3 jenis ayam petelur yang mampu memproduksi telur dalam jumlah tinggi dan penyakit pada ternak unggas/ ayam

tiga jenis ayam petelur yang mampu menghasilkan telur dalam jumlah tinggi.

Ayam Petelur - Yang dimaksud dengan Ayam Petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk dijadikan sebagai ayam petelur untuk diambil telurnya, walaupun dagingnya bisa dimanfaatkan juga tetapi lebih di utamakan produksi telurnya. 

Asal usul ayam petelur

Asal mula ayam petelur berasal dari ayam liar yang hidup di hutan, yang kemudian oleh masyarakat ayam tersebut diseleksi untuk dijadikan sebagai ayam penghasil telur.

Selain itu Ayam yang telah terseleksi untuk ditujukan sebagai ayam produksi daging disebut sebagai ayam broiler atau masyarakat umum biasa menyebutnya ayam potong, sedangkan untuk memproduksi telur dikenal sebagai ayam petelur. Selain itu, seleksi yang ketat juga diarahkan pada warna kulit telur sehingga dapat dikenal sebagai ayam petelur putih dan ayam petelur coklat. 

Sekarang ini ayam telah berkembang pesat pada setiap negara, terutama di Asia dan Afrika serta sebagaian di daratan Eropa. Peternakan ayam petelur di Indonesia dapat dijumpai di berbagai pelosok tanah air, mungkin sentral terbesarnya di daerah Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. 

Kemudian juga dalam hal memilih jenis ayam yang tepat sangat penting jika Anda ingin memanen telur segar sepanjang tahun, jadi kami telah menyusun daftar sepuluh ayam petelur favorit peternak dan penghobi dunia hewan ternak. 

 1. Ayam Hibrida
Banyak sekali jenis ayam hibrida. Salah-satu jenis ayam hibrida yaitu Golden Comet yang lebih dikenal dengan nama ayam negeri. Jenis ayam hibrida ini yang paling bagus dalam hal Total Digestible Nutrient. Karena ayam jenis ini mengkonsumsi sedikit makanan, tetapi ia mampu memproduksi telur yang banyak. Sekarang ini di Indonesia sudah banyak sekali para peternak ayam membudidayakan jenis ayam ini.

Ayam hibrida mempunyai penampilan yang khas. Pada umum nya tubuh dari ayam hibrida ini berwarna emas dan cokelat, ekornya berwarna putih, bulunya lembut. Ayam hibrida mampu bertelur sebanyak 280-an telur setiap tahun. Warna telurnya cokelat dan ukurannya sedang, Ayam hibrida daya tahan tubuhnya juga terbilang kuat dan ulet meskipun kadang-kadang terserang penyakit ayam. 

2. Ayam Barnevelder
Ayam ini memiliki ciri yang cukup unik, Ayam ini merupakan hasil persilangan dari burung hutan Asia dengan Landrace Belanda. salah satu ciri dari ayam Barnevelder yaitu ayam ini memiliki bulu yang mengkilap. Ayam Barnevelder warna bulunya didominasi oleh warna hitam, dengan ujung bulu berwarna cokelat. Ayam Barnevelder juga cenderung tenang, bukan ‘penerbang’ handal. Jika memelihara ayam ini, Ayam Barnevelder ini mampu memproduksi 200-an telur per tahunnya.
 
4. Ayam Rhode Island Red
Ayam Rhode Island Red berasal dari Amerika. ayam Rhode Island Red tak hanya dipelihara untuk diambil telurnya, ayam Rhode Island Red juga berperan sebagai ayam pedaging. sama dengan ayam hibrida, ayam jenis ini juga terkenal tangguh, cenderung ramah, dan produktif bertelur yang cukup tinggi.

Secara fisik, ayam Rhode Island Red ini memiliki bulu yang cokelat dan hitam. Sehingga penampilannya lebih gelap. ayam Rhode Island Red ini bisa menghasilkan sekitar 250 telur/tahun. Telurnya berwarna cokelat dan berukuran sedang.
==

Ciri ciri ayam terserang penyakit

 
Ciri-ciri umum gejala ayam sedang sakit

Ciri ciri ayam terserang penyakit - Bagi Anda yang sudah pernah mencoba usaha peternakan ayam, pasti pernah menemukan ayam yang sakit dan kemudian ayam tersebut mati. Mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang penyebab ayam Anda yang sakit dan mati secara tiba-tiba itu,  Mengetahui gejala atau tanda-tanda umum ayam sakit merupakan salah satu metode pemeliharaan ayam kampung. Dengan mengetahui apa saja tanda tanda ayam yang sakit maka peternak dapat mengatasi masalah penyakit ayam ternakannya. Sehingga penanganan masalah tentang penyakit ayam nantinya berjalan dengan tepat, efektif dan efisien. Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadikan ayam sakit, yaitu mikroorganisme, cacat bawaan dan nutrisi.

beberapa faktor yang dapat menjadikan ayam sakit

Jika Anda melihat ada ayam yang sakit dalam kandang peternakan Anda, janganlah Anda biarkan ayam tersebut terlalu lama dalam kandang karena dapat menularkan penyakitnya pada ayam lain yang sehat apalagi jika ayam yang sakit tersebut terkena virus terutama virus flu burung yang sangat sulit untuk ditangani. Efek negatif lainnya adalah produktifitas ayam akan terganggu karena ayam tersebut sedang sakit, sehingga menyebabkan ayam tersebut sulit untuk bertelur dan juga badannya kurus.
perlu kita ketahui juga bahwa penyakit ayam juga banyak yang bersifat menular bayangkan jika seluruh ayam yang ada dikandang mati semua karena kita tidak menyadari adanya salah satu ayam yang sudah tertular salah satu penyakit 

Ciri-ciri umum gejala ayam sedang sakit

Ciri-ciri fisik ayam sakit :

1. Kepala
Pada umumnya ayam yang sakit kepala dimasukkan di bawah sayap. hidung berair, terkadang pilek dan mata kering, sedikit sayup, jengger tidak merah merona, pucat, serta mulut mengaga atau sering ngorok

2. Bulu
Bulu mengemang, dan terlihat bundar.

4. Perut/Teleh (bahasa jawa)
Pada bagian perut sangat kencang bahkan halus. Ini diakibatkan ayam banyak mengkonsumsi air

5. Anus
Pada saluran pembuangan (kloaka) terjadi penumpukan feses atau kotoran pada ayam. Ini disebabkan saluran pencernaan ayam yang terganggu.

6. Kotoran
Ayam yang sakit kotorannya lebih encer sedang berwarna hijau, merah, kuning, cokelat, dan putih

Ciri-ciri aktifitas ayam sakit

1.Makan
Nafsu makan hilang (kurang makan) dan minum yang berlebihan

2. Tingkah laku
Pada ayam sakit kegiatan ayam akan berkurang. Ayam murung, tenang, diam dan paling parah adalah semua bagian tubuh berada di tanah (seperti induk mengeram)

3. Berdiri
Saat berdiri ayam tidak berdiri secara tegak namun sedikit membungkuk dan kaki tidak lurus

4. Pernafasan
Nafas terengah-engah dan mulut dibuka. Terdengar suara saat bernafas (biasanya terdengar jelas pada malam hari) dan kadang bersin saat makan

Itulah sedikit gejala yang timbul bagi ayam sakit. Dengan adanya ciri-ciri atau tanda ayam sakit tersebut maka langkah-langkah pengobatan harus segera dilakukan oleh peternak agar biaya pengobatan akan lebih efisien. 



Belum ada Komentar untuk "3 jenis ayam petelur yang mampu memproduksi telur dalam jumlah tinggi dan penyakit pada ternak unggas/ ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel