ciri khas ayam saigon dan kelebihannya serta penyakit yang umum menyerang ternak ayam

ASAL USUL AYAM SAIGON DAN CIRI CIRI UMUMNYA

Ciri khas dari ayam saigon

Ayam asal luar negri -
Ayam Saigon yang merupakan ayam petarung dengan postur tubuh yang besar dan tinggi diatas rata –rata dengan ayam petarung jenis lainnya. Ayam Saigon ini juga sudah masuk ke negara Indonesia sesudah ayam Bangkok masuk terlebih dahulu dan menjadi populer. Ayam saigon juga termasuk yang terkuat dan tertangguh di banding dengan ayam aduan lainya, ayam ini memiliki banyak keunggulan salah satunya yakni paling tahan pukulan di karenakan ototnya yang berserat. Cuma ada beberapa kekurangan dari ayam saigon diantaranya yaitu pola tarung ayam saigon ini terkesan lamban dan kurang bagus, dan juga tidak pandai mencari peluang ketika bertarung. Sehingga ayam ini tidak terlalu populer dan peminatnya tidak terlalu banyak.

Salah satu Ciri khas dari ayam Saigon adalah kepalanya yang tidak ditumbuhi bulu atau botak sehingga mudah dikenali. Di bagian kepala hingga leher ayam saigon ini tidak di tumbuhi bulu layaknya seperti ayam aduan yang lain.
Namun ada juga beberapa ayam saigon mirip dengan ayam bangkok yang berukuran besar dan memiliki bulu di sekitar kepalanya. Dan Bobot tubuhnya lebih berat dan juga kulit dari ayam saigon lebih tebal dari pada ayam bangkok ataupun ayam aduan lainnya.

Berikut ini beberapa Ciri khas dari ayam saigon:

  1. Ciri khas yang pertama dari ayam saigon yaitu botak dibagian kepala hingga sebagian dari leher. 
  2. Bentuk postur tubuh, Ayam Saigon yang asli terlihat besar, tinggi dan tegap. Ayam saigon ori juga memiliki bobot badan yang lebih berat dibanding dengan jenis ayam aduan lainnya.
  3. Ayam Saigon asli ini memiliki Taji yang besar dan pada umumnya jarang yang tumbuh panjang.
  4. Bulu ayam saigon ori atau ayam saigon asli terlihat tipis dan ekor pendek.
  5. Memiliki Tulang yang kuat, besar serta padat.

===
PETERNAKAN AYAM / UNGGAS
bakteri / penyakit ayam

Penyakit Unggas / Ayam - Banyak sekali macam penyakit ayam yang sering menyerang unggas / ayam, dan juga banyak dikeluhkan oleh para peternak. Pada umumnya perubahan cuaca yang tidak menentu, cuaca ekstrim, sanitasi kandang ayam yang kurang baik dapat menyebabkan unggas / ayam terkena penyakit.

Jenis-jenis penyakit yang paling umum menyerang unggas / ayam

Dibawah ini beberapa contoh jenis-jenis penyakit yang paling umum menyerang unggas / ayam, gejala penyakit ayam, dan cara penanggulangan penyakit pada ayam.

3 macam penyakit unggas / ayam

1. Fowl Cholera/ Kolera Unggas / Ayam (Pasterurolosis)
Yang menyebabkan penyakit owl Cholera / Kolera Unggas / Ayam (Pasterurolosis) adalah Pasteurella multocida (parasit). Pakan, air, dan hewan liar yang sudah terkontaminasi bakteri ini bisa menjadi jembatan penyakit mematikan ini. Pada umumnya unggas atau Ayam menderita diare dengan kotoran berwarna kekuningan dan kehijauan. ayam yang terkena penyakit ini juga akan mengalami nyeri sendi, kesulitan bernapas, dan kepalanya berubah gelap atau berwarna biru.

2.    Penyakit Cacing Mata Pada Unggas / Ayam
Cacing mata pada unggas atau ayam yakni penyakit yang disebabkan oleh infestasi parasit cacing yang tinggal di mata inang khususnya di saccus conjunctiva, ini juga termasuk jenis penyakit yang berbahaya bagi ternak ayam. Cacing ini senang tinggal di balik kelopak mata (membrane nyctitans) unggas / ayam. 
Penyebab cacing mata pada ayam: Penyebab penyakit cacing mata pada unggas atau ayam adalah O.mansoni.

Gejala Klinis ayam yang terkena penyakit cacing mata : ayam yang terinfeksi penyakit ini menunjukkan gejala opthalmitis (radang pada mata), conjunctivitis (radang pada conjunctiva), kerusakan kornea mata dan mengganggu daya pandang mata dan Mata ayam akan terlihat kotor karena banyak eksudat dan basah.

3. Penyakit Snot Pada Unggas / Ayam
Penyakit Snot Dapat Menyerang Ayam Semua Umur Dan Terutama Menyerang Anak Ayam, Penyakit Snot Atau Coryza Di Sebabkan Oleh Bakteri Haemophillus Gallinarum. 

Biasanya Penyakit Snot Atau Coryza Muncul Akibat perubahan Musim, Perubahan Musim Biasanya Akan Mempengaruhi Angka Kesehatan Ayam. Penyakit jenis ini banyak Di Temukan Di Daerah Tropis. 

Cara Penularan Snot Atau Coryza Pada Unggas / Ayam

Penyakit ayam jenis ini dapat Menular Melalui Kontak Langsung Dengan Ayam Yang Sakit, Dapat juga menular Melalui Udara, Debu, Wadah atau tempat Pakan, Dan Petugas Kandang.

Gejala Klinis Snot Atau Coryza 
Ayam Secara Klinis akan Menunjukan Tanda Sebagai Berikut :
  1. Ayam Terlihat Mengatuk Dengan Sayap Turun Dan Mengantung.
  2. Pengeluaran Cairan air Mata.
  3. Pembengkaan Di Daerah Sinus Infra Orbintal.
  4. Tanda lainnya yaitu Keluar Lendir Dari Hidung, Kental Berwarna Kuning Dan Bebau Khas / bau busuk.
  5. Napsu Makan ayam dan Pertumbuhan Melambat.
  6. Ada Kerak Di Dalam Hidung.
  7. Ayam Ngorok Dan Sukar Bernafas.
Pengendalian penyakit ayam ( snot atau coryza)
Upaya Pencegahan Yang Dapat Di Lakukan Adalah Dengan Menjaga Kebersihan Kandang Dan Lingkungan kandang ayam. Kandang ayam sebaiknya Terkena Matahari Langsung Sehingga Mengurangi Kelembaban.

Belum ada Komentar untuk "ciri khas ayam saigon dan kelebihannya serta penyakit yang umum menyerang ternak ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel