sejarah peternakan ayam broiler dan asal usul ayam ras pedaging

PETERNAKAN AYAM BROILER

sejarah peternakan ayam broiler

ASAL USUL AYAM BROILER ATAU AYAM PEDAGING

Pengertian Ayam Broiler - Ayam broiler atau disebut juga ayam ras pedaging / ayam potong merupakan ayam jenis ras unggulan hasil dari persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang mempunyai daya produktivitas tinggi, terutama sekali dalam memproduksi/menghasilkan daging ayam. Ayam broiler menjadi salah satu jenis ayam pedaging yang cukup populer di masayarakat Indonesia. Ayam broiler atau ayam pedaging ini yg merupakan hasil dari perkawinan silang dan dengan sistem yang berkelanjutan sehingga mutu genetiknya bisa dikatakan sangat baik. Akan tetapi mutu genetik yang baik tersebut tidak akan muncul secara maksimal jika ayam broiler tersebut tidak diberi faktor lingkungan yang mendukung dan perlakuan yang tepat terhadap ayam broiler tersebut, misalnya pemberian pakan yang berkualitas, sistem perkandangan yang baik, perawatan kesehatan ayam serta pencegahan terhadap penyakit.

ASAL USUL AYAM BROILER ATAU AYAM PEDAGING

Ayam broiler atau disebut juga ayam ras pedaging memiliki sejarah yang cukup panjang dalam dunia peternakan. Dahulu sebelum peternakan ayam pedaging berkembang seperti sekarang ini, Ayam broiler adalah ayam jantan muda yang diafkir dari peternakan. Kemudian baru Breeding nya sendiri dimulai sekitar tahun 1916-an. Broiler berasal dari hasil perkawinan silang antara pejantan bangsa Cornish yaitu jenis ayam Inggris yang mempunyai ciri-ciri tubuh besar, dengan persentase otot dada yang sangat tinggi serta jenis ayam Plymouth Rocks putih betina ayam jenis ini yang memiliki ciri-ciri tulang besar. Yang kemudian daging ayam hasil dari persilangan ini mulai diperkenalkan pada tahun 1930-an dan menjadi sangat populer pada tahun 1960-an.

Keunggulan atau Kelebihan Ayam Broiler

Pengertian dan sejarah peternakan ayam broiler


Selain itu Ayam broiler juga mempunyai banyak keunggulan yaitu daging dengan rasa yang sangat enak dan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan daging ayam jenis lainnya. Ayam broiler juga termasuk jenis ternak yang paling ekonomis jika kita bandingkan dengan ternak jenis lain nya, kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh ayam broiler adalah kecepatan pertambahan atau produksi daging dalam waktu yang sangat cepat dan singkat atau kurang lebih sekitar 4 sampai 5 minggu produksi daging ayam broiler sudah dapat dipasarkan atau dikonsumsi. Kelebihan atau Keunggulan ayam broiler/ayam pedaging antara lain adalah tingkat pertumbuhannya yang relatif cepat dengan bobot badan yang sangat tinggi dalam waktu yg relatif pendek, konversi pakan relatif kecil dan ayam broiler siap dipotong pada usia muda serta ayam ini menghasilkan kualitas daging yang berserat lunak. 

    Perlu untuk diketahui bahwa kemajuan ternak ayam broiler/ayam pedaging yang ada di Indonesia sekarang ini telah berada pada titik yang jauh diatas. Hal ini dapat kita lihat dari statistik data yang menyebutkan hampir di setiap daerah di Indonesia, sudah ada sentra peternakan ayam broiler/ayam pedaging. Dengan data statistik tersebut, dapat dikatakan yang bahwa ternak ayam broiler mempunyai daya tarik yang telah mengikat hati hampir seluruh para peternak ayam di Indonesia dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan

    Perkembangan yang sangat pesat dari ayam broiler ini juga merupakan upaya penanganan untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat terhadap daging ayam. Perkembangan pada ayam broiler tersebut didukung oleh semakin kuatnya industri hilir seperti perusahaan pembibitan ayam broiler (Breeding Farm) yang memproduksi berbagai jenis strain ayam broiler.

    Jenis strain ayam broiler

    sejarah peternakan ayam broiler dan strain ayam broiler
    Table: Strain ayam broiler

    Dengan berbagai macam strain ayam broiler atau ayam pedaging yang telah beredar dipasaran antara lain yaitu sebagai berikut:
    1. Super 77
    2. Tegel 70
    3. Hyline
    4. Vdett
    5. Missouri
    6. ISA
    7. Kim cross
    8. Lohman 202
    9. Hubbard
    10. Shaver Starbro
    11. Pilch
    12. Indian river
    13. Hybro
    14. Cornish
    15. Yabro
    16. Goto
    17. Arbor arcres
    18. Tatum
    19. Brahma
    20. Langshans
    21. A.A 70
    22. H&N
    23. Sussex
    24. Hypeco-Broiler
    25. Ross
    26. Marshall”m”
    27. Euribrid
    28. Bromo
    29. CP 707

    Belum ada Komentar untuk "sejarah peternakan ayam broiler dan asal usul ayam ras pedaging"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel