Kelebihan atau keunggulan ayam saigon dan Ayam bangkok serta Kelemahannya

PETERNAKAN AYAM JAGO

keistimewaan ayam saigon

KARAKTERISTIK AYAM SAIGON DAN AYAM BANGKOK

Keunggulan Ayam Saigon - Ayam Saigon adalah ayam yang dikembangkan oleh para peternak ayam di vietnam yang melalui proses persilangan, jenis ayam aduan ini sering disebut juga dengan sebutan ayam bangkok vietnam. Ayam saigon memiliki banyak keunggulan diantaranya : Ayam saigon memiliki kekuatan pukulan yang sangat dalam dikarenakan ayam jenis ini memiliki tulangan yang sangat bagus atau kasar dan kuat,  selain itu ayam saigon juga termasuk jenis ayam yang mudah dipelihara dan tahan terhadap penyakit, pertumbuhan tubuhnya tinggi, cepat besar dan ukuran yang tidak terlalu kecil.

Kelebihan atau keunggulan ayam saigon dan Kelemahan ayam saigon

Kelebihan atau keunggulan ayam saigon
  1. Ayam saigon memiliki bentuk struktur otot yang kuat dan kekar serta Tubuh ayam saigon terlalu keras
  2. Ayam saigon ini sanggup menahan pukulan dari lawan nya, karena ia mempunyai postur tubuh yang besar dan kekar, ayam saigon juga memiliki stamina yang bagus
  3. Ayam saigon mempunyai bobot badan yang lebih berat dibandingkan dengan ayam aduan jenis lainnya
Kelemahan ayam saigon
Ada beberapa hal yang membuat para penghobi ayam aduan kurang menyukai ayam saigon ini diantaranya yaitu:
  1. Pergerakan ayam saigon agak lambat, membuat ayam saigon ini sulit menghindari pukulan lawan
  2. Kekurangan dari ayam saigon yang paling tidak disukai yaitu Bulu bulu ayam saigon mudah patah saat terkena pukulan ayam lawan.
  3. Teknik bertarungnya kurang bagus agak monoton jika ayam saigon ini diadu dengan jenis ayam pakhoy bisa hancur ayam saigon ini
  4. Pergerakanya kaku dan tidak terlalu sigap serta Seranganya kurang bagus

====================================================

Ciri Khas Ayam Bangkok -
 Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam aduan yang cukup populer di kalangan penghobi sabung ayam Indonesia. ayam bangkok juga bisa dijadikan sebagai ayam hias. Dikarenakan keindahan bulunya membuat ayam bangkok ini sangat diminati para pecinta ayam hias. Ayam yang berasal dari Thailand ini juga diakui punya kualitas yang bagus sebagai ayam petarung di arena, Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam bangkok unggul.

Untuk dapat mengenali ayam bangkok yang berkualitas super atau ayam bangkok yang memiliki kemampuan bertarung yang tangguh, kita dapat melihatnya dari berbagai bentuk fisik dari ayam tersebut.
Faktor-faktor yang sangat berpengaruh pada mutu ayam bangkok : kualitas bibit, perawatan yang tepat sejak usia dini  (anakan), dan pemberian vitamin secara teratur termasuk vaksinasi.

ASAL USUL AYAM BANGKOK

Ayam bangkok pertama kali dikenal di Cina pada 1400 SEBELUM MASEHI. Ayam bangkok selalu dikaitkan dengan kegiatan adu ayam. Kemudian lama - kelamaan kegiatan adu ayam semakin meluas pada pencetakan atau pencarian bibit-bibit ayam petarung yang andal atau berkualitas. Mereka para pencetak bibit  ayam berusaha untuk bisa mendapat ayam yang sanggup meng-KO lawan cuma dengan satu kali pukulan. Pada saat itu bangsa Cina berhasil mengawinsilangkan antara jenis ayam lokal atau ayam kampung dengan beragam jenis ayam jago dari Myanmar, Thailand, Laos,Vietnam dan India. 

CIRI KHAS AYAM BANGKOK ASLI / ORI

Karakteristik ayam bangkok dapat dilihat dari batok kepala kepalanya berbentuk buah pinang, berdiri sikap badannya tegak, dan tulang alis yang tebal, mata masuk ke dalam, bulu mengilap dan kaku, kaki bersisik kasar, pukulan keras dan akurat serta pandai memukul bagian vital lawan.

Jenis-jenis Ayam Bangkok

berikut ini adalah beberapa jenis ayam Bangkok yang banyak dipelihara oleh para pecinta ayam petarung ini dilihat berdasarkan corak serta warna bulunya:

1. Ayam Bangkok Jali

Ayam aduan jenis ini disebut juga dengan nama Ayam Blirik karena ayam bangkok jenis ini bulunya yang berbintik-bintik dengan warna putih, hitam, dan merah.

2. Ayam Bangkok Blorok

Ayam bangkok jenis ini hampir mirip dengan ayam Bangkok jenis Jali. Jika pada ayam bangkok Jali mempunyai corak bintik-bintik sementara pada Ayam Bangkok Blorok justru mengarah ke corak totol-totol dengan dominasi warna putih.

Jenis ayam bangkok blorok
Ayam Bangkok Blorok dibedakan menjadi 2 jenis,  
  1. Ayam bangkok Blorok biasa 
  2. Ayam bangkok Blorok Madu.
Ayam bangkok blorok sangat indah tampilannya karena memiliki tambahan kombinasi warna merah dan hijau, Selain itu Ayam Bangkok Blorok Madu lebih banyak dicari ketimbang Blorok biasa.

3. Ayam Bangkok Wiring

Jenis ayam bangkok ini mungkin seringkali dijumpai dipasar. Ayam bangkok jenis ini biasanya berwarna dasar hitam, warna bulu rawis kemerahan, ekor kuning kemerahan.

4. Ayam Bangkok Klawu, Jragem, dan Putih.

Ciri khas dari Ayam Bangkok Klawu yaitu berwarna abu-abu dengan campuran warna lain, seperti warna merah, hitam, kuning gading. Untuk jenis Jragem, berwarna dasar hitam pada bulunya.

5. Ayam Bangkok Wangkas

Ciri dari ayam bangkok jenis ini yaitu Warna dasar kuning kemerahan atau keemasan dari tubuh hingga rawisnya.


Belum ada Komentar untuk "Kelebihan atau keunggulan ayam saigon dan Ayam bangkok serta Kelemahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel