 

3. Dubur Ayam Cemani Asli

Cara melihat keaslian ayam cemani lainnya yaitu dari duburnya, Dubur ayam cemani berwarna hitam legam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam pada umum nya, dubur ayam biasanya bewarna merah namun berbeda dengan ayam cemani yang berwarna hitam.

4. Ketiak atau kulit Ayam Cemani Asli

Ciri khas ayam cemani lainnya yaitu : warna ketiak maupun kulit ayam cemani berwarna hitam legam. Hampir secara keseluruhan ayam cemani semua kulit tubuhnya berwarna hitam legam atau berwarna hitam pekat.

5. Kaki Ayam Cemani Asli

Ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih, akan tetapi warna hitam akan tetap terlihat.

6. Jengger(bahagian bawah balung ayam) Ayam Cemani Asli

Jengger ayam cemani yang asli berwarna hitam legam. akan tetapi saat ayam cemani beranjak dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.

7. Tenggorokan Ayam Cemani Asli

Tenggorokan ( bagian dalam mulut ) ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang berwarna putih.

Demikianlah informasi singkat mengenai ayam cemani, artikel ini ditulis dengan pengetahuan penulis sendiri dan dari sumber-sumber terpercaya lainnya. Dalam memilih ayam cemani, perhatikan benar ciri-ciri ayam cemani asli supaya tidak teripu ketika anda membeli ayam ini. 



Belum ada Komentar untuk "ciri ciri umum ayam cemani dan asal muasalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel