manfaat pemberian vitamin kepada ayam aduan dan Memilih Ayam Kampung Untuk Calon Induk

PETERNAKAN AYAM ADUAN

manfaat pemberian vitamin kepada ayam aduan

Manfaat Vitamin Untuk Ayam Aduan

Manfaat Vitamin Untuk Ayam Aduan - Vitamin merupakan asupan yang sangat penting yang dapat meningkatkan vitalitas ayam aduan. Jika dirasa perlu, pemberian vitamin dalam bentuk suplemen pada ayam aduan juga tidak menyalahi, asalkan pemberiannya dalam dosis dan waktu yang tepat. Kemudian juga vitamin bagi ayam aduan sangat penting untuk diberikan supaya ayam aduan tersebut dapat tumbuh kembang menjadi ayam aduan yang sehat dan kuat serta dapat digunakan untuk melakukan hal-hal sesuai dengan kemampuannya yang maksimal. Dalam hal ini ayam aduan memang digunakan untuk melakukan aktivitas sabung ayam, sehingga dengan pemberian vitamin yang cukup maka ayam aduan akan menjadi lebih prima pada saat melakukan aksinya di dalam arena sabung ayam. Jika diperhatikan dari sejak awal, sebenarnya pemberian vitamin untuk ayam aduan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membuat ayam aduan tersebut mendapatkan gizi secara penuh sehingga ayam aduan tersebut dapat melakukan aktivitas secara baik. Oleh karenanya, jangan hanya karena ingin memiliki ayam aduan yang super tangguh maka anda memberikan vitamin yang berlebihan.

    Karena bila hal tersebut dilakukan maka sama saja menyiksa ayam aduan peliharaan anda. Vitamin untuk ayam aduan seharusnya dibuat sebagai penambah stamina saja, ataupun sebagai perlindungan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit dan virus ayam.

    Untuk bentuk vitamin ayam aduan sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dibeli di toko-toko obat unggas. Dan biasa bentuknya telah termasuk dalam makanan/pakan ayam aduan, tapi ada juga yang berupa sejenis vitamin tersendiri yang harus diolah untuk diberikan untuk ayam aduan peliharaan kita. Selain itu, vitamin-vitamin untuk ayam aduan juga bisa didapatkan dari dokter hewan.

    Untuk pemberian vitamin tersebut, alangkah baiknya kita sebagai pemilik ayam melakukan pemberian vitamin pada saat saat tertentu secara rutin dan yang perlu sekali diperhatikan adalah memberikan vitamin dalam jumlah yang standar, tidak perlu terlalu berlebihan. Karena jika pemberian berlebihan maka efeknya pun malah hanya akan membuat ayam aduan peliharaan kita menjadi tidak sehat karena overdosis obat. Semua vitamin yang tidak sesuai dosis hanya akan menjadi racun didalam tubuh ayam.

    manfaat pemberian vitamin kepada ayam aduan

    Vitamin yang baik untuk diberikan kepada ayam aduan pun juga tidak boleh sembarangan. Ayam aduan sebaiknya mendapatkan vitamin-vitamin seperti vitamin A, B, C, D, dan juga vitamin K. Sebab pemberian vitamin-vitamin tersebut dapat membuat kekebalan tubuh ayam aduan menjadi lebih terjaga.

    Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat pemberian vitamin kepada ayam aduan, semoga informasi tentang peternakan ayam ini bermanfaat bagi kita semua, data ini kami olah dari berbagai sumber

    xxx

    PETERNAKAN AYAM KAMPUNG SUPER

    Ciri-ciri Ayam Kampung yang baik Untuk Calon Induk

    Memilih Ayam Kampung Untuk Calon Induk - Belakangan ini permintaan ayam kampung semakin meningkat tajam, terutama sekali semenjak semakin ramainya pebisnis di bidang kuliner yang menyajikan menu dengan bahan dasar daging ayam kampung. Salah satu kelebihan daging ayam kampung yaitu rasa yang jauh lebih kenyal dan lebih kering jika kita bandingkan dengan daging ayam broiler/ayam potong. Selain itu daging Ayam kampung juga lebih sehat dikonsumsi karena di dalam daging ayam kampung kadar kolesterolnya lebih rendah.

    KEUNTUNGAN BETERNAK AYAM KAMPUNG SUPER

    cara Memilih Ayam Kampung Untuk Calon Induk

    Jika dilihat dari sisi keuntungan, harga ayam kampung selalu lebih tinggi bila dibandingkan dengan ayam broiler/ayam potong. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu, seperti misalnya mendekati bulan puasa, hari raya, permintaan akan daging ayam kampung melonjak tinggi, sehingga harga satu ekor ayam kampung dapat mencapai hingga puluhan ribu rupiah.

    Nama ayam kampung sendiri populer karena pola atau cara pemeliharaannya yang sangat sederhana berbeda sekali dengan cara beternak ayam broiler, dalam beternak ayam kampung cukup diberi pakan sekedarnya saja dan dibiarkan berkeliaran mencari makan sendiri. Akan tetapi cara seperti ini ada kekurangannya yaitu pertumbuhannya cukup lama. Tapi apabila kita menggunakan sistem semi-inten-sif atau beternak ayam kampung secara intensif serta memperhatikan faktor-faktor pemeliharaan yang baik sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal.

    Ayam kampung super sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ayam kampung super pedaging dan ayam kampung petelur. Namun, yang akan di bahas dalam artikel ini adalah ayam kampung super untuk diambil dagingnya.

    Sebelum kita memilih ayam kampung untuk calon induk, ada baiknya kita periksa terlebih dahulu silsilah ayam kampung tersebut atau keturunannya. Usahakan untuk mendapatkan ayam kampung calon induk dari keturunan yang sehat dan tidak cacat. Calon induk tersebut selama hidupnya belum pernah sakit dan bulu-bulu di tubuhnya tidak rontok, baik sebagian maupun seluruhnya. Seleksi juga ayam kampung calon induk yang pertumbuhan badannya sempurna dan produksi telurnya tinggi. Ada baiknya ayam kampung calon induk ini berasal dari para peternak yang membudidayakan ayam kampung secara intensif, tujuannya supaya mutu calon induk ini dapat dipertanggungjawabkan. 

    Ayam kampung super untuk calon induk yang baik memiliki beberapa ciri khas, diantaranya yaitu.

    1. Tingkah Lakunya terlihat sangat agresif
    2. Geraknya kuat, tangkas dan lincah
    3. Nafsu makan tinggi
    4. Aktif sepanjang hari
    5. Suaranya ramai jika didekati atau ketika diberi makan
    Dalam penseleksian ayam kampung untuk calon induk bisa kita lakukan dengan cara memilih ayam kampung yang ukuran badannya seragam dan perbedaan umurnya tidak terlalu jauh. Umur calon induk jantan sebaiknya dipilih yang berumur antara 1 hingga 1,5 tahun, sementara ayam kampung untuk calon induk betina maksimum 1 tahun dan minimum 6 bulan.
    ciri-ciri induk ayam kampung yang baik

    Sebagai patokan, untuk memilih ayam kampung untuk calon induk kita bisa memperhatikan tanda-tanda fisik sebagai berikut.
    1. Bentuk Tubuh Ayam Kampung Calon Induk
    2. Bentuk tubuh ayam kampung untuk calon induk yang ideal yakni agak panjang dan lebar, terutama sekali di bagian belakang. Bentuk dada lebar dan cembung. Punggungnya panjang, lurus, dan lebar. Tubuh bagian bawah di antara kedua kaki harus padat. Kondisi tubuh yang prima itu menandakan organ-organ yang ada di dalam tubuhnya berfungsi normal. 

    3. Bobot Badan Ayam Kampung Calon Induk
    4. Sebagai calon induk, sebaiknya berat badan yang ideal ayam jantan dan betina berkisar 1 hingga 1,5 kg. 

    5. Bentuk Dada Ayam Kampung Calon Induk
    6. Bentuk dada montok, lebar, dan kuat. Tembolok penuh, regang, dan tidak terlalu keras.

    7. Bentuk Kepala Ayam Kampung Calon Induk
    8. Bentuk kepala yang ideal yaitu bentuknya agak bulat panjang dan tidak terlalu gepeng. Jenggernya kokoh dan tidak tipis serta ukurannya proporsional, jika diraba terasa hangat dan lentur. Warna jengger merah terang dan mengkilap. Paruh pendek, agak lebar, kuat dan tajam. Gelang kuping dan daun telinganya berbentuk bulat.

    9. Leher Ayam Kampung Calon Induk
    10. Usahakan dalam pemilihan calon induk ukuran lehernya tidak terlalu panjang ataupun pendek.

    11. Kulit Ayam Kampung Calon Induk
    12. Tanda-tanda kulit yang baik yakni akan terasa lembut saat diraba dan agak basah serta tidak ada bagian yang cacat. Warna kulitnya tampak segar dan mengkilap. 

    13. Otot Ayam Kampung Calon Induk
    14. Otot ayam kampung untuk calon induk yang ideal harus padat, berisi, dan tidak terlalu berlemak. Kondisi otot ini bisa juga digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai baik buruknya kondisi tubuh dan kondisi kesehatan ayam kampung untuk calon induk. Anda raba bagian tulang dada dan tulang paha untuk mengetahui kondisi ototnya.

    15. Bulu Ayam Kampung Calon Induk
    16. Ciri-ciri bulu ayam kampung yang bagus letaknya teratur tidak ada ruang kosong di antara bulu-bulunya. Warna bulu mengkilap dan bercahaya. Semakin mengkilap warna bulu, biasanya kondisi ayam tersebut dalam keadaan sehat. 

    17. Sayap Ayam Kampung Calon Induk
    18. Bentuk sayap sebaiknya tidak menggantung, tidak lemah, dan harus menghimpit tepat di tubuh ayam. 

    19. Tulang Ayam Kampung Calon Induk
    20. Kondisi tulang harus kuat dan normal tidak cacat. Bentuk tulang yang tidak normal akan menyulitkan ayam kampung tersebut dalam melakukan perkawinan.

    21. Mata Ayam Kampung Calon Induk
    22. Mata berbentuk bulat, sedikit melotot dan pandangannya tampak tajam. Selain itu gelang mata segar dan berwarna kuning kemerah-merahan. Ciri-ciri Mata ayam yang baik salah satunya yaitu Selaput lendir mata licin, mengkilap, Selaput bening mata jernih dan kering. 

    23. Kaki Ayam Kampung Calon Induk
    24. Kondisi kaki ayam kampung yang akan dijadikan calon induk harus kokoh dan kuat dengan bentuk yang proporsional dengan jari-jarinya menghampar dengan bentuk kuku sedang. 

    25. Anus Ayam Kampung Calon Induk
    26. Anusnya lebar, bulat dan basah. Kulit disekitar anus tidak berkerut. Warnanya putih dan bersih, bulu di sekitar anus bersih tidak ada sisa kotoran yang menempel.
    Nah, demikianlah beberapa ciri-ciri ayam kampung yang baik untuk dijadikan sebagai indukan, data tentang peternakan ayam ini kami olah dari banyak sumber

    Belum ada Komentar untuk "manfaat pemberian vitamin kepada ayam aduan dan Memilih Ayam Kampung Untuk Calon Induk"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel