Ciri khas ayam kampung dengan ayam negri / ayam broiler

PERBEDAAN AYAM KAMPUNG DENGAN AYAM NEGRI

Cara membedakan ayam kampung dengan ayam negri

Ciri khas ayam kampung dengan ayam negri

Jenis Ayam - Asal mula unggas termasuk ayam yakni berasal dari ayam hutan liar yang ditangkap dan dipelihara hingga jinak. Dari masa kemasa ayam liar tersebut mengalami domestikasi dan terjadi persilangan atau disebut juga kawin silang dengan ayam jenis lainnya sehingga menghasilkan jenis-jenis unggas atau ayam yang terdapat sampai saat ini.

Ada jenis ayam yang cenderung menghasilkan telur, menghasilkan daging atau antara penghasil telur dan daging, ayam yang menghasilkan daging dan telur disebut dwiguna. bisnis ternak ayam jadi salah satu usaha yang menjanjikan sekarang ini mengingat harga daging dan telur semakin hari semakin naik. di pasaran permintaan terhadap daging ayam ini selalu naik.

Hasil yang bisa didapatkan dari beternak ayam / unggas, 

Karkas adalah hasil utama dari pemotongan ternak. Karkas ayam yakni daging beserta tulang hasil pemotongan setelah dipisahkan isi rongga perut serta darah dan bulu.

Cara membedakan ayam kampung dengan ayam negri

Ayam kampung
Berbeda dengan ayam negri, ayam kampung lebih besar ukurannya. Dagingnya pun lebih liat. hampir semua orang pasti mengakui kalau ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih manis dan gurih. dari segi harga sedikit lebih mahal dari ayam negri.

Selain itu Ayam kampung dikenal juga dengan sebutan ayam lokal, ayam sayur, atau ayam buras. ayam kampung tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Salah satu ciri ayam kampung yakni sifat genetiknya yang tidak seragam, Ukuran tubuh, warna bulu, serta kemampuan produksi yang tidak sama merupakan cermin dari keragaman genetiknya. 

Keunggulan ayam kampung dibanding dengan ayam negri (broiller) yaitu ayam kampung tahan terhadap lingkungan yang buruk, mampu beradaptasi dengan pakan berkualitas rendah keistimewaan ayam kampung lainnya yakni tidak mudah stress bila mendapatkan perlakuan yang kurang memadai

Ciri-ciri ayam kampung
  1. Pada umumnya ayam kampung ini tubuhnya lebih panjang 
  2. Ayam kampung memeliki pertumbuhan daging yang relative baik.
  3. bentuk tubuh ayam kampung ramping dan padat
  4. Kulit ayam kampung lebih kuat dan tidak mudah sobek, kulit bagian dada agak keriput.
  5. Warna daging ayam kampung cenderung lebih gelap
  6. Bagian dada ayam kampung umum nya lebih kurus dan tulang dadanya menonjol 
  7. Daging ayam kampung lebih liat dan alot. 
Ayam Negri (Broiller)
Ayam negri atau ayam broiler paling disukai orang mungkin dikarenakan dagingnya yang berlemak dan mudah lunak saat diolah untuk masakan. lapisan kulit ayam membuat rasanya lebih gurih dan nikmat saat diolah. ayam negri ini banyak banyak di olah menjadi KFC.

Ke unggulan ayam jenis ini lainnya yaitu bentuk karkasnya lebih tebal dan gemuk. Selain mengandung banyak lemak juga air di dalam tubuh ayam negri ini. Sebaiknya saat membeli pilih ayam broiler yang sudah ditiriskan tujuannya untuk mengurangi kadar air yang ada dalam tubuh ayam.

Ciri-ciri ayam broiler atau ayam negri
  1. Warna daging ayam negri / ayam broiler lebih cerah dan dagingnya lebih kenyal.
  2. Ayam broiler atau disebut juga ayam negri atau ayam broiler cenderung lebih gemuk banyak dagingnya
  3. Kulit ayam broiler / ayam negri lebih mengkilap dan banyak lemak
  4. Kulit ayam negri lebih mudah sobek.

Belum ada Komentar untuk "Ciri khas ayam kampung dengan ayam negri / ayam broiler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel