KARAKTERISTIK AYAM SHAMO dan KEUNGGULAN AYAM SHAMO / AYAM BANGKOK

KARAKTERISTIK AYAM SHAMO

kelebihan atau keunggulan ayam shamo

Ciri ciri ayam shamo - Ayam shamo termasuk salah satu jenis ayam aduan yang cukup populer di kalangan penggemar sabung ayam, ayam shamo juga merupakan tipe ayam petarung yang sangat bagus. Ayam shamo terbagi menjadi tiga jenis yaitu O-Shamo ini jenis besar, Chu Shamo ini berukuran sedang dan KO Shamo ukuran kecil. kekuatan dari ayam shamo ini sudah tidak diragukan lagi, ayam shamo juga memiliki ciri fisik yang berbeda dari ayam aduan pada umumnya. Ayam Shamo juga memiliki bentuk body yang bagus dan banyak disukai oleh pecinta ayam laga.

Ayam Shamo Asli atau original memiliki banyak sekali kelebihan atau keistimewaan diantaranya yaitu : Ayam shamo mempunyai stamina yang kuat dan mampu bertarung dengan waktu lebih lama, Pukulan dari ayam shamo ini juga sangat terarah dan kuat itu dikarenakan ayam jenis ini mempunyai otot yang sangat kuat. Ayam shamo juga terkenal dengan ayam tahan pukul seperti ayam saigon dan termasuk ke dalam jenis ayam pukul dan ayam shamo jarang memiliki jalu yang panjang.

Sejarah Ayam Shamo

Ayam ini pada awalnya didatangkan ke Jepang pada abad ke-16. Keturunan Nama adalah derivasi dari ekspresi Jepang dari kata "Sham" yang berarti "Siam (Thailand)". Ayam shamo memiliki ciri-ciri tubuh yang sangat besar dan ayam shamo ini berbeda dengan ayam jenis lain dan bobot antara 6–8 kg. Kemudian ayam shamo ini dikawinkan dengan ayam lokal sehingga menghasilkan trah keturunan baru yang terus dikembangkan.

Keturunan hasil penyilangan yang bisa bertahan dari waktu ke waktu akan dibiakkan untuk jadi patokan sebagai ayam petarung. Tak sampai disitu proses persilangan antara ayam shamo dengan ayam lain masih terus dilakukan dengan harapan dapat menemukan bibit petarung unggul dari ayam ini.

Ciri ciri umum ayam shamo

  1. Ayam shamo yang asli atau original mempunyai bentuk badan yang besar dibandingkan dengan ayam bangkok, saigon, ayam birma, maupun ayam pakhoy. dan Bentuk badan terlihat sangat tegap dan berotot.
  2. Mata ayam shamo original terlihat cerah.
  3. Paruh ayam shamo lebih kuat dan tebal.
  4. Memiliki bentuk jengger seperti telon dan jengger belimbing.
===

KARAKTERISTIK AYAM BANGKOK / AYAM IMPORT

Ciri ciri umum ayam bangkok - Ayam bangkok lokal atau ayam bangkok asli dapat dibedakan menjadi beberapa ciri untuk membedakannya kita harus benar benar teliti dalam melihatnya karena kalau sekilas dilihat antara ayam bangkok asli dengan ayam bangkok yang sudah terjadi persilangan tidak jauh berbeda, perlu diketahui juga bahwa Ayam bangkok selain sebagai ayam aduan/sabung, juga sangat menarik untuk dipelihara karena ayam bangkok ini memiliki warna yang beragam, dan tidak sedikit yang mengoleksi ayam bangkok justru karena warnanya yang menarik. Ayam bangkok asli Thailand harganya tergolong mahal. Harga ayam bangkok asli itaksir mencapai hingga jutaan rupiah, biasanya para pehobi ayam aduan tidak menjadikan masalah asalkan ayam tersebut merupakan ayam bangkok asli berkelas dan bisa dijadikan sebagai indukan untuk menghasilkan anakan ayam bangkok berkualitas nantinya.

Salah satu keistimewaan ayam bangkok : Teknik yang paling disukai para penghobi ayam dari ayam bangkok ini adalah teknik kunci dan teknik kontrol. Ayam bangkok yang memiliki teknik berlari sangat jarang. Dalam teknik berlari, ayam akan menyerang terus sampai lawannya menyerah.

Supaya kita tidak tertipu begitu saja ketika membeli ayam bangkok, sekarang ini banyak sekali orang yang menjual ayam bangkok tetapi bukan jenis ayam bangkok asli atau ayam bangkok hasil persilangan yang dijual. Terdapat ciri ciri khusus pada Ayam Bangkok Asli, yang sering dicari oleh para pecinta ayam petarung.

CIRI CIRI UMUM AYAM BANGKOK ORI /ASLI

1. Struktur Tulang Ayam Bangkok

Ayam bangkok asli struktur tulang atau tulangnya akan terasa lebih padat, karena pemberian pakan mineral, terutama kalsium dan fosfor yang baik, ini benar benar harus diperhatikan oleh peternak itu sendiri.

Dengan pemberian pakan yang baik, maka pembentukan tulang sejak anakan ayam akan semakin baik saat nantinya ayam mencapai usia dewasa.

2. Warna Pangkal Bulu Ayam Bangkok

Pada umunya Ayam bangkok asli yang bukan dari hasil penyilangan mempunyai warna kekuning-kuningan di bagian pangkal bulu dan permukaan kulitnya.

Warna tersebut terdapat di semua bagian bulu, bagian punggung, bagian sayap, bagian perut, bagian leher, maupun bagian kaki.

3. Gaya Tarung Ayam Bangkok

Pada dasarnya terlihat beberapa gaya bertarung atau tehnik yang sering dilakukan ayam bangkok ori, diantaranya yaitu: teknik kunci,  teknik kontrol, teknik bongkar singkap sayap dan teknik berlari, yang ini tentu hanya dimiliki oleh ayam bangkok ori.

4. Mental Bertarung Ayam Bangkok

Ayam bangkok asli memiliki mental bertarung yang luar biasa, ayam bangkok memiliki keberanian untuk mengalahkan lawannya yang memiliki postur lebih besar.

Ayam bangkok memang tipe ayam petarung, ayam jenis ini memang salah satu jenis ayam aduan yang tidak mudah mengalah dan tidak kenal rasa takut bahkan ayam bangkok seringkali bertarung sampai mati.

5. Warna Ayam Bangkok

Dibawah ini merupakan jenis ayam bangkok yang dikategorikan dari warna yang dimilikinya:

  1. Warna Putih
  2. Warna Wiring
  3. Warna wangkas
  4. Warna Klawu
  5. Warna Blorok
  6. Warna Jragem
  7. Warna Jali

Belum ada Komentar untuk "KARAKTERISTIK AYAM SHAMO dan KEUNGGULAN AYAM SHAMO / AYAM BANGKOK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel