CIRI KHAS atau karakteristik dan GAYA BERTARUNG AYAM BIRMA ORI

CIRI KHAS AYAM BIRMA ORI 

ASAL USUL AYAM BIRMA/BURMA

Ayam Birma / Burma - Ayam birma atau dikenal dengan sebutan ayam Burma merupakan salah satu ayam yang banyak dicari untuk dijadikan ayam aduan. Ayam ini sangat bagus untuk dijadikan tipe aduan. ayam birma memiliki keunggulan yang tidak dipunyai oleh ayam aduan lain. Ayam birma mempunyai tipikal dan gaya tarung yang khas berbeda dengan ayam aduan jenis lain seperti saigon ataupun ayam siam bangkok, selain itu ayam ini juga gesit dan cepat ketika bertarung. Tentunya kualitas ayam bergantung dari perawatan ayam itu sendiri. Ayam birma punya ciri yang berbeda dengan ayam jenis lainnya. Dari segi bentuk tubuh, ayam ini punya ciri khas tersendiri.

ASAL USUL AYAM BIRMA/BURMA 

Ayam Burma berasal dari Negara Burma, atau dikenal dengan Negara Myanmar sehingga diberi nama Burma. Penyebaran ayam Burma pertama kali disebarkan oleh Negara Thailand yang dijadikan sebagai ayam aduan yang dapat memenangkan setiap pertandingan di Negara tersebut, sehingga ayam ini sangat dikenal dan diternak diberbagai Negara,  Ayam jenis ini bisa menjadi yang termahal jika sering meraih kemenangan saat diadu.

CIRI CIRI AYAM BIRMA /BURMA

  • Ayam birma yang orisinal biasanya memiliki bentuk jengger yang tegak dan mirip dengan tanduk pada ular. Bentuk ini mungkin akan berbeda pada ayam yang merupakan hasil dari persilangan,  sekilas ayam birma terlihat mirip dengan ayam kampung, namun terdapat beberapa perbedaan antara ayam kampung dengan ayam Birma
  • Ayam jenis ini punya kisaran bobot antara 2–2,5 kg, termasuk kecil jika digolongkan ke dalam tipe petarung. saat ini ayam birma sudah di silangkan dengan ayam jenis lain untuk mendapat kan keturunan yang lebih besar. seperti ayam birma ini disilangkan dengan ayam bangkok.
  • Wajah ayam birma / burma tampak bentuk yang tajam seakan membentuk garis lurus. Selain itu ukuran kepala dari ayam birma itu sendiri lebih kecil dari jenis ayam dari Vietnam, wiring kuning, atau ayam mangon.
  • Ayam birma punya mata yang melotot. Bentuk mata tersebut membuat ayam ini terkesan angker, ganas, dan liar.
  • Ayam birma punya ukuran telinga yang sedikit lebih besar dari jenis lainnya, tetapi paruhnya berukuran lebih kecil. Sebagian dari jenis ayam birma mempunyai gelambir yang terletak di bawah paruh.
  • Ayam birma punya warna putih pada bagian telinga. Warna tersebut bisa menjadi salah satu ciri penting untuk menentukan keaslian ayam birma.
  • Tulang kakinya lebih kecil dan tipis dibanding jenis lainnya.
  • Warna bulu dari ayam birma berbeda dengan yang lainnya. Corak warna Ayam birma lebih di dominasi warna cokelat, abu-abu dan merah. Bentuk bulu dari ayam ini panjang dan tebal, sehingga kesannya sangat berwibawa, Ciri warna ini mungkin akan berbeda jika ayam sudah disilangkan dengan jenis lain.

Ciri khas atau karakteristik dari ayam Birma

Ciri khas dari ayam Birma adalah ayam birma biasanya bertulang kecil. Tulang kecil ini adalah kelemahan dari ayam Birma itu sendiri sebagai ayam aduan, maka tidak heran kalau ayam birma sulit untuk di lihat perbedaan antara ayam kampung dengan ayam Birma ini.

GAYA BERTARUNG AYAM BIRMA

Jika sedang di adu ayam birma ini memiliki teknik yang cepat dalam menyerang lawan dan biasanya ia menyerang dari arah depan, serta memiliki kemampuan untuk melepaskan diri atau lepas lock dari lawannya dengan cepat dan gesit.
Ciri khas lainnya dari ayam birma yaitu : gaya bertarung pranggal, kemudian kemampuannya dalam menghindar dari lawan kadang ngolong, lari memutar, ayam birma yang orisinal biasanya main jaga jarak, jika lawannya ketika menyerang agak tanggung atau ragu-ragu maka akan dengan mudah disikat. Salah satu kekurangan ayam birma ini yaitu tulangan yang kecil membuat ayam birma ini tidak terlalu kuat jika sering kena pukulan keras dari lawan terutama pada bagian badan atau punggungnya, jadi tidak menutup kemungkinan ketika tarung dalam durasi yang lama tidak menutup kemungkinan ayam birma ini akan lari gak kuat di pukuli apalagi lawan nya yang brakot.



Belum ada Komentar untuk "CIRI KHAS atau karakteristik dan GAYA BERTARUNG AYAM BIRMA ORI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel