jenis ayam aduan dari warna bulu dan penyakit ayam

PETERNAKAN AYAM ADUAN DAN PENYAKIT AYAM

Jenis-Jenis Ayam Aduan

Jenis-Jenis Ayam Aduan - Dalam penamaan katuranggan ayam aduan, warna bulu dianggap dapat mempengaruhi bagaimana suatu jenis ayam aduan ketika menjalani pertarungan di arena laga. Pemahaman ini sangat diyakini oleh banyak botoh ayam. Yang membuat pemahaman katuranggan ayam sangat diyakini yaitu karena warna bulu ayam dapat mempengaruhi mental ayam lawan pada saat bertarung. Apa saja jenis-jenis ayam  aduan bangkok berdasarkan warna bulunya??  Bagaimana keistimewaan dari jenis ayam bangkok yang berbulu taduang atau hitam, wiring kuning, bangkeh, dan warna-warna bulu ayam lainnya? dibawah ini penjelasan lengkapnya!

Katuranggan Jenis Ayam Aduan Bangkok dari Warna Bulu
Pada dasarnya warna bulu ayam aduan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan berkelas atau tidaknya suatu ayam aduan. Namun, bulu dengan warna yang cantik dan indah sering kali menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bulu ayam aduan sering kali menjadi standar kualitas dan nilai harga ayam aduan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa jenis ayam aduan bangkok berdasarkan warna bulu dalam ilmu katuranggan.

1. Ayam Bangkeh
Ayam aduan bangkeh merupakan jenis ayam bangkok yang memiliki warna bulu kuning kemerah-merahan baik pada rawis maupun pada bulu utamanya. Di dalam ilmu katuranggan, jenis ayam bangkeh ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang pertama ayam bangkeh api dan yang kedua ayam bangkeh emas. Ayam bangkeh api yaitu ayam bangkeh dengan warna bulu kuning gelap kemerah-merahan, ayam bangkeh emas yaitu ayam bangkeh dengan warna bulu kuning keemasan.

2. Ayam Hitam atau Ayam Taduang
Ayam ini memiliki karakteristik bulu dan rawis serta mata, paruh, dan kakinya berwarna hitam. Ayam taduang atau Ayam hitam dipercaya mempunyai tuah. Kehebatan dalam bertarung pada ayam hitam dapat muncul tanpa diduga-duga. Namun tidak semua ayam hitam atau ayam taduang memiliki sifat yang demikian.


3. Ayam Kanso Atau Ayam Kelabu
Ayam Kanso atau ayam kelabu. Jenis ayam aduan bangkok ini mempunya bulu dengan warna dasar abu-abu. Ayam aduan ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang pertama ayam kanso monyet dan yang kedua ayam kanso api. Ayam kanso monyet yaitu ayam aduan dengan rawis abu-abu kehitaman, sedangkan ayam kanso api yaitu ayam kanso dengan warna rawis kuning kemerah-merahan.

4. Ayam Wiring
Ayam wiring dapat kita bedakan menjadi 2 jenis yaitu yang pertama ayam wiring kuning dan yang kedua ayam wiring galih. Ayam wiring kuning yaitu ayam wiring dengan warna dominan rawis kuning keemasan dan memiliki paruh dan kaki yang juga berwarna kuning. Sedangkan Ayam wiring galih yaitu ayam dengan rawis yang warnanya lebih cenderung merah-merah tua kecoklatan. Perlu untuk diketahui bahwa ayam wiring adalah ayam kelas satu dalam katuranggan ayam aduan bangkok. maka dari itu, sering kali kita jumpai ayam aduan ini dengan bulu wiring dijual dengan harga yang cukup tinggi. Ayam wiring merupakan jenis ayam aduan bangkok dengan warna bulu hitam dengan warna rawis kuning kemerahan pada bagian leher dan ekor. 


5. Ayam Kinantan Atau Ayam Putih
Jenis ayam aduan bangkok ini mempunyai bulu dengan warna utama putih. Warna putih tersebut bahkan menjadi warna mata, paruh, hingga sisik kakinya. Ayam kinantan dipercaya mempunyai tuah yang tanpa ampun. Jika sedang hoki, pemiliknya bisa mendapat ayam kinantan yg benar-benar hebat di dalam arena. 

6. Ayam Kuriak atau Ayam Jali
Ayam kuriak merupakan jenis ayam aduan bangkok dengan warna bulu campuran yang artinya bulu ayam kuriak atau ayam jali ini bisa merupakan perpaduan dari berbagai warna, misalnya warna putih, hitam, atau warna-warna lainnya. dalam dunia ayam aduan, ayam jenis kuriak sangat jarang ditemui. karena kelangkaannya, ayam kuriak atau ayam jali ini juga sering dijual dengan harga yang sangat mahal.

========

KARAKTERISTIK AYAM SHAMO

kelebihan atau keunggulan ayam shamo

Ciri ciri ayam shamo - Ayam shamo termasuk salah satu jenis ayam aduan yang cukup populer di kalangan penggemar sabung ayam, ayam shamo juga merupakan tipe ayam petarung yang sangat bagus. Ayam shamo terbagi menjadi tiga jenis yaitu O-Shamo ini jenis besar, Chu Shamo ini berukuran sedang dan KO Shamo ukuran kecil. 

Ciri ciri umum ayam shamo
  1. Ayam shamo yang asli atau original mempunyai bentuk badan yang besar dibandingkan dengan ayam bangkok, saigon, ayam birma, maupun ayam pakhoy. dan Bentuk badan terlihat sangat tegap dan berotot.
  2. Mata ayam shamo original terlihat cerah.
  3. Paruh ayam shamo lebih kuat dan tebal.
  4. Memiliki bentuk jengger seperti telon dan jengger belimbing.

Ayam Shamo Asli atau original memiliki banyak sekali kelebihan atau keistimewaan diantaranya yaitu : Ayam shamo mempunyai stamina yang kuat dan mampu bertarung dengan waktu lebih lama, Pukulan dari ayam shamo ini juga sangat terarah dan kuat itu dikarenakan ayam jenis ini mempunyai otot yang sangat kuat. Ayam shamo juga terkenal dengan ayam tahan pukul seperti ayam saigon dan termasuk ke dalam jenis ayam pukul dan ayam shamo jarang memiliki jalu yang panjang.

kekuatan dari ayam shamo ini sudah tidak diragukan lagi, ayam shamo juga memiliki ciri fisik yang berbeda dari ayam aduan pada umumnya. Ayam Shamo juga memiliki bentuk body yang bagus dan banyak disukai oleh pecinta ayam laga.

Asal muasal Ayam Shamo
Ayam ini pada awalnya didatangkan ke Jepang pada abad ke-16. Keturunan Nama adalah derivasi dari ekspresi Jepang dari kata "Sham" yang berarti "Siam (Thailand)". Ayam shamo memiliki ciri-ciri tubuh yang sangat besar dan ayam shamo ini berbeda dengan ayam jenis lain dan bobot antara 6–8 kg. Kemudian ayam shamo ini dikawinkan dengan ayam lokal sehingga menghasilkan trah keturunan baru yang terus dikembangkan.

Keturunan hasil penyilangan yang bisa bertahan dari waktu ke waktu akan dibiakkan untuk jadi patokan sebagai ayam petarung. Tak sampai disitu proses persilangan antara ayam shamo dengan ayam lain masih terus dilakukan dengan harapan dapat menemukan bibit petarung unggul dari ayam ini.

===

CIRI KHAS AYAM BANGKOK


Ciri ciri umum ayam bangkok - Ayam bangkok lokal atau ayam bangkok asli dapat dibedakan menjadi beberapa ciri untuk membedakannya kita harus benar benar teliti dalam melihatnya karena kalau sekilas dilihat antara ayam bangkok asli dengan ayam bangkok yang sudah terjadi persilangan tidak jauh berbeda, perlu diketahui juga bahwa Ayam bangkok selain sebagai ayam aduan/sabung, juga sangat menarik untuk dipelihara karena ayam bangkok ini memiliki warna yang beragam, dan tidak sedikit yang mengoleksi ayam bangkok justru karena warnanya yang menarik. Ayam bangkok asli Thailand harganya tergolong mahal. Harga ayam bangkok asli itaksir mencapai hingga jutaan rupiah, biasanya para pehobi ayam aduan tidak menjadikan masalah asalkan ayam tersebut merupakan ayam bangkok asli berkelas dan bisa dijadikan sebagai indukan untuk menghasilkan anakan ayam bangkok berkualitas nantinya.
Salah satu keistimewaan ayam bangkok : Teknik yang paling disukai para penghobi ayam dari ayam bangkok ini adalah teknik kunci dan teknik kontrol. Ayam bangkok yang memiliki teknik berlari sangat jarang. Dalam teknik berlari, ayam akan menyerang terus sampai lawannya menyerah.
Supaya kita tidak tertipu begitu saja ketika membeli ayam bangkok, sekarang ini banyak sekali orang yang menjual ayam bangkok tetapi bukan jenis ayam bangkok asli atau ayam bangkok hasil persilangan yang dijual. Terdapat ciri ciri khusus pada Ayam Bangkok Asli, yang sering dicari oleh para pecinta ayam petarung.

CIRI CIRI UMUM AYAM BANGKOK ORI /ASLI

1. Mental Bertarung Ayam Bangkok

Ayam bangkok asli memiliki mental bertarung yang luar biasa, ayam bangkok memiliki keberanian untuk mengalahkan lawannya yang memiliki postur lebih besar.
Ayam bangkok memang tipe ayam petarung, ayam jenis ini memang salah satu jenis ayam aduan yang tidak mudah mengalah dan tidak kenal rasa takut bahkan ayam bangkok seringkali bertarung sampai mati.

2. Struktur Tulang Ayam Bangkok
Ayam bangkok asli struktur tulang atau tulangnya akan terasa lebih padat, karena pemberian pakan mineral, terutama kalsium dan fosfor yang baik, ini benar benar harus diperhatikan oleh peternak itu sendiri.
Dengan pemberian pakan yang baik, maka pembentukan tulang sejak anakan ayam akan semakin baik saat nantinya ayam mencapai usia dewasa.

3. Warna Pangkal Bulu Ayam Bangkok
Pada umunya Ayam bangkok asli yang bukan dari hasil penyilangan mempunyai warna kekuning-kuningan di bagian pangkal bulu dan permukaan kulitnya.
Warna tersebut terdapat di semua bagian bulu, bagian punggung, bagian sayap, bagian perut, bagian leher, maupun bagian kaki.

4. Gaya Tarung Ayam Bangkok
Pada dasarnya terlihat beberapa gaya bertarung atau tehnik yang sering dilakukan ayam bangkok ori, diantaranya yaitu: teknik kunci,  teknik kontrol, teknik bongkar singkap sayap dan teknik berlari, yang ini tentu hanya dimiliki oleh ayam bangkok ori.

5. Warna Ayam Bangkok
Dibawah ini merupakan jenis ayam bangkok yang dikategorikan dari warna yang dimilikinya:
  1. Warna Putih
  2. Warna Wiring
  3. Warna wangkas
  4. Warna Klawu
  5. Warna Blorok
  6. Warna Jragem
  7. Warna Jali
=====

PENYAKIT TERNAK/AYAM

penyakit yang biasa menyerang unggas atau ayam

Penyakit Korisa Pada Ayam - Korisa merupakan penyakit yang sangat sering menyerang unggas salah satunya adalah ayam, Penyakit Korisa disebabkan oleh bakteri Avibacterium paragallinarum. 

Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa, yaitu sebagai berikut :
  • Terjadinya penurunan produksi telur pada ayam.
  • Bagian muka ayam membengkak, khususnya di daerah sinus di bawah mata.
  • Ayam terlihat sulit untuk bernafas.
  • Mata ayam tampak berair seperti menangis yang lama kelamaan akan menutup.
  • Adanya lendir dari hidung ayam yang pertama-tamanya encer dan kemudian kental seperti nanah.
  • Diare (mencret), dan
  • Bau menyengat seperti telur yang sudah busuk.
Meskipun penyakit korisa ini tidak mengakibatkan kematian yang tinggi pada unggas, namun serangan penyakit korisa tetap saja menimbulkan kerugian karena tingkat penularanya yang sangat cepat, mengakibatkan pertambahan bobot badan ayam menjadi terhambat dan pada ayam petelur dapat menurunkan produksi telur 10 sampai 40%. ini belum lagi termasuk tingginya angka afkir ayam apabila penyakit korisa yang menyerang ayam sudah sangat parah dan begitu sulit untuk disembuhkan. 

Hal yang harus diwaspadai jika ayam sudah terjangkiti panyakit korisa
Setelah terinfeksi bakteri penyebab penyakit korisa, unggas / ayam biasanya akan menunjukan gejala klinis dalam waktu 1-3 hari. disebut dengan masa inkubasi, yaitu tenggang waktu awal infeksi sampai munculnya gejala - gejala klinis pada unggas / ayam. Selain itu informasi masa inkubasi sangatlah penting untuk menyusun program pencegahan dari penyakit korisa ini.  Berikut kami beri contoh, di suatu peternakan ayam penyakit korisa sering menyerang unggas atau ayam yang berumur 28 hari. Kemudian, berdasarkan masa inkubasi 1 sampai 3 hari maka kita dapat melakukan pencegahan dari penyakit korisa ini pada umur 25 hari dengan cara pemberian antibiotik meskipun unggas atau ayam masih terlihat sehat. Dengan demikian recording pemeliharaan ayam pada periode sebelumnya sangat dibutuhkan. Korisa memang termasuk jenis penyakit pada unggas yang sulit untuk dibasmi sampai tuntas.
Tingkat kesakitan penyakit korisa bervariasi antar unggas/ayam mulai dari yang ringan, sedang sampai yang parah (muka bengkak, mata tertutup, pilek berbau busuk).
Ada beberapa hal atau tindakan yang dapat kita dilakukan terhadap unggas/ayam yang sudah terserang penyakit korisa antara lain, yaitu :

  1. Isolasi (memindahkan ayam yang sudah terserang penyakit korisa ke tempat yang jauh dari ayam yang belum terserang penyakit korisa).
  2. Pemberian obat.
  3. Ruang kandang ayam untuk membuang bangkai sebaiknya dijauhkan sejauh mungkin dari lingkungan kandang.
  4. Pemberian vitamin untuk menjaga kondisi tubuh ayam dan mengganti sel tubuh ayam yang rusak akibat dari terserang penyakit korisa.
Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa dan tindakan yang dapat kita dilakukan terhadap unggas/ayam yang sudah terserang penyakit korisa,

Belum ada Komentar untuk "jenis ayam aduan dari warna bulu dan penyakit ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel