JENIS PAKAN YANG BAIK BAGI AYAM PETELUR dan tipe dan Jenis Ayam Petelur Unggul

BETERNAK AYAM PETELUR

JENIS PAKAN YANG BAIK BAGI AYAM PETELUR

Pakan Ayam - beternak ayam petelur bagi pemula diperlukan kehati-hatian dan tahapan yang tidak boleh dilewatkan atau diabaikan karena jika asal asalan dalam beternak ayam petelur maka akan merugikan kita sendiri sebagai peternak ayam. beberapa hal yang tidak boleh diabaikan oleh seorang peternak ayam yakni pemilihan bibit, pakan, obat obatan, perkandangan, lokasi dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bahwa satu usaha peternakan yang menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit adalah beternak ayam petelur. di karena kan sekarang ini semakin meningkatnya permintaan telur seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat apalagi di kota kota besar.

Hal hal yang wajib diperhatikan dalam beternak ayam petelur

Ada baiknya sebelum memulai usaha ayam petelur pastikan terlebih dahulu mencari informasi mengenai usaha ternak tersebut jangan asal mulai saja. Mulai dari jenis ayam petelur yang dipilih, kondisi perkandangan dan jenis jenis pakan yang dibutuhkan oleh ayam tersebut tujuannya adalah untuk meminimalisir risiko kerugian. 

Untuk mendapatkan telur yang berkualitas maka kita harus memperhatikan pakan yang diberikan untuk ayam petelur tersebut. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, maka kualitas telur ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal seperti yang diharapkan.

Kandungan gizi yang dibutuhkan untuk ayam petelur

Ayam petelur yang sudah berusia 20 minggu atau yang sudah memasuki masa dewasa harus diberi pakan yang kaya kalsium. Kalsium sangat berpengaruh terhadap kualitas telur yang dikeluarkan oleh ayam tersebut. para peternak ayam petelur biasanya memberikan nutrisi atau pakan / makanan tambahan untuk ayam petelur yang berupa cangkang tiram yang sudah digiling hingga halus. Ayam yang kekurangan kalsium akan mengeluarkan telur dengan cangkang yang mudah pecah. Nutrisi tambahan biasanya diberikan juga kepada ayam yang memproduksi banyak telur supaya telur yang dikeluarkan terjaga kualitasnya dan tentunya tidak mudah pecah. 

Pakan Ayam Petelur pabrikan

Pakan untuk ayam petelur yang buatan pabrik termasuk paling mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasaran. Terutama sekali pada para peternak ayam dengan skala menengah dan skala kecil yang sedikit kesulitan untuk mendatangkan bahan-bahan untuk membuat konsentrat / pakan ayam.

Jenis pakan ayam petelur yang diproduksi oleh pabrik ada dua macam. Biasanya untuk pabrik besar mereka menyediakan kedua jenis pakan untuk ayam petelur. Kedua jenis pakan ayam petelur ini merupakan pakan jadi atau pakan komplit yang cuma tinggal diberikan saja untuk ayam tidak perlu dicampur dengan bahan lainnya dan yang kedua pakan konsentrat yang masih harus ditambah dengan jagung, bekatul dan bahan lainnya.

tipe dan Jenis Ayam Petelur Unggul

Tipe Ayam ras Petelur
Ayam petelur tipe ringan khusus dikembangkan atau dipelihara hanya untuk bertelur bukan untuk diambil dagingnya. keuntungan beternak dari ayam ras petelur adalah produksi telurnya yang lebih tinggi dibandingkan produksi telur ayam buras dan jenis ayam petelur yang lain.

Asal muasal tipe ayam ras petelur, Ayam ras petelur hasil rekayasa genetik berdasarkan karakter-karakter dari ayam yang sebelumnya ada. tipe dan jenis ayam ras petelur terdiri dari ayam petelur tipe ringan dan ayam petelur tipe medium / tipe sedang. Perbaikan-perbaikan genetik terus diupayakan agar nantinya mencapai hasil yang optimal.

Tipe ayam petelur ringan yakni tipe ayam petelur yang dinamai karena memiliki bobot yang lebih ringan dibanding ayam lain dengan jenis yang sama. Ciri umum ayam petelur tipe ringan yaitu memiliki badan yang ramping, kecil, mata bersinar, dan bercengger merah darah serta bulunya ayam petelur tipe ringan umumnya berwarna putih bersih, Ayam tipe ini mampu bertelur lebih dari 260 telur per tahun.

Tipe ayam petelur Medium/ tipe sedang
Ayam petelur tipe medium atau ayam tipe sedang dikembangkan untuk produksi telur dan juga untuk diambil dagingnya sehingga ayam tipe ini memiliki bobot badan lebih berat daripada ayam petelur tipe ringan.
Seperti yang disebutkan diatas nama tipe ayam medium atau tipe sedang berasal dari bobot ayam tersebut yang meskipun bobot nya lebih berat dari tipe ayam petelur ringan, namun bobot nya tidak lebih berat dari ayam pedaging.
 
Ciri khas ayam petelur tipe medium, Tubuh ayam tipe ini tidak kurus tetapi juga tidak terlihat gemuk. salah satu keunggulan ayam tipe ini yakni dapat menghasilkan telur yang cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak. sehingga masyarakat memelihara dalam usaha peternakan ayam petelur.

Belum ada Komentar untuk "JENIS PAKAN YANG BAIK BAGI AYAM PETELUR dan tipe dan Jenis Ayam Petelur Unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel