Asal usul, Ciri fisik dan Karakter Ayam Aseel

Asal usul dan jenis ayam aseel

Ciri ciri fisik ayam aseel secara umum
Ciri fisik dan Karakter Ayam Aseel - Seperti yang telah diketahui bahwa di muka bumi ini memiliki banyak sekali jenis – jenis ayam petarung yang terkenal dan populer seperti ayam pama, ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma/burma, ayam brazil dan lain sejenisnya. Akan tetapi, ada salah satu dari jenis-jenis ayam petarung tersebut yang sangat terkenal dan populer juga yaitu adalah ayam aseel yang berasal dari Pakistan, mungkin di indonesia masih jarang orang yang membudidayakan ayam aseel ini.

asal muasal ayam aseel asli

Ayam Assel atau Asli berasal dari bahasa Arab yang berarti murni atau ras. Ayam jenis aduan ini sangat tua dan berasal dari negara PAKISTAN / INDIA. Di beberapa sumber yang kami dapatkan menyebutkan bahwa Ayam Aduan Aseel dari Pakistan ini sudah ada sejak tahun 1500 sebelum masehi. Ayam Aseel telah dibesarkan di sana sebagai ayam petarung selama berabad-abad lamanya, dikarenakan sifatnya yang sangat agresif terhadap ayam aduan lain atau lawannya saat berada di arena.

Karakteristik ayam aseel

Ciri fisik yang membedakan Ayam Aduan Aseel dari tipe ayam petarung yang lainnya adalah jenggernya yang mempunyai ukuran besar, Ayam Aduan Aseel adalah tipe ayam cerdas yang berlaga menggunakan ide atau taktik. Ayam Aduan Aseel akan untuk membedakan waktu kapan harus menunggu sekalipun bertahan dan kapan harus menyerang. Selain itu apabila lawannya adalah ayan petarung kurang kuat, 1x pukulan saja sudah bisa membuat lawannya KO.

Stamina yang dimiliki oleh Ayam Aduan Aseel bisa hadir dari tanda-tanda alami ayam atau dapat juga dari langkah pemeliharaannya. Oleh karena staminanya yang prima membuat ayam Aseel ini semakin di gemari. Mungkin jarang ada ayam petarung yang bisa bertahan dalam pertarungan sampai hingga berjam - jam kecuali ayam aduan tersebut betul betul dalam rawatan khusus. 

Ciri ciri fisik ayam aseel secara umum

  1. Penampilan fisik ayam aseel ini terlihat seperti sedikit gemuk atau berisi. 
  2. Ayam aseel memiliki perawakan yang besar akan tetapi tidak terlalu tinggi. 
  3. Di bagian kakinya pun terlihat besar dan juga kokoh. 
  4. Bulu – bulu yang dimilikinya juga bisa dibilang mirip dengan ayam – ayam petarung lainnya. 
  5. Ayam aseel ini memiliki jengger yang sedikit besar daripada ayam petarung lainnya dan itu merupakan ciri khas dari ayam aseel tersebut. 

Ciri umum Ayam Aseel 

Selain dari ciri – ciri fisik yang telah dijelaskan, ayam aseel juga memiliki keunggulan tersendirinya dalam hal bertarung di dalam arena pertarungan adu ayam.

Ayam Aseel ini dikenal betarung sangat defensif dan memiliki taktis cerdas dalam pertarung jangka panjang di India dan Pakistan.

Ayam aseel ini biasanya bertarung dengan menggunakan strategi sebelum melancarkan pukulannya pada lawannya.

Biasanya ayam aseel ini bertarung di arena tanpa jeda dan mereka sanggup bertarung selama 2 jam nonstop, dikarenakan ayam aduan jenis ini memiliki struktur tulang yang besar dan daya tahan tubuh yang kuat.

Jenis Jenis Ayam Aseel
Ayam Aseel di akui sebagai ayam aduan tertua dan di populerkan oleh penguasa India (Kaisar Mughai dan Beberapa Nawbas Negara di India), Mereka juga berternak Ayam ini sebagai Ayam Aduan dan Ayam Hias, dan perlu diketahui juga bahwa jenis Ayam Aseel ini sendiri mempunyai banyak variasi dan tipe. berikut beberapa jenis ayam aseel yang kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Ayam Mianwali Aseel :
Ayam Aseel jenis ini banyak di jumpai di wilayah Mianwali Pakistan, ayam ini memiliki postur lebih kecil dan pukulan juga lebih cepat dan terarah. saat ini ayam aseel telah berkembang dengan pesat karena lebih disukai dan juga diminati.

2. Ayam Madras Aseel :
Ayam madras ini berpostur besar dan juga memiliki tulang yang cukup kuat. Ayam aseel jenis ini banyak ditemukan di bagian selatan wilayah Tamil Nadu dan oleh penduduk setempat dikenal dengan sebutan 'Kattu Seval' yang berarti ayam tarung berekor panjang.
Ayam aseel jenis ini dikenal sebagai ayam aduan pertama dalam sejarah dan juga telah dibawa oleh penduduk Tamil ke berbagai negara seperti Thailand dan China.

3. Ayam Jawa Aseel :
Ayam aseel jenis ini paling banyak dijagokan dan sangat di unggul kan di wilayah India Utara (Punjab). Ciri khas dari ayam aseel ini didominasi dengan warna bulu hitam dan putih.

4. Ayam Sindhi Aseel :
Ayam Sindhi termasuk salah satu jenis ayam Aseel yang tertinggi dan juga terbesar yang telah dibudidayakan. dan ciri khas dari ayam aseel ini berwarna merah dan juga biru, kebanyakan ayam ini dibawa ke wilayah Sindhi Pakistan untuk bertarung karena ayam miliki daya tahan tubuh yang cukup kuat

5. Ayam Amroha Aseel :
Jenis ayam aseel ini sangat langka di Pakistan dan India, Jenis ayam aseel Amorah ini terkenal dengan kecepatannya dan Agresif dalam melancarkan serang taji yang sangat terarah dan akurat.

6. Ayam Kulang Aseel :
Jenis ayam aseel yang satu ini memiliki bobot 5-7 kg, dengan tingginya lebih kurang 75 centimeter. Dibagian utara dan juga selatan India varietasnya tidak jauh berbeda, yang berasal dari utara lebih ramping dan badannya lebih berisi.

Belum ada Komentar untuk "Asal usul, Ciri fisik dan Karakter Ayam Aseel "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel