Ciri khas ayam hutan kelabu jantan dan betina

PETERNAKAN AYAM

JENIS AYAM HUTAN

sebaran ayam hutan

Ayam Kelabu - Ayam Hutan Kelabu (Gallus Sonneratii, Temminck, 1813) dari suku Phasianidae, Ayam Kelabu hidup berkelompok dan bersarang di atas pohon. Ayam jenis ini biasa hidup di sekitar pegunungan pada ketinggian 1.500-2.000 m. Ayam hutan Kelabu Tersebar dan endemik di hutan tropis bercuaca kering dan umumnya banyak di jumpai di India bagian tengah, barat, dan selatan. 

Ciri khas ayam hutan kelabu jantan dan betina

ayam hutan kelabu pada umumnya berukuran sedang, dengan panjang sekitar kurang lebih 80 centimeter.  

Ciri ayam hutan kelabu jantan
Ayam Hutan Kelabu Jantan memiliki beberapa ciri khasnya diantaranya yaitu memiliki bulu-bulu leher, tengkuk, dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, 
Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning dan memiliki sepasang sebuah taji. 
Ciri ayam kelabu jantan lainnya yaitu ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah, ujung-ujung ekor berwarna kuning.

Ciri ayam kelabu betina

Ayam hutan kelabu betina pada umumnya berukuran lebih kecil dengan panjangnya kurang lebih sekitar 38 centimeter. ciri khas dari ayam hutan kelabu betina yakni bulu-bulu nya yang agak pendek dibanding dengan bulu yang jantan dan berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik yang berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh. Ayam hutan kelabu betina tidak memiliki taji. 
Biasanya ayam ini di pagi dan sore hari, mereka keluar untuk mencari makanan di atas permukaan tanah. ayam hutan kelabu akan memakan biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.

Belum ada Komentar untuk "Ciri khas ayam hutan kelabu jantan dan betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel