5 cara membedakan anak ayam bangkok asli dengan ayam jenis lain dan ciri ayam yang sehat

PETERNAKAN AYAM ADUAN

cara memilih ayam bangkok dan cara membedakannya

Cara Membedakan Anak Ayam Bangkok Dengan Ayam Kampung

Cara Membedakan Anak Ayam Bangkok Dengan Ayam Kampung - Memilih ayam Aduan yang mempunyai potensi juara merupakan pekerjaan yang tidak terlalu sulit bagi mereka yang sudah berpengalaman didalam beternak ayam petarung. Cukup melihat dari segi fisik dan gaya bertarungnya saja, bagi mereka yang sudah berpengalaman sudah bisa menebak apakah seekor ayam aduan bisa diandalkan di arena laga atau tidak. Berikut cara menseleksi bibit ayam aduan bangkok yang berkualitas.

Cara Memilih Bibit Anak Ayam Aduan Bangkok

Akantetapi, lain cerita apabila ayam aduan bangkok yang akan kita pilih adalah ayam aduan bangkok usia anakan. Anak ayam aduan bangkok, terutama yang umurnya masih kurang dari 3 bulan akan cukup sulit untuk diterka kemampuannya. Karena usia ini anak ayam bangkok masih dalam masa pertumbuhan. Bentuk fisik yang menjadi ciri khas ayam aduan bangkok belum begitu terlihat. Kepala, Bulu, dada, ekor, dan juga bagian - bagian tubuh lain yang terdapat padanya masih belum tumbuh secara sempurna mungkin botoh tua sekalipun tidak akan sanggup secara akurat dalam memilih anak ayam bangkok mana yg memiliki potensi untuk menjadi ayam aduan juara setelah besar nantinya.

Namun bila kita lihat atau kita perhatikan secara lebih mendalam dari bentuk fisiknya, anak ayam bangkok yang asli punya perbedaan fisik dengan jenis ayam dari keturunan/trah manapun baik dari ayam saigon, ayam birma, ayam brasil ataupun ayam kampung biasa.  Anak ayam aduan bangkok yang asli sewaktu usia kurang lebih 1 sampai 3 bulan memiliki pertumbuhan bulu yang lebih lambat daripada pertumbuhan bulu pada ayam jenis lainnya, dengan kata lain apabila anak ayam aduan bangkok dan ayam jenis lain tersebut diberi pakan dan pemberian gizi yang sama maka yang akan terjadi nampak sekali pertumbuhan bulu - bulu ayam aduan bangkok akan tampak lebih lambat tumbuh jika dibandingkan dengan pertumbuhan bulu dari ayam selain ayam bangkok seperti pada ayam kampung biasa. Pertumbuhan bulu yang dimaksukan yaitu bulu disekitar dada dan punggung. Selain itu anak ayam bangkok yang asli pada umur kurang lebih tiga bulan tumbuh bulu sayap yang akan terlihat lebih halus dengan warnanya yang cukup kuat jika kita bandingkan dengan anak ayam selain bangkok seperti pada anak ayam kampung biasa. Oleh karenanya untuk lebih mudahnya kita membedakan anak ayam bangkok aduan yang asli lebih gampangnya bisa kita padukan dengan anak ayam jenis lainnya seperti kita padukan dengan ayam kampung biasa karena kelebihan yang dimiliki oleh ayam kampung tidak dimiliki oleh ayam bangkok yang asli begitu juga sebaliknya. Pada anakan ayam bangkok yang asli biasanya diwaktu kecil terlihat memiliki mental penakut atau tidak berani jika melihat jenis ayam lain seperti ayam kampung. bagi kita untuk mengetahui perbedaan mengenai anak ayam bangkok yang asli dengan ayam jenis lainnya bisa kita lihat tentang perbedaannya seperti berikut ini.

Perbedaan-perbedaan Anak Ayam Bangkok Asli Dengan Ayam Kampung atau Ayam jenis Lainnya.

  1. Bentuk kaki anak ayam bangkok yang asli mempunyai ukuran yg sedikit agak lebih panjang dengan bentuk jari-jari nya kecil dan agak meruncing, sedangkan pada anak ayam jenis lain kebanyakannya memiliki kaki pendek dengan ukuran kaki yang lebih besar dengan jari - jari lebih besar.
  2. Anak ayam bangkok yang asli memiliki bentuk kepala lebih gemuk jika dibandingkan dengan ayam jenis lain. Ayam jenis lain seperti ayam kampung mempunyai kepala lebih kurus.
  3. Anak ayam bangkok yang asli memiliki naluri yang terlihat lebih bodoh dan terlihat agak lambat dalam mencari makanan bila kita bandingkan dengan ayam kampung yang sangat lincah dan ulet dalam mencari makanan.
  4. Anak ayam bangkok yang asli memiliki parit di paruhnya sedangkan anak ayam jenis lain biasanya kalau masih kecil belum kelihatan atau belum begitu nampak.
  5. Anak ayam bangkok asli mata lebih jernih bila kita bandingkan dengan anak ayam jenis lain.
Mungkin untuk perbedaan diatas dapat dijadikan sebagai sebuah bahan perbandingan di dalam memilih anak ayam bangkok asli dari peternak atau penjual anak ayam aduan yang tidak diketahui asal usulnya. membeli anak ayam jenis bangkok semasa kecil memang dapat dikatakan sebagai memelihara ayam aduan pada waktu yang sangat tepat, karena usaha kita dalam memelihara ayam aduan jenis bangkok akan cukup maksimal dalam menciptakan ayam aduan jenis bangkok yang berkualitas. disamping itu juga membeli ayam bangkok aduan yang masih kecil bisa lebih menghemat uang.


==================

Ciri ayam aduan yang siap di adu

kondisi ayam aduan

Ciri ayam aduan yang siap di adu-  tentu bagi para pencinta ayam aduan akan sangat senang jika mempunyai ayam aduan yang sudah siap untuk berlaga, apalagi kalau ayam aduan itu terlihat sehat, garang, brigas dan tentunya akan sangat menjanjikan untuk diandalkan dalam sebuah pertarungan ayam. Ayam aduan yang kadar oksigen dalam darahnya bagus, tentu akan memiliki nafas yang panjang ketika sedang bertarung. Di dalam arena aduan ayam, kita harus pandai dan harus bisa mengetahui apakah ayam aduan kita itu sudah siap di tarungkan atau belum. Mungkin ada beberapa ciri atau teknik dari ayam aduan yang sudah siap di adu itu. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara melihat ayam aduan kita itu sudah siap atau fit ?? kalau belum dibawah ini cara mengetahui ayam jago kita siap di turunkan ke arena tarung :
Ciri-ciri ayam aduan yang sudah siap diadu dan ayam jago tersebut dalam kondisi fit harus kita ketahui sebelum ayam tersebut dibawa ke arena aduan.

Ciri ayam aduan yang sudah siap untuk di adu yaitu ayam aduan yang sudah cukup umurnya dan otot serta fisik sudah terbentuk. Mental, stamina dan kemampuan bertarungnya telah diuji ketika di abar berkali-kali. Dibawah ini ciri-ciri umum yang dapat kita lihat adalah sebagai berikut ini:
  1. Semua otot badan sudah terlatih yang dilihat yaitu dari besar dan kepadatan otot badannya, seperti pada bagian otot paha, otot leher dan pangkal sayap. Otot-otot tersebut apabila kita pegang akan seperti melawan karena padat dan solidnya otot tersebut.
  2. Ciri ayam aduan yang sudah siap untuk adu yaitu berat bobot ayam aduan tersebut sudah seimbang dan terasa mudah di angkat. Ketika ayam ini dipegang pada lingkaran pinggangnya, bobot tubuhnya sudah imbang dan turun kebawah arah kaki.

Kondisi Ayam Aduan
Ciri-ciri ayam aduan dalam kondisi fit terbaik harus diketahui sesaat sebelum kita bawa untuk bertarung. Berikut ciri-ciri yang dapat kita lihat:
  1. Kulit muka memerah cerah
  2. Sekitar dengkul juga ada merah
  3. Sisik dibawah dengkul bagian luar terlihat lebih kering seperti ada kapur
  4. Ekor brutu merah dan berminyak
  5. Cela jari juga ada merah
  6. Ayam terlihat lincah dan agresif, tampak dari gerak kepalanya yang tidak mau diam selalu dalam keadaan bergerak.
  7. Kotorannya padat berwarna hijau kecoklatan
  8. Apabila dipegang seperti ayam yang memberontak dan terkesan ayam liar yang tidak mau dikurung. Sebaiknya 1 hari sebelum ayam itu diadu, harus dikurung tertutup
Demikianlah ciri-ciri ayam aduan yang telah siap untuk diadu dan dalam kondisi fit. informasi peternakan ayam ini kami olah dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "5 cara membedakan anak ayam bangkok asli dengan ayam jenis lain dan ciri ayam yang sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel