Memilih induk ayam yang berkualitas dan Perawatan serta pengobatan pada ayam aduan yang lumpuh

PETERNAKAN AYAM ADUAN

ciri-ciri babon yang berkualitas bagus

Tips dalam memilih indukan ayam betina

Dalam perindukan ayam aduan, dikenal 2 jenis induk istimewa yaitu induk unggul dan induk cetak. induk unggul yaitu induk pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, bentuk badan ideal (seperti botol), menunjukkan teknik bertarung yang baik dan struktur tulang yang bagus. Induk ini juga harus mempunyai sifat dominan pada keturunan, sehingga nantinya anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan dari induknya. bahkan jika nanti ayam tersebut dikawinkan dengan pejantan yang kurang bagus pun, anak-anak yang dihasilkan akan ikut induk dan bahkan lebih bagus dari bapaknya. induk ayam aduan unggul biasanya berasal dari galur murni.

Bagi para penghobi breeding ayam aduan, memahami cara memilih indukan ayam aduan yang baik merupakan suatu keharusan. seekor induk betina mungkin bisa diibaratkan sebagai mesin utama dalam sebuah peternakan ayam aduan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ dari pada pejantan. memilih induk ayam betina yang baik tidak lah mudah, mungkin lebih sulit dari pada memilih pejantan yang berkualitas. seekor pejantan bisa kita pilih dengan melihat teknik bertarungnya dalam menghadapi berbagai tipe lawan, namun memilih seekor induk betina yang baik tidak cukup demikian.

Induk cetak merupakan induk yang memiliki kecenderungan resesif dalam keturunan. anak-anak yang dihasilkan akan cenderung mirip dengan bapaknya. seekor induk cetak yang baik, akan menghasilkan anak-anak yang jelek ketika pejantannya jelek. begitu juga sebaliknya akan menghasilkan anak-anak bagus ketika pejantannya bagus. apabila induk cetak dikawinkan dengan pejantan yang tidak bagus dan anaknya bagus, maka ia gagal dalam kriteria induk cetak dan harganya turun.

Induk cetak bisa cetak teknik, cetak fisik atau cetak semuanya. untuk uji cetak fisik, yaitu dengan cara mengawinkan berbeda bulu ataupun bentuk jengger yang berbeda. seekor induk cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak -anak berwarna putih ketika pejantannya berwarna putih. Bila kita kawinkan dengan ayam katai, maka anaknya pun harus berukuran kecil. kemudian untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan pejantan yang berteknik jelek, lalu dengan pejantan berteknik bagus. seekor induk betina yang cetak sempurna, harganya bisa sangat mahal dan tidak realistis. induk cetak bisa berasal dari galur murni maupun campuran atau turunan yang sudah jauh.

PENSELEKSIAN INDUK BETINA AYAM ADUAN

Memilih Induk Betina Sebelum Beternak
Memilih indukan betina sebagai penerus keturunan di kandang Ayam aduan memang agak susah-susah gampang. Mengapa demikian? Bagi para penghobi Ayam Aduan, tentu ingin mempunyai ayam aduan yang sanggup menggebrak di arena pertarungan, baik itu secara fisik mental maupun secara tekhniknya. Tetapi untuk bisa mendapatkan ayam aduan yang berkualitas terbaik tentunya itu tidak luput dari seekor indukan dan pejantan yang unggul dari segi teknik bertarung, dalam segi fisik dan pukulan. kenapa demikian? karena seekor indukan ayam aduan yang berkualitas serta pejantannya tentu nantinya akan menghasilkan keturunan yang bagus juga, maka dari itu kita harus jeli dan juga paham dalam memilih ayam babon yang juga berkualitas.
Memilih indukan ayam aduan yang memenuhi kriteria memang tidak mudah bahkan cenderung sulit, ayam aduan lebih mudah dikenali dengan ciri-ciri fisik dan gaya bertarung atau teknik dalam menghadapi berbagai macam lawan ketika di adu. Berikut cara memilih ayam indukan yang baik dan juga berkualitas super?? Dalam dunia ayam aduan  dikenal  2 tipe indukan yaitu:
  1. Babon (indukan) cetak merupakan indukan yang cenderung resesif dalam menghasilkan keturunan. Anak-anak yang di hasilkan akan cenderung sama atau mirip seperti dengan pejantannya. Seekor walau pun indukan cetak yang berkualitas bagus, akan menghasilkan anak-anak yang kurang bagus ketika pejantannya jelek. Begitu juga sebaliknya ketika menghasilkan anak-anak yang bagus jika pejantannya berkualitas bagus. Apabila indukan dikawinkan dengan pejantan yg kurang bagus atau jelek dan anak-anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria indukan cetak dan menjadi tidak jelas, maka alternatif selanjutnya yaitu kita harus menggantinya. Indukan cetak bisa mencetak teknik, fisik atau cetak semuanya. Cara mengujinya yaitu dengan mengawinkan berbeda bulu ataupun dikawinkan dengan bentuk jengger yang beda. Apabila bulunya berwarna hitam maka nantinya akan menghasilkan anak-anak yang berbulu hitam, begitu juga dengan bentuk jengger, tulangan, badan dan segala hal tergantung pada pejantannya. 
  2. Indukan Unggul yaitu indukan pilihan, indukan unggul memiliki sifat dominan terhadap keturunan sehingga anaknya akan mewarisi kelebihan yg dimiliki oleh induknya, mempunyai silsilah keturunan yang berkualitas bagus dan kondisi fisik yang bagus seperti bentuk badan yang bagus, tulangan dan gaya bertarung yang baik. ketika kita kawinkan dengan pejantan yg kurang bagus pun, anak-anak yang dihasilkan nantinya akan cenderung ikut induk dan bahkan akan lebih bagus dari pejantannya. indukan unggul biasanya berasal dari jalur murni.
Meskipun hal ini terlihat sangat mudah tapi dalam kenyataanya cukup sulit dalam menentukan seekor indukan termasuk dalam indukan cetak maupun indukan unggul karena di butuhkan pembuktian paling tidak 2 sampai 3 kali bertelur. dalam beternak ayam aduan sebaiknya terdapat lebih dari satu indukan misal 3 sampai 5 sehingga didapatkan indukan yang bisa dipastikan penghasil keturunan yang berkualitas bagus.

=======================

Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh

penyakit lumpuh pada ayam

Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh - Mungkin kita pernah menjumpai ayam aduan kita yang tiba-tiba lumpuh tidak berdaya!! Ayam aduan tersebut lemas, ekor terlihat turun, sayap lemas, dan hanya tidur saja bahkan untuk berdiri saja tidak mampu. Masalah lumpuh pada ayam aduan atau sering disebut juga dengan turun urat ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.
Dalam kesempatan ini, kita akan membahas mengenai hal-hal yang menjadi penyebab ayam aduan menjadi lumpuh beserta obat ayam lumpuh tradisional dan cara perawatan yang sebaiknya diberikan untuk menyembuhkan lumpuh pada ayam aduan.

Obat Untuk Ayam Lumpuh
Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai beberapa obat untuk mengobati ayam lumpuh dan bagaimana cara menggunakannya, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui sebab-sebab yang bisa membuat ayam aduan kita lemah dan tidak berdaya atau lumpuh.

Berdasarkan dari pengalaman para botoh, penyebab ayam aduan menjadi lumpuh / turun urat ternyata sangat beragam jenisnya, di antaranya yaitu seperti dibawah ini:
  1. Ayam ini ditarungkan atau diadu dengan ayam yang umurnya jauh lebih tua.
  2. Ayam dipaksa bertarung/diadu ketika umurnya masih terlalu muda.
  3. Ayam yang lumpuh ini terkena pukulan yang sangat keras oleh lawan di bagian tubuhnya yang sensitif. Mungkin penyebab ini dampaknya bisa langsung dirasakan pada saat itu juga, namun ada juga yang baru akan muncul pada beberapa hari kemudian.
  4. Ayam ditarungkan tanpa adanya persiapan matang
  5. Ayam aduan tersebut memukul benda-benda keras misalnya batu atau kayu ketika tengah bertarung.
  6. Ayam aduan menjadi lumpuh secara tiba-tiba juga bisa disebabkan karena terlalu sering di adu abar.
Cara Menghilangkan Atau Mengobati Ayam Lumpuh
Setelah kita mengetahui penyebabnya, Maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan sebelum mengobati ayam aduan lumpuh tersebut yaitu dengan melakukan karantina. Pisahkan ayam aduan yang lumpuh tadi dikandang yang berbeda. Setelah ayam dikarantina, kemudian berikan perlakukan dan obat ayam lumpuh seperti yang di jelaskan dibawah ini:

1. Daun Serai

Obat ayam lumpuh yang pertama yaitu daun serai. Daun serai biasa digunakan sebagai bumbu masakan, Daun serai ini ternyata bisa memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat. Berikut ini cara menggunakannya : dengan menempelkan daun serai yang sudah ditumbuk di bagian yang terlihat sakit pada ayam aduan. Penempelan daun serai dilakukan dengan menggunakan bantuan kain perban selama lebihkurang 2 hari hingga diganti dengan yang baru kalau ayam belum sembuh.

2. Obat Tradisional

Selain dengan menggunakan obat luar, ayam yang lumpuh juga perlu diberi obat dalam. Obat dalam untuk ayam lumpuh bisa kita buat dari bumbu - bumbu yang ada di dapur. Berikut cara meraciknya : sediakan cabe merah, bawang merah dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Semua bahan - bahan tersebut ditumbuk hingga halus kemudian cekoki ayam lumpuh dengan obat ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali pada waktu malam hari. Apabila di pagi hari ayam lumpuh itu belum terlihat perubahannya, maka lakukan terus secara berulang-ulang sampai hasilnya dirasa memuaskan.

3. Multivitamin Untuk Ayam Lumpuh

Selain dengan melakukan pengobatan, Ada baiknya ayam yang lumpuh juga diberi multivitamin khusus. Mengingat multivitamin sangat penting diberikan untuk menjaga kekebalan tubuhnya yang melemah akibat malas makan. Untuk merek multivitamin yang dianjurkan sebagai obat ayam lumpuh oleh para botoh yaitu Becomp Plus atau multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus yang bisa kita dibeli di apotek terdekat. 

4. Asupan Makanan Untuk Ayam Lumpuh

Selama mengalami lumpuh atau turun urat, asupan makanan ayam harus benar-benar diperhatikan. ayam aduan yang lumpuh biasanya akan malas makan dan minum, maka dari itu kita sebagai tuannya, harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perutnya supaya tidak kosong. 

5. Perawatan Lainnya Untuk Ayam Lumpuh

Selain perawatan dan pemberian obat ayam lumpuh di atas, ada beberapa perawatan lain yang perlu dilakukan pada ayam lumpuh tadi. Beberapa perawatan tersebut contohnya seperti :
Memijat bagian tubuh ayam aduan yang sakit dengan minyak tawon atau salep, terutama kalau pengobatan dengan memakai daun serai tidak dilakukan.
  1. Sebaiknya hindari menjemur atau memandikan ayam sampai kondisi ayam lumpuh tersebut benar-benar pulih.
  2. Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali supaya tubuh ayam ini tetap fit. Obat penambah darah yang bisa kita berikan misalnya Sangobion.
  3. Sebaiknya kandang ayam selalu dalam keadaan hangat pada malam hari. Caranya : dengan menyelambuinya kandang bagian luar dengan memakai kain rapat.
  4. Berikan juga bawang merah 1sium setiap pagi tujuannya untuk menambah nafsu makan ayam aduan yang lumpuh dapat tetap terjaga.

Itulah sedikit penjelasan mengenai obat untuk ayam lumpuh dan tata cara perawatannya yang perlu diberikan pada ayam aduan kita yang bermasalah. Memang benar pemulihan cedera urat dan otot butuh waktu yang relatif lebih lama.

Data ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Memilih induk ayam yang berkualitas dan Perawatan serta pengobatan pada ayam aduan yang lumpuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel